Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hukum Tajwid Mad Jaiz Munfasil Lengkap dengan Contoh

Daftar Isi [show]

Mad Jaiz Munfasil
Dhiragama.com - Hukum Tajwid Mad Jaiz Munfasil. Ketika kita membaca Al-Qur'an kita diharuskan untuk membacanya sesuai tanda baca yang ada atau sesuai dengan panjang pendeknya. Salah satu hukum Tajwid yang menjadi bagian dari salah satu hukum Mad adalah Mad Jaiz Munfasil.

Berikut kami akan membahas tentang Mad Jaiz Munfasil. Semoga pembahasan ini dapat membantu kita semua dalam membaca Al-Qur'an sesuai dengan hukum tajwid yang ada. 

Pengertian Mad Jaiz Munfasil

Sebelum memahami membahas pengertian Mad Jaiz Munfasil, ada baiknya kita pahami Mad Thabi'i.  Mad Thabi'i adalah harakat  (fathah) yang diikuti أ (alif), harakat  ِ- (kasrah) yang diikuti  ي (ya' mati atau ya' sukun) dan harakat  ُ- (dhummah) diikuti oleh huruf و (waw mati). Sedangkan Mad Jaiz Munfasil adalah Mad Thabi'i bertemu hamzah dilain kalimat. 

Cara Membaca Mad Jaiz Munfasil

Cara membaca Mad Thabi'i adalah dengan dua harakat, sedangkan cara membaca Mad Jaiz Munfasil adalah 5 harakat atau 2 ½ alif. 

Baca Juga : Perbedaan Qurban dan Aqiqah

Contoh Mad Jaiz Munfasil

1. QS. Al-Kautsar ayat 1

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ

2. QS. Al-Insyiqaq ayat 16

اِذَا السَّمَاۤءُ انْشَقَّتْۙ

3. QS. At-Takwir ayat 15

فَلَآ اُقْسِمُ بِالْخُنَّسِۙ

4. QS. Al-Qadr ayat 1

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Baca Juga : Niat dan Tata Cara Shalat Dhuha

Kesimpulan

Mad Jaiz Munfasil adalah Mad Thabi'i bertemu hamzah dilain kalimat dan cara membaca Mad Jaiz Munfasil adalah 5 harakat atau 2 ½ alif. Hukum tajwid, cara membaca, contoh-contoh pengertian, mad thabi'i, Mad Jaiz Munfasil. Semoga setelah ini kita dapat mempraktikannya ketika membaca Al-Qur'an. Aamiin.


Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Hukum Tajwid Mad Jaiz Munfasil Lengkap dengan Contoh"