Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengantin Baru Yuk Baca Doa Ini, Agar Pernikahan Selalu Dilimpahkan Keberkahan

Daftar Isi [show]

Doa Agar Dilimpahkan Keberkahan dalam Pernikahan

Dhiragama.com - Menikah merupakan sebuah sunnah Nabi yang dianjurkan agar mendapatkan keturunan. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya,

Menikah merupakan sunnahku, barangsiapa yang tidak mengamalkan sunnahku, maka dia bukan bagian dariku. Maka menikahlah kalian, karena aku bangga dengan banyaknya umatku dihari kiamat. (HR. Ibnu Majjah).

Agama Islam menganjurkan membaca doa-doa setelah melaksanakan ijab-qabul. Secara garis besar keutamaan dari doa-doa tersebut adalah untuk meminta keberkahan dari Allah SWT didalam rumah tangga.

Untuk lebih lanjutnya, berikut ini kami akan membahas doa-doa yang dianjurkan dibaca oleh pengantin yang baru saja melaksanakan ijab-qabul.

Doa setelah ijab qabul yang dibacakan oleh suami untuk istri

Setelah melakukan ijab qabul, para suami dianjurkan membacakan doa dibawah ini untuk sang istri. Salah satu keutamaan doa ini adalah untuk berlindung kepada Allah SWT dari segala keburukan dan kekurangan dari sifat pasangan, serta meminta kepada Allah SWT atas segala kelebihan yang dimiliki dari pasangan. Berikut adalah doanya.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allahumma inni asaluka min khairihaa wa khairimaa jabaltahaa 'alaihi, wa a'udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltahaa 'alahi.

Artinya : Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan yang dimiliki dirinya serta kebaikan yang Engkau tetatpkan di dirinya. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu atas keburukan yang dimilikinya serta keburukan yang Engkau tetapkan di dirinya. 

Baca juga : Hukum Tajwid Mad Jaiz Munfasil

Doa meminta keberkahan bagi suami istri

Setelah melakukan akad, suami dianjurkan pula membaca doa untuk meminta keberkahan dari Allah SWT untuk dirinya dan istrinya. Berikut adalah doanya.

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَهْلِيْ وَبَارِكْ لِأَهْلِيْ فِيَّ

Allahumma baariklii fii ahlii wa baariklii ahlii fiyya

Artinya : Ya Allah, berkahilah istriku untukku dan berkahilah aku untuk istriku.

Doa agar rumah tangga selalu harmonis

Pada surah Al-Furqon ayat 74, terdapat doa sangat dianjurkan untuk dibaca oleh pasangan suami istri agar rumah tangga dapat selalu harmonis. Berikut adalah doanya.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrata 'ayun waaja'alnaa lilmuttaqiina imaamaa.

Artinya : Ya Allah anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami, dan pasangan kami sebagai penyenang hati kami dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.

Baca juga : Niat dan Tata Cara Shalat Sunnah Rawatib

Doa sebelum melakukan hubungan suami-istri

Dalam Islam, setiap pasangan suami istri yang ingin melakukan hubungan intim dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Keutamaan dari berdoa sebelum melakukan hubungan intim adalah agar Allah SWT selalu melindungi dan melimpahkan berkah yang melimpah. Berikut ini adalah doa sebelum melakukan hubungan suami-istri.

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillahi allahumma jannibnasyaithaana wa jannibisyaithaana maa razaqtanaa

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari gangguan setan dan jauhkanlah setan dari rizki yang Engkau anugerahkan kepada kami.

Doa agar segera diberikan keturunan

Baca Juga : Tata Cara Shalat Dhuha

Setiap pasangan suami-istri pasti sangat menantikan kehadiran buah hati ditengah-tengah mereka. Dalam Al-Qur'an terdapat dua ayat yang dapat dibaca sebagai doa agar segera diberikan keturunan.

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Rabbi hablii milladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka samii'uddu'aaai

Artinya : Ya Allah, berikanlah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.

Kesimpulan

Doa yang dapat dibaca ketika selesai akad nikah antara lain, doa dari suami kepada istri, doa memohon keberkahan bagi suami-istri, doa agar rumah tangga harmonis, doa sebelum melakukan hubungan intim, doa agar segera diberikan buah hati. Doa yang dianjurkan dalam Islam untuk dibaca oleh pasangan suami istri agar selalu dilimpahkan keberkahan dalam rumah tangganya. doa agar pernikahan mendapat berkah, bagi pengantin, segera diberi keturunan, doa sebelum melakukan hubungan intim, agar rumah tangga selalu harmonis, setelah akad dari suami untuk istri.

2 comments for "Pengantin Baru Yuk Baca Doa Ini, Agar Pernikahan Selalu Dilimpahkan Keberkahan"

  1. Lengkap banget, pembawaannya juga enak dibaca, makasih minn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung, untuk kritik, saran dan request artikel dapat menghubungi:
      📧 : tulisan.dhira@gmail.com

      Delete