Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Baca Doa dan Amalkan Ini Sebelum Tidur, Agar Tidak Bermimpi Buruk

Daftar Isi [show]

Doa dan Amalan Agar Tidak Mimpi Buruk
Dhiragama.com - Mimpi merupakan gambaran atau cerita yang terjadi disaat kita tidur. Kita semua pasti sangat mengharapkan bermimpi ketika tidur, apalagi mimpinya sangat baik dan indah. Namun tidak sedikit juga yang bermimpi buruk ketika tidur bahkan sampai membuat kita terbangun dan merasa takut untuk kembali tidur. 

Dalam agama Islam, terdapat doa yang dapat dibaca sebelum tidur (sesudah membaca doa sebelum tidur) agar terhindar dari mimpi buruk. Bahkan terdapat amalan-amalan yang dapat kita kerjakan agar terhindar dari mimpi buruk. Dilain sisi, jika kita sudah terlanjur bermimpi buruk, Islam juga mengajarkan kita doa memohon perlindungan kepada Allah SWT dan amalan-amalan yang dapat dilakukan ketika kita bermimpi buruk.

Lalu seperti apa doa agar terhindar dari mimpi buruk? dan amalan apa saja yang dapat kita kerjakan agar terhindar dari mimpi buruk? Simak pembasahan selengkapnya dibawah ini.

Doa Sebelum Tidur

بِسْمِكَ اللّٰهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismikallaahumma ahya wa bismika amuut

Artinya : Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.

Atau dapat membaca doa dibawah ini,

بِسْمِكَ اللّٰهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

Bismikallaahumma ahya wa amuut

Artinya : Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati.

Doa Agar Terhindar Dari Mimpi Buruk Ketika Tidur

Baca Juga : Dalil dan hadits perintah menjaga kesehatan

Berikut ini adalah doa (arab dan latin) yang dapat kita baca sebelum tidur (sesudah membaca doa mau tidur) agar terhindar dari segala tingkah laku setan dan mimpi yang buruk.

أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Allahumma innii a'uudzubika min 'amalisyaythaani wasayyi-aatil ahlaam

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada Mu dari tingkah laku setan dan dari tingkah laku yang buruk. (HR. Hakin dan Nasa'i dari Aisyah)

Doa Agar Selalu Bermimpi Baik Ketika Tidur

Berikut ini adalah doa (arab dan latin) yang dapat kita baca sebelum tidur (sesudah membaca doa mau tidur) agar diberikan mimpi yang indah dan baik.

اللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا، وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ. ،وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً، وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma arinal haqqa haqqan, warzuqnattibaa'ah. Warinal baathila baathilan. Warzuqnaj tinaabah

Artinya : Ya Allah, tampakkanlah kepadaku kebenaran sebagai kebenaran dan kuatkanlah aku untuk mengikutinya serta tampakkanlah kepadaku kesalahan sebagai kesalahan dan kuatkan pula untuk menyinkirkannya. (HR. Imam Ahmad)

Doa Setelah Mendapatkan Mimpi Baik

Ketika kita mendapatkan mimpi yang baik dan indah ketika tidur, hendaknya kita mengucap syukur dengan membaca doa berikut ini ketika sudah terbangun.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

Alhamdulillahi rabbil'aalamiin

Artinya : Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam.

Baca Juga : Doa dan adab bercermin dalam Islam

Amalan Yang Dapat Dilakukan Agar Terhindar Dari Mimpi Buruk

1. Berwudhu

Amalan pertama yang dapat kita lakukan sebelum tidur agar terhindar dari mimpi buruk adalah berwudhu. Wudhu yang dilakukan gerakan dan urutannya sama seperti berwudhu ketika sebelum shalat.

2. Membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas

Amalan yang kedua adalah membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas sambil menengadahkan dan merapatkan kedua telapak tangan. Setelah itu mengusapkan kedua telapak tangan mulai dari kepala dan wajah. Amalan ini dianjurkan untuk dilakukan sebanyak 3 kali.

3. Membaca Ayat Kursi

Amalan selanjutnya adalah membaca Ayat Kursi (QS. Al-Baqarah ayat 255).

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَـىُّ الۡقَيُّوۡمُۚلَا تَاۡخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوۡمٌؕ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِؕ مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهٗۤ اِلَّا بِاِذۡنِهٖؕ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡۚ وَلَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَىۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ‌‌ۚ وَلَا يَـــُٔوۡدُهٗ حِفۡظُهُمَاۚ وَ هُوَ الۡعَلِىُّ الۡعَظِيۡمُ

Allahulaa ilaaha illa huwal hayyul qayyuum, laa ta khudzuhuu sinatuw walaa naum, lahuumaa fissamaawaati wamaa fil'ardh, man dzalladzii yasyfa'u 'indahuu illaa biidznihii, ya'lamumaa bayna aydiihim wamaa khalfahum, walaa yuhiitdhuuna bisyai-im min 'ilmihii illa bimaasya-a, wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardh, walaa yauuduhuu hifdzuhumaa, wa huwal 'aliyyul 'adziim

Artinya : Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha tinggi, Maha besar.

Baca Juga : Yuk baca 5 surah ini agar si kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas dan tampan

4. Berdzikir

Tasbih (Dibaca 33x)

سُبْحَانَ اللهِ

Subhaanallah

Artinya : Maha Suci Allah

Tahmid (Dibaca 33x)

الْحَمْدُلِلهِ


Alhamdulillah

Artinya : Segala puji bagi Allah

Takbir (DIbaca 33x)

اللهُ اَكْبَرُ

Allahu Akbar

Artinya : Allah Maha Besar

5. Membaca 2 Ayat Terakhir QS. Al-Baqarah 

Amalan yang berikutnya adalah membaca 2 ayat terakhir surah Al-Baqarah yaitu ayat 285-286. 

اٰمَنَ الرَّسُوۡلُ بِمَاۤ اُنۡزِلَ اِلَيۡهِ مِنۡ رَّبِّهٖ وَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَؕ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰٓٮِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ ۚ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ اَحَدٍ مِّنۡ رُّسُلِهٖۚ وَقَالُوۡا سَمِعۡنَا وَاَطَعۡنَاۖ غُفۡرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيۡكَ الۡمَصِيۡرُ

Aamanar-Rasuulu bimaaa unzila ilaihi mir-Rabbihii walmu'minuun, kullun aamana billaahi wa Malaaa'ikathihii wa Kutubhihii wa Rusulih laa nufarriqu baina ahadim-mir-Rusulihii wa qooluu sami'naa wa ata'naa ghufraanaka Rabbanaa wa ilaikal-masiir

Artinya : Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), "Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya." Dan mereka berkata, "Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali." (QS. Al-Baqarah : 285)

Baca Juga : Inilah doa lengkap setelah shalat Fardhu!

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفۡسًا اِلَّا وُسۡعَهَا ‌ؕ لَهَا مَا كَسَبَتۡ وَعَلَيۡهَا مَا اكۡتَسَبَتۡؕ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَاۤ اِنۡ نَّسِيۡنَاۤ اَوۡ اَخۡطَاۡنَا ‌ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَاۤ اِصۡرًا كَمَا حَمَلۡتَهٗ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِنَا ‌‌ۚرَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعۡفُ عَنَّا وَاغۡفِرۡ لَنَا وَارۡحَمۡنَا ۚ اَنۡتَ مَوۡلٰٮنَا فَانۡصُرۡنَا عَلَى الۡقَوۡمِ الۡكٰفِرِيۡنَ

Laa yukalliful-laahu nafsan illaa wus'ahaa, lahaa maa kasabat wa 'alaihaa maktasabat; Rabbanaa la tu'aakhiznaa in nasiinaaa aw akhtaanaa; Rabbanaa wa laa tahmil-'alainaaa isran kamaa hamaltahuu 'alal-laziina min qablinaa, Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihii, wa’fu’annaa waghfirlanaa warhamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qaumil kaafiriin

Artinya : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir." (QS. Al-Baqarah : 286)

6. Posisi Tidur Mengikuti Anjuran Rasulullah SAW

Posisi tidur Nabi Muhammad SAW adalah menghadap kesebalah kanan. Posisi tidur seperti yang dianjurkan Rasulullah SAW ternyata memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah menurunkan aktivitas sistem saraf sehingga detak jantung dan tekanan darah bisa menurun.

ثُمَّ اضْطَّجِعْ على شِقِّكَ الأَيْمَنِ

Artinya : Berbaringlah diatas rusuk sebelah kananmu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Amalan Yang Dapat Dilakukan Setelah Bermimpi Buruk

1. Meludah Kesebelah Kiri Sebanyak Tiga Kali

إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ الرُّؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلْيَبْصُقْ عَنْ يَسَارِهِ ثَلَاثًا وَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ ثَلَاثًا وَلْيَتَحَوَّلْ عَنْ جَنْبِهِ الَّذِي كَانَ عَلَيْهِ

Artinya : Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syaitan tiga kali. (HR. Muslim)

2. Segera Meminta Perlindungan Kepada Allah SWT

Jika sudah bermimpi buruk, segeralah meminta perlindungan kepada Allah SWT, dengan membaca Ta'awudz.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

A'uudzubillahi minasy syaithaanir rajiim

Artinya : Aku berlidung kepada Allah dari setan yang terkutuk

3. Tidak Menceritakan Mimpi Tersebut Kepada Orang Lain

عَنْ جَابِرٍ قَالَ جَاءَ أَعْرَابِىٌّ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ رَأَيْتُ فِى الْمَنَامِ كَأَنَّ رَأْسِى ضُرِبَ فَتَدَحْرَجَ فَاشْتَدَدْتُ عَلَى أَثَرِهِ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لِلأَعْرَابِىِّ « لاَ تُحَدِّثِ النَّاسَ بِتَلَعُّبِ الشَّيْطَانِ بِكَ فِى مَنَامِكَ . وَقَالَ سَمِعْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- بَعْدُ يَخْطُبُ فَقَالَ لاَ يُحَدِّثَنَّ أَحَدُكُمْ بِتَلَعُّب الشَّيْطَانِ بِهِ فِى مَنَامِهِ

Artinya : Dari Jabir RA, Ada seorang Arab badui datang menemui Nabi SAW kemudian bertanya, “Ya Rasulullah SAW, aku bermimpi kepalaku dipenggal lalu menggelinding kemudian aku berlari kencang mengejarnya”. Nabi SAW bersabda kepada orang tersebut, “Jangan kau ceritakan kepada orang lain ulah setan yang mempermainkan dirimu di alam mimpi”. Setelah kejadian itu, aku mendengar Nabi SAW menyampaikan dalam salah satu khutbahnya, “Janganlah kalian menceritakan ulah setan yang mempermainkan dirinya dalam alam mimpi. (HR. Muslim)

4. Rubah Posisi Tidur

إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ الرُّؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلْيَبْصُقْ عَنْ يَسَارِهِ ثَلَاثًا وَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ ثَلَاثًا وَلْيَتَحَوَّلْ عَنْ جَنْبِهِ الَّذِي كَانَ عَلَيْهِ

Artinya : Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syetan tiga kali, dan mengubah tidurnya dari posisi semula. (HR. Muslim)

Baca Juga : Lengkap! Inilah doa setelah shalat Tahajud

5. Mendirikan Shalat

فَإِنْ رَأَى أَحَدُكُمْ مَا يَكْرَهُ فَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ وَلَا يُحَدِّثْ بِهَا النَّاسَ

Artinya : Karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, bangunlah, kemudian shalatlah. (HR. Muslim)

6. Membaca Doa

بِاسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، فَإِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bismika robbi wadho’tu jambii, wa bika arfa’uh, fa-in amsakta nafsii farhamhaa, wa in arsaltahaa fahfazh-haa bimaa tahfazh bihi ‘ibaadakash shoolihiin.

Artinya : Dengan nama Engkau, wahai Rabbku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan namaMu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi, apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah (dari kejahatan setan dan kejelekan dunia), sebagaimana Engkau memelihara hamba-hambaMu yang Shalih.

Penutup

Sebaga umat Islam, kita diwajibkan untuk selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas apapun, termasuk tidur. Salah satu manfaatnya adalah untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari segala gangguan setan dan agar terhindar dari mimpi buruk. Doa tidur, dalam islam, setelah cara tolak bala, agar tidak terjadi lagi, penyebab mimpi buruk, indah.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Yuk Baca Doa dan Amalkan Ini Sebelum Tidur, Agar Tidak Bermimpi Buruk"