Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Adab Bercermin dengan Doa Arab dan Latin

Daftar Isi [show]

Doa dan Adab Bercermin

Dhiragama.com - Doa dan Adab Bercermin dalam Islam. Setiap orang pasti memerlukan cermin untuk memeriksa penampilan. Dengan bercermin kita dapat semakin mensyukuri nikmat dan karunia dari Allah SWT.

Karena itu, agama Islam mengajarkan kita untuk berdoa ketika bercermin sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Selain berdoa, Islam juga mengajarkan kita bagaimana adab dalam bercermin yang benar.

Untuk lebih lanjutnya, berikut ini kami akan membahas bagaimana adab bercermin yang benar serta bagaimana lafadz doa ketika bercermin. 

Adab Ketika Bercermin

1. Berdoa

Agama Islam selalu menganjurkan kita untuk berdoa sebelum melakukan berbagai aktifitas. Selain itu, berdoa ketika kita bercermin memiliki banyak sekali keutamannya, salah satunya sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Berikut adalah salah satu doa bercermin.

اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Artinya : "Ya Allah perindahlah akhlak ku, sebagaimana Engkau telah memperindah fisik ku" (HR. Ahmad)

Baca Juga : Doa agar cepat dapat jodoh

2. Tidak angkuh dan tidak berlebihan dalam memuji diri sendiri

Manusia adalah makhluk yang diciptakan Allah SWT dengan bentuk yang sebaik-baiknya. Hal tersebut tertulis didalam Al-Qur'an surah At-Tin ayat 4.

لَقَدۡ خَلَقۡنَا الۡاِنۡسَانَ فِىۡۤ اَحۡسَنِ تَقۡوِيۡمٍ

Artinya : "Sungguh, kami telah menciptakan manusia dengan bentuk yang sebaik-baiknya" (QS. At-Tin : 4)

Dengan bentuk yang sebaik-baiknya, manusia juga tidak boleh berlebihan dalam memuji diri sendiri, karena nantinya hal tersebut dapat menimbulkan sifat sombong yang tentu sangat dilarang Allah SWT. Larangan bersikap sombong tersebut tertulis dalam Al-Qur'an surah Luqman ayat 18. 

وَلَا تُصَعِّرۡ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمۡشِ فِى الۡاَرۡضِ مَرَحًاؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٍ فَخُوۡرٍۚ

Artinya : "Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan dibumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri" (QS. Luqman : 18)

3. Tidak bercermin terlalu lama

Ketika bercermin, ada baiknya tidak dilakukan terlalu lama. Karena dikhawatirkan ketika kita bercermin terlalu lama, kita akan menjadi lupa bersyukur kepada Allah SWT.

Baca Juga : Perbedaan Qurban dan Aqiqah

4. Rendah hati

Penjelasan pada nomor 4 ini sangat berkaitan dengan penjelasan pada nomor 2 diatas. Larangan dalam memuji diri sendiri secara berlebihan selain dapat menghindari sifat angkuh dan sombong, juga dapat membuat kita selalu rendah hati. 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW bersabda yang artinya,

"Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian tawadhu' (rendah hati), sampai seseorang tidak membanggakan diri kepada orang lain dan bseseorang tidak sewenang-wenang kepada orang lain" (HR. Muslim).

6. Bersabar diri

ketika bercermin, terkadang kita melihat fisik yang kita miliki tidak lagi sama seperti dahulu, bisa karena sebuah musibah yang pernah menimpa kita atau memang terlahir demikian. Dalam menghadapi hal demikian, Islam menganjurkan kita untuk selalu bersabar agar kita daoat mengambil hikmah dari apapun yang telah Allah karuniakan kepada kita.

7. Jangan berkecil hati

Sebagai manusia, kita pasti memiliki kekurangan dari segi fisik. Namun, kekurangan tersebut jangan sampai membuat kita menjadi berkecil hati. Karena hal tersebut nantinya dapat membuat kita menjadi manusia yang kurang bersyukur atas apapun yang telah Allah SWT berikan kepada kita.

Baca Juga : Niat dan tata cara shalat Dhuha 

Doa Ketika Bercermin

Berikut ini adalah doa ketika bercermin yang diriwayatkan oleh Ahmad.


اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Artinya : "Ya Allah perindahlah akhlak ku, sebagaimana Engkau telah memperindah fisik ku" (HR. Ahmad)

Atau kita juga dapat melafadzkan doa bercermin yang diriwayatkan oleh Ibnu as-Sani

اَلْحَمْدُلِلّٰهِ الَّذِى سَوَّى خَلْقِى فَعَدَّلَهُ وَكَرَّمَ صُوْرَةَ وَجْهِى فَحَسَّنَهَاوَجَعَلَنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Artinya : "Segala puji hanya untuk Allah yang telah menyempurnakan serta memperbaiki penciptaanku, memuliakan rupa ku dan membaguskan serta menjadikan ku orang islam (HR. Ibnu as-Sani)

Kesimpulan

Agama Islam selalu menganjurkan kita untuk berdoa sebelum melakukan berbagai aktifitas. Selain itu, berdoa ketika kita bercermin memiliki banyak sekali keutamannya, salah satunya sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Manfaat Doa, bahasab arab, latin, dan Adab Bercermin dalam Islam. Semoga setelah ini kita selalu bersyukur kepada Allah SWT ketika bercermin atas segala karuna fisik yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Adab Bercermin dengan Doa Arab dan Latin"