Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Sesuai Sunnah

Daftar Isi [show]

Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah

Dhiragama.com - Rumah merupakan sebuah bangunan yang dijadikan tempat tinggal. Salah satu sunnah Rasulullah SAW ketika masuk dan keluar rumah adalah berdoa. Doa tersebut memiliki keutamaan agar selalu dilindungi dan dijauhkan dari segala bahaya apapun oleh Allah SWT. Sunnah Rasulullah SAW ini sangat baik apabila diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari karena sebagai salah satu adab ketika masuk dan keluar rumah.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana adab masuk dan keluar rumah sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW serta bagaimana bacaan doanya. Penasaran? Yuk simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca.

Bacaan Doa Masuk Rumah

Berikut ini adalah bacaan doa masuk rumah dilengkapi dengan tulisan Arab, latin dan terjemahannya. 

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal.

Baca Juga : Baca doa ini agar si kecil tumbuh menjadi anak yang rajin belajar dan pintar

Adapun doa yang dapat dibaca ketika memasuki rumah kosong adalah sebagai berikut.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiina

Artinya : Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh

Adab Ketika Masuk Rumah Sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW

1. Dianjurkan untuk selalu mengetuk pintu

Sebagai seorang muslim kita diajarkan untuk selalu mengedepankan sopan santun. Salah satunya adalah ketika masuk rumah. Sopan santun pertama yang dianjurkan adalah mengetuk pintu secara sopan dan tidak menggedor-gedor hingga membuat orang lain terganggu dengan suaranya. Cara mengetuk yang sopan sudah pernah dijelaskan pada hadits berikut ini.

إن أبواب النبي صلى الله عليه وسلم كانت تقرع بالأظافير

Artinya : Kami di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengetuk pintu dengan kuku-kuku.” (HR. Bukhari)

2. Mengucapkan salam

Adab masuk kerumah yang kedua adalah mengucapkan salam baik secara singkat ataupun lengkap. Didalam kalimat salam terdapat doa bagi seluruh penghuni rumah.

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ

Assalamu'alaikum

Artinya : Semoga kedamaian besertamu

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Artinya : Semoga kedamaian bersamamu serta pengampunan dan berkah dari Allah SWT

3. Membaca doa masuk rumah dan melangkah masuk dengan kaki kanan

Sebelum memasukin rumah alangkah baiknya kita membaca doa seperti yang sudah tertulis diatas dan melangkah masuk kedalam rumah dengan mendahulukan kaki kanan.

Bacaan Doa Keluar Rumah

Berikut ini adalah doa keluar rumah dilengkapi dengan tulisan Arab, latin dan terjemahannya.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bismillahi, tawakkaltu ‘alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya : Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

Baca Juga : Yuk mulai sekarang biasakan membaca doa ini ketika bangun tidur!

Doa keluar rumah lainnya yang dapat dibaca adalah sebagai berikut. 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya

Artinya : Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi

Ada Ketika Keluar Rumah Sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW

1. Shalat dua rakaat

Sebelum keluar rumah, ada baiknya kita melaksanakan shalat sunnah dua rakaat. Shalat sunnah dua rakaat ini memiliki keutamaan untuk memohon kepada Allah SWT agar kita dapat terhindar dari segala kecemasan, kesulitan serta bencana yang ada diluar rumah. Rasulullah SAW bersabda,

Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan sholat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukanlah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam. (HR. Al-Bazzar)

2. Membaca doa keluar rumah

Sama hal nya seperti ketika masuk kedalam rumah, keluar rumah pun juga perlu membaca doa. Berdoa ketika keluar rumah memiliki keutamaan yakni memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala macam bencana yang ada ketika kita berada diluar rumah. Doa yang dapat dibaca ketika keluar rumah adalah sebagai tertulis diatas. Ketika membaca doa keluar rumah, hendaknya kita memposisikan tangan diangkat dan  dengan posisi menengadah.

Baca Juga : Si kecil selesai disunat? Jangan lupa bacakan doa ini!

Penutup

Salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW ketika masuk dan keluar rumah adalah berdoa. Doa tersebut memiliki memiliki tujuan untuk memohon perlindungan dan dijauhkan dari segala bahaya apapun oleh Allah SWT. Doa mauk rumah pendek, dan keluar rumah sesuai sunnah, anak tk, naik kendaraan, menurut Islam.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Sesuai Sunnah"