Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Adab, Keutamaan, dan Landasan Istri Berbakti Kepada Suami

Daftar Isi [show]

Dalil, Adab, dan Keutamaan Istri Berbakti Kepada Suami
Dhiragama.com - Dalam agama Islam, seorang istri diwajibkan untuk selalu berbakti kepada suaminya. Bahkan apabila seorang wanita sudah bersuami wajib menaati suaminya daripada kedua orang tuanya. Disamping menaati suami, seorang istri juga harus mempunyai adab dan etika yang baik kepada suami. Maka dari itu, kita sebagai muslimah wajib mengetahui kewajiban, hak, dan adab seorang istri kepada suami.

Berikut ini kami akan membahas tentang dalil, adab, dan keutamaan istri berbakti kepada suami. Silahkan disimak pembahasan dibawah ini.

Dalil dan Hadits Kewajiban Berbakti Kepada Suami

Dalil Kewajiban Berbakti Kepada Suami

Didalam Al-Qur'an terdapat dalil-dalil tentang kewajiban seorang istri untuk berbakti kepada suaminya.

QS. An-Nisa ayat 34

Pada surah An-Nisa ayat 34, tertulis dengan jelas kewajiban seorang suami adalah melindungi istri dan memberikan nafkah kepadanya. Pada ayat tersebut juga tertulis kewajiban seorang istri untuk menjaga dirinya ketika sang suami sedang tidak ada (tidak berapa didekat istri). Berikut adalah ayatnya.

اَلرِّجَالُ قَوَّامُوۡنَ عَلَى النِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعۡضَهُمۡ عَلٰى بَعۡضٍ وَّبِمَاۤ اَنۡفَقُوۡا مِنۡ اَمۡوَالِهِمۡؕ فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلۡغَيۡبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ

Arrijaalu qawwaamuuna 'alan nisaa-i bimaa fadhalallahu ba'dhahum 'alaa ba'diw wa bimaa anfaquu min amwaalihim, fash shaalihaatu qaanitaatun haafidzaatul lilghaybi bimaa hafidzallahu

Artinya : Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang shalih adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). (QS. An-Nisa : 34)

Baca Juga : Bacalah doa ini jika ingin janin dalam perut selalu sehat

QS. Al-Baqarah ayat 228

Kewajiban seorang istri dituliskan dalam surah Al-Baqarah ayat 228. 

وَلَهُنَّ مِثۡلُ الَّذِىۡ عَلَيۡهِنَّ بِالۡمَعۡرُوۡفِۖ وَلِلرِّجَالِ عَلَيۡهِنَّ دَرَجَةٌؕ وَاللّٰهُ عَزِيۡزٌ حَكِيۡمٌ

Walahunna mitslulladzii 'alayhinna bilma'ruufi, walirrijaali 'alayhinna darajatun, wallahu 'aziizun hakiim.

Artinya : Dan mereka (para perempuan) mempunyai hak seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang patut. Tetapi para suami mempunyai kelebihan di atas mereka. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

Hadits Kewajiban Berbakti Kepada Suami

Hadits Riwayat at-Tarmidzi dan Ibnu Hibban

لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ ِلأَحَدٍ َلأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا

Artinya : Seandainya aku boleh menyuruh seorang sujud kepada seseorang, maka aku akan perintahkan seorang wanita sujud kepada suaminya. (HR. at-Tarmidzi dan Ibnu Hibban)

Hadits Riwayat Ahmad

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَصَّنَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ بَعْلَهَا، دَخَلَتْ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شَاءَتْ

Artinya : Apabila seorang istri mengerjakan shalat yang lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya (menjaga kehormatannya), dan taat kepada suaminya, niscaya ia akan masuk Surga dari pintu mana saja yang dikehendakinya. (HR. Ahmad)

Hadits Riwayat Ibnu Abi Syaibah

فَانْظُرِي أَيْنَ أَنْتِ مِنْهُ، فَإِنَّمَا هُوَ جَنَّتُكِ وَنَارُكِ

Artinya : Perhatikanlah bagaimana hubunganmu dengannya karena suamimu (merupakan) Surgamu dan Nerakamu. (HR. Ibnu Abi Syaibah)

Baca Juga : Bacalah doa ini agar rumah tangga selalu harmonis

Hadits Riwayat Bukhari

إِذَا دَعَا الرَّجُلُ امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فَأَبَتْ أَنْ تَجِىءَ (فَبَاتَ غَضْبَانَ عَلَيْهَا) لَعَنَتْهَا الْمَلاَئِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ

Artinya : Apabila seorang suami mengajak isterinya ke tempat tidur (untuk jima’/bersetubuh) dan si isteri menolaknya [sehingga (membuat) suaminya murka], maka si isteri akan dilaknat oleh Malaikat hingga (waktu) Shubuh. (HR. Bukhari)

Hadits Riwayat Ibnu Majah, Ahmad, Ibnu Hibban dari Abdullah bin Abi Aufa RA

وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لاَ تُؤَدِّى الْمَرْأَةُ حَقَّ رَبِّّهَا حَتَّى تُؤَدِّى حَقَّ زَوْجِهَا وَلَوْ سَأَلَهَا نَفْسَهَا وَهِيَ عَلَى قَتَبٍ لَمْ تَمْنَعْهُ

Artinya : Demi Allah, yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, seorang wanita tidak akan bisa menunaikan hak Allah sebelum ia menunaikan hak suaminya. Andaikan suami meminta dirinya padahal ia sedang berada di atas punggung unta, maka ia (istri) tetap tidak boleh menolak. (Ibnu Majah, Ahmad, Ibnu Hibban dari Abdullah bin Abi Aufa RA)

Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim

لاَ تَصُمِ الْمَرْأَةُ وَبَعْلُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، وَلاَ تَأْذَنْ فِيْ بَيْتِهِ وَهُوَ شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، وَمَا أَنْفَقَتْ مِنْ كَسْبِهِ مِنْ غَيْرِ أَمْرِهِ فَإِنَّ نِصْفَ أَجْرِهِ لَهُ

Artinya : Tidak boleh seorang wanita puasa (sunnah) sedangkan suaminya ada (tidak safar) kecuali dengan izinnya. Tidak boleh ia mengizinkan seseorang memasuki rumahnya kecuali dengan izinnya dan apabila ia menginfakkan harta dari usaha suaminya tanpa perintahnya, maka separuh ganjarannya adalah untuk suaminya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Adab Istri Kepada Suami

Berikut ini adalah adab-adab istri kepada suaminya.

1. Mempunyai merasa malu

Seorang istri dianjurkan untuk selalu merasa malu. Pengertian malu disini adalah malu ketika berperilaku tidak baik dan tidak berpenampilan menarik.

2. Taat kepada suami

Seorang istri diwajibkan menaati segala perintah suami. Namun apabila perintah tersebut adalah sesuatu yang munkar dan bertentangan dengan syari'at Islam, istri boleh melakukan penolakan dengan cara dan tutur kata yang sopan.

3. Diam mendengarkan ketika suami sedang berbicara dan Tidak mendebatkan perkataan suami

Dalam rumah tangga, kita diharuskan untuk berdiskusi dengan suami untuk mencari sebuah jalan keluar. Namun ketika suami sedang mengutarakan pandangan ataupun pendapatnya, kita sebagai istri lebih dianjurkan untuk mendengarkannya, tidak memotong pembicaraan suami dan tidak mendebat pernyataan suami, apalagi jika mendebat kearah menentang perintah suami. Seorang istri boleh memotong pembicaraan suami jika sudah diizinkan oleh sang suami.

4. Menjaga kehormatan suami

Menjaga kehormatan suami dengan selalu berperilaku baik. Jika seorang suami sedang tidak berada dirumah, seorang istri wajib untuk tidak memanfaatkan waktu tersebut untuk bersenang-senang mngikuti hawa nafsunya. 

5. Tidak mengkhianati suami dan senantiasa menjaga harta suami

Sebagai seorang istri kita diharuskan untuk selalu menjadi seseorang yang dapat dipercaya oleh suami untuk menjaga harta. Hal ini dapat dimisalkan seperti mengatur keuangan rumah tangga dan tidak berfoya-foya seenaknya apalagi untuk hal-hal yang tidak penting.

6. Merawat diri dan mengenakan baju yang bersih

Seorang istri hendaknya harus bisa merawat diri sehingga suami dapat selalu nyaman berada disisinya.

7. Menampakkan rasa qa'naah (cukup)

Sebagai seorang istri kita dianjurkan untuk selalu ikhlas dan bersyukur atas apapun yang telah diberikan oleh suami. Seorang istri hendaknya tidak meminta hal-hal yang berlebihan apalagi meminta hal-hal yang tidak mampu diberikan oleh suaminya.

8. Penuh dengan sikap kasih sayang

Seorang istri dianjurkan untuk selalu mempunyai sikap belas kasih kepada suami atas segala jerih payahnya. Hal ini untuk menghindarkan bersikap kasar atau bahkan menindas dan menyakiti perasaan suaminya.

Keutamaan Istri Berbakti Kepada Suami

Berikut ini adalah keutamaan istri ketika selalu berbakti kepada sang suami.

1. Allah SWT menjadmin istri yang selalu berbakti kepada suaminya akan masuk kedalam surga.

2. Mendapatkan ridha dari Allah SWT

3. Allah SWT mengampuni segala dosa-dosanya

4. Shalat yang dikerjakan tidak akan mendapatkan balasan (pahala) apabila seorang istri tidak berbakti kepada suaminya

5. Dapat terhindar dari perceraian

6. Pahala istri akan digugurkan apabila suami murka

7. Mendapatkan balasa (pahala) yang sangat besar dari Allah SWT

Kesimpulan

Sebagai seorang istri hendaknya kita selalu berbakti kepada suami, menaati segala perintah darinya (selagi itu tidak perintah yang munkar), dan selalu menjaga kehormatan suami. Hadits, surga, hak istri yang romantis, tentang, kewajiban melayani suami yang baik menurut Al-Qur'an.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Adab, Keutamaan, dan Landasan Istri Berbakti Kepada Suami"