Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Doa Meluluhkan Hati Seseorang : Arab, Latin dan Terjemahan

Daftar Isi [show]

Lengkap! Kumpulan Doa Meluluhkan Hati Seseorang
Dhiragama.com - Setiap manusia memiliki hati yang berbeda-beda. Ada yang terlahir dengan hati yang sangat lembut serta penyabar dan ada yang terlahir dengan hati yang keras bahkan sangat mudah untuk tersulut emosi serta sangat teguh mempertahankan pendiriannya walau terkadang salah.

Meluluhkan hati seseorang dengan hati yang keras memanglah cukup sulit. Namun jangan khawatir, jika kita terus-menerus berusaha Insya Allah kita dapat meluluhkannya. Karena pertolongan Allah SWT akan selalu ada untuk orang-orang yang mau berusaha. 

Salah satu usaha yang dapat kamu lakukan adalah dengan mendoakan orang tersebut. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas doa-doa yang dapat kamu baca untuk meluluhkan hati seseorang. Penasaran? Silahkan disimak pembahasan dibawah ini dan semoga bermanfaat!

Doa Meluluhkan Hati yang Keras

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا
(sebut nama orang dimaksud) حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ
كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimii.

Artinya : Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan keculi karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah... (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Musa AS. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud AS. Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubu-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang.

Baca Juga : Bacalah doa-doa ini sebelum dan sesudah beraktivitas

Doa Melembutkan Kerasnya Hati Suami

Tidak ada rumah tangga di dunia ini yang tidak memiliki masalah. Setiap rumah tangga memiliki masalahnya masing-masing. Masalah bisa datang darimana saja, salah satunya dari kerasnya hati suami serta sikap emosional yang ia miliki. Terkadang sikap dan kerasnya hati suami hingga membuat kita lelah untuk terus memberikan penjelasan.

Islam mengajarkan kita doa dan amalan yang dapat kita lakukan untuk melembutkan kerasnya hati suami. Caranya adalah dengan berdzikir. Kita dianjurkan untuk berdoa dan berdzikir sebanyak mungkin. Setelah itu kita dapat menghembuskannya kepada suami disaat ia sedang tertidur. Hembuskan udara dari mulut ke telapak tangan, kemudian letakkan diatas dada suami.

Ketika meletakkan tangan diatas dada suami, berdoalah kepada Allah SWT. Mintalah agar sang suami dilembutkan hatinya dan dijauhi dari rasa amarah yang menggebu-gebu dalam menanggapi segala sesuatu. Dzikir khusus yang dapat dibaca untuk melembutkan kerasnya hati suami adalah "Ya Jabbar, Ya Azis, Ya Mutakabbir".

Doa Agar Hati Istri lebih Lembut dan Lebih Sabar

Tidak kalah dengan suami, istri juga memiliki sebuah peran dan tanggung jawab yang besar didalam bahtera rumah tangga. Tidak jarang istri sudah terlalu lelah dengan aktivitas yang dikerjakan seperti mengurus rumah serta mengurus anak dan suami hingga membuat dirinya terkadang menjadi sangat sensitif dan mudah marah. 

Hal tersebut memanglah wajar, akan tetapi rumah akan terasa tidak nyaman jika istri memiliki mood yang sensitif dan sifat kurang bersabar. Maka dari itu kita sebagai suami diajarkan untuk berdoa meminta kelembutan hati serta kesabaran istri diperbanyak. Cukup panjatkan surah Al-Baqarah ayat 165 dan Ali-Imran ayat 14.

 يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ

Yuhibbunahum kahubillahi wallazina amanuu ashaddu hubbanlillah.

Artinya : Mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman itu cintanya lebih besar kepada Allah. (QS. Al-Baqarah : 165)

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَاۤءِ وَالْبَنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ

Zuyyinalinnasi hubbushahawati minannisa’i walbani na walqanaathiril muqanthoroti minadzzahabi walfidhah.

Artinya : Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak. (QS. Ali-Imran : 14)

Baca Juga : Inilah doa-doa yang dapat dibaca selama hamil

Doa untuk Meluluhkan Hati Seseorang yang Dicintai

Terdapat dua doa yang dapat dibaca untuk meluluhkan hati seseorang yang dicintai agar dia juga menyukai kita. Doa pertama adalah sebagai berikut.

الْحَمْدُ للَّهِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.  وَلَمَّا سَكَتَ عَنْ مُوسَى الْغَضَبُ أَخَذَ الأَلْوَاحَ وَفِي نُسْخَتِهَا هُدًى وَرَحْمَةٌ لِلَّذِينَ هُمْ لِرَبِّهِمْ يَرْهَبُونَ

Alhamdulillaah. Allaahumma shalli wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihii wa shahbihii ajma’in wa lamma sakata ‘an muusal ghadhabu akhadzal alwaah, wa fii nuskhatihaa ghadhabu akhadzal alwaah. Wa fii nuskhatha hu dauwwa rahmatal lilladziina hum li rabbihim yarhabuun.

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, keluarganya dan sahabat-sahabatnya. Sesudah amarah Musa menjadi reda. Lalu diambilnya (kembali) luh-luh (Taurat) itu dan dalam tulisannya terdapat petunjuk dan rahmat untuk orang-orang yg takut kepada Tuhan.

Doa lain yang dapat dibaca adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ بِهَيْبَةِ عَظَمَتِكَ وَبِسَطْوَةِ جَلَالِكَ اَنْ تَجْعَلَ مَحَبَِّتِى (sebutkan nama orangnya bin/binti nama ayahnya) وَاَنْ تُلْقِى المَوَدَّةَ وَالمَحَبَّةَ فِى قَلْبِهَا وَعَطْفِهَا عَلَيَّ بِفَضْلِكَ يَاكَرِيْم

Allahumma inni as-aluka, bi haibati adhamatika, wabi sathwati jalaalika an-taj’ala mahabbatii fii qalbii (sebutkan nama orangnya bin/binti nama ayahnya), wa antulqil mahabbata wal mawad data fii qalbihi wa-aththifhu, alayya bi fadhlika yaa kariim.

Baca Juga : Akhiri masa jomblo dengan membaca doa ini!

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, berkah wibawa keagungan-Mu dan amukan keluhuran-Mu, agar Engkau jadikan kecintaan di dalam hati (sebutkan nama orangnya bin/binti nama ayahnya). Dan resapkanlah kecintaan dan kasih sayang terhadapku di dalam hatinya. Dan cenderungkan ia padaku lewat anugerah-Mu.Wahai Dzat yang Maha Mulia.

Doa Pembuka Hati Agar Lancar Dalam Segala Urusan dan Dalam Kehidupan

Ketika kita ingin melakukan segala sesuatu, kita merasakan perasaan sangat khawatir. Salah satunya adalah kekhawatiran jika segala urusan yang kita miliki berjalan tidak lancar. Dalam Al-Qur'an surah Taha ayat 25 hingga 28, terdaat doa yang dapat dibaca agar dapat membuka hati dengan tujuan untuk melancarkan segala urusan dan kehidupan.

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ 

Rabbisyrohlii shadrii

Artinya : Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, (QS. Taha : 25)

وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ

Wa yassirlii amrii

Artinya : Dan mudahkanlah untukku urusanku, (QS. Taha : 26)

وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّسَانِيْ

Wahlul 'uqdatam mil lisaani

Artinya : Dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, (QS. Taha : 27)

يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ

Yafqohu qoulii,

Artinya : Agar mereka mengerti perkataanku (QS. Taha : 28)

Baca Juga : Yuk baca doa ini agar pernikahan selalu dilimpahkan keberkahan!

Penutup

Setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda. Jika kita bertemu degan seseorang yang bersifat keras dan selalu berdiri pada pendiriannya walau terkadang salah, kita dapat berusaha meluluhkannya dengan cara membaca doa-doa diatas. Subhanallah ternyata inilah doa meluluhkan hati seseorang, pria, yang kita cintai, membenci kita, sedang marah, pembuka pikiran seseorang, menurut Islam.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Kumpulan Doa Meluluhkan Hati Seseorang : Arab, Latin dan Terjemahan"