Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ibu, Jangan Lupa Baca Surah dan Doa Ini Agar Janin Sehat Selalu

Daftar Isi [show]

DOa dan Bacaan yang Dapat Dibaca Ibu Hamil
Dhiragama.com - Kehamilan merupakan impian dari setiap ibu diseluruh dunia. Setiap ibu pasti menginginkan anak yang sedang dikandungnya selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu dalam kondisi sehat wal'afiat. Selain mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi cukup bagi sang janin, Islam menganjurkan setiap ibu yang tengah mengandung untuk membacakan doa bagi sang buah hati yang sedang berada didalam perut.

Diharapkan nantinya doa-doa tersebut dapat meredakan kecemasan yang dirasakan oleh ibu selama proses mengandung, dapat menjadi doa bagi si anak agar Allah SWT menjadikan janin yang ada didalam perut menjadi anak yang sehat dan shaleh maupun shalehah, agar Allah SWT selalu melindungi ibu dan bayinya, serta menjadi doa agar Allah SWT mempermudah sang ibu ketika proses melahirkan.

Untuk lebih lengkapnya, kami akan membahas tentang doa-doa dan bacaa yang dapat dibaca oleh ibu ketika sedang mengandung. Silahkan disimak pembahasan dibawah ini.

Membaca Surah Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah merupakan salah satu surah yang diturunkan dikota Makkah. Ketika ibu sedang mengandung, memperbanyak membaca surah Al-Fatihah pada waktu kapan saja sangatlah baik untuk memohon kesehatan dan keselamatan ibu dan juga si janin. 

Surah Al-Fatihah sendiri memiliki tafsiran seorang muslim yang sangat memohon kepada Allah SWT sebuah petunjuk akan jalan yang lurus serta dijauhkan dari sifat-sifat yang dapat merugikan dirinya sendiri.

Membaca Ayat Kursi (QS. Al-Baqarah: 255)

Pada QS. Al-Baqarah ayat 255 terdapat suatu ayat yang disebut dengan ayat kursi. Ayat tersebut mempunyai makna tentang puji-pujian tentang keesaan dan kekuasaan Allah SWT yang sangat mutlak. 

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَـىُّ الۡقَيُّوۡمُۚ لَا تَاۡخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوۡمٌؕ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِؕ مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهٗۤ اِلَّا بِاِذۡنِهٖؕ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡۚ وَلَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَىۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ‌‌ۚ وَلَا يَـــُٔوۡدُهٗ حِفۡظُهُمَاۚ وَ هُوَ الۡعَلِىُّ الۡعَظِيۡمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal-ḥayyul-qayyụm, laa tak khudzuhụ sinatuw wa laa naum lahụu maa fissamaawaati wa maa fil ardh, man dzalladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idznih, ya'lamu maa baina aydiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bisyay-im min 'ilmihii illaa bimaa syaa, wasi'a kursiy yuhussamaawaati wal ardh, wa laa ya uduhuu hifdzuhumaa, wa huwal 'aliyyul 'adziim

Artinya : Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha tinggi, Maha besar.

Baca Juga : Doa lengkap setelah shalat fardhu

Membaca ayat Kursi memliki banyak sekali keutamaan dan manfaat, salah satunya adalah dapat memengaruhi jiwa dan keimanan kita, serta menjadikan amalan yang sangat baik yang bisa dilakukan ketika kita sedang hamil. 

Ayat Kursi ini dapat dibaca dua kali pada pagi dan sore hari, serta saat selesai shalat lima waktu dan ketika ingin tidur. Maka nantinya ibu akan merasakan ketenangan hati dan tidak merasa cemas yang tidak berlebihan.

Memperbanyak Dzikir

Ketika berumur 4 bulan, ruh sang janin mulai ditiupkan dan pada saat itu semua takdirnya sudah ditetapkan. Maka dari itu ibu dianjurkanuntuk memperbanyak berdzikir, memohon takdir atau ketetapan yang baik dari Allah SWT bagi si janin. Dzikir yang dianjurkan dibaca oleh ibu pada saat mengandung adalah sebagai berikut (dzikir dibawah ini dibaca sebanyak 33 kali).

 اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

Astaghfirullahal'adzim.

Artinya : Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung

سُبْحَانَ اللهِ

Subhaanallah

Artinya : Maha Suci Allah

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ


Laa haula wa laa quwwata illaa billaahil 'aliyyil azhiimi

Artinya : Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha tinggi lagi Maha agung.

Membaca Dua Ayat Terakhir Surah. Al-Baqarah (ayat 285 dan 286)

Rasulullah SAW pernah bersabda,

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya : Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir pada surah Al-Baqarah di waktu malam hari, dia akan diberikan kecukupan. (HR. Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808)

Dua ayat terakhir pada surah Al-Baqarah memiliki keutamaan bagi ibu hamil, yaitu memohon perlindungan dari berbagai keburukan yang ada, sehingga nantinya proses kehamilan dan kelahiran berjalan dengan lancar.

 اٰمَنَ الرَّسُوۡلُ بِمَاۤ اُنۡزِلَ اِلَيۡهِ مِنۡ رَّبِّهٖ وَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَؕ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰٓٮِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ ۚ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ اَحَدٍ مِّنۡ رُّسُلِهٖۚ وَقَالُوۡا سَمِعۡنَا وَاَطَعۡنَاۖ غُفۡرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيۡكَ الۡمَصِيۡرُ

Aamanarrasuulu bimaaa unzila ilaihi mirrabbihii walmu'minuun, kullun aamana billaahi wa Malaaa'ikathihii wa Kutubhihii wa Rusulih laa nufarriqu baina ahadimmirrusulihii wa qooluu sami'naa wa ata'naa ghufraanaka Rabbanaa wa ilaikal mashir

Artinya : Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan Rasul-Rasul-Nya. (Mereka berkata), "Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya." Dan mereka berkata, "Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali." (QS. Al-Baqarah : 285)

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفۡسًا اِلَّا وُسۡعَهَا ‌ؕ لَهَا مَا كَسَبَتۡ وَعَلَيۡهَا مَا اكۡتَسَبَتۡؕ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَاۤ اِنۡ نَّسِيۡنَاۤ اَوۡ اَخۡطَاۡنَا ‌ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَاۤ اِصۡرًا كَمَا حَمَلۡتَهٗ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِنَا ‌‌ۚرَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعۡفُ عَنَّا وَاغۡفِرۡ لَنَا وَارۡحَمۡنَا ۚ اَنۡتَ مَوۡلٰٮنَا فَانۡصُرۡنَا عَلَى الۡقَوۡمِ الۡكٰفِرِيۡنَ

Laa yukallifullahu nafsan illaa wus'ahaa, lahaa maa kasabat wa 'alaihaa maktasabat, Rabbanaa la tu'aakhidznaa in nasiinaaa aw akhtaanaa, Rabbanaa wa laa tahmil-'alainaaa isran kamaa hamaltahuu 'alal-laziina min qablinaa, Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihii, wa'fu'annaa waghriflanaa warhamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa 'alal qawmil kaafiriin.

Artinya : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir." (QS. Al-Baqarah : 286)

Baca Juga : Inilah kisah Nabi Khidir AS dan Nabi Musa AS

Membaca Surah Al-Insyirah

Saat sedang mengandung, ibu dianjurkan untuk membaca surah Al-Insyirah sebanyak tujuh kali setelah shalat maghrib dan kemudian ditiupkan ke perut. Keutamaan dan manfaat dari surah Al-Insyirah adalah menjadi obat dari berbagai macam penyakit dan didalam surah tersebut Alla SWT menegaskan bahwa akan selalu ada kemudihan setelah kesulitan. Manfaat tersebut dapat memberikan keyakian lebih kepada ibu, bahwa seberat apapun proses kehamilan yang dijalani, suatu hari ibu juga akan mendapatkan suatu kemudahan.

Membaca Surah Al-Hasyr

Surah Al-Hasyr memiliki banyak sekali keutamaan dan manfaat apabila kita rajin membacanya. Diantaranya adalah didoakan oleh 70.000 malaikat yang dikirimkan oleh Allah SWT dan terhindar dari gangguan para jin. Surat ini juga sangat baik dibaca oleh ibu yang sedang mengandung. Ibu bisa membaca surah Al-Hasyr sambil mengusap perutnya atau surah Al-Hasyr dapat dibacakan oleh sang ayah sebanyak tujuh kali kemudian ditiupkan ke perut ibu.

Doa yang Dibaca Ayah untuk Sang Ibu dan Janinnya

Ketika istri sedang mengandung buah hati, sang ayah dapat memaca doa dibawah ini untuk sang janin.

اللهم احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا اللهم صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ اللهم أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا اللهم اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا اللهم طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ`an illâ syifâuka syifâ`an lâ yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn

Artinya : Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.

Baca Juga : Yuk kenalan dengan puasa Daud!

Kesimpulan

Islam menganjurkan ibu agar selalu berdoa untuk sang anak, apalagi ketika ibu sedang mengandung. Diharapkan nantinya doa-doa yang dipanjatkan dapat meredakan kecemasan ibu selama proses mengandung, dapat menjadi doa agar Allah SWT menjadikan janin yang ada didalam perut menjadi anak yang sehat dan shalih maupun shalihah, agar Allah SWT selalu melindungi ibu dan bayinya, serta menjadi doa agar Allah SWT mempermudah sang ibu ketika proses melahirkan. Doa, ucapan, surat, dzikir untuk ibu hamil, melahirkan dijabah agar selamat, baik, bayi sehat, janin dalam kandungan.


Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Ibu, Jangan Lupa Baca Surah dan Doa Ini Agar Janin Sehat Selalu"