Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi : Pemilik Julukan Gerbang Pengetahuan

Daftar Isi [show]

Kisah Sahabat Nabi Muhammad : Ali Bin Abi Thalib Pemilik Julukan Gerbang Pengetahuan
Dhiragama.com - Rasulullah SAW melakukan dakwah untuk menyebarkan ajaran agama Islam. Dalam perjalanan dakwahnya itu, Rasulullah SAW senantiasa ditemani oleh para sahabat setianya. Salah satu sahabatnya yang cukup terkenal ialah Ali bin Abi Thalib RA yang akan dibahas pada kali ini.

Biografi Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib RA merupakan anak dari paman Rasulullah SAW, Abu Thalib bin Abdul Muthalib. Karena itulah, ia juga bisa disebut sebagai sepupu Rasulullah SAW. Ia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara.

Ali bin Abi Thalib RA diasuh oleh Rasulullah SAW. Saat itu, masa paceklik sedang melanda Makkah. Hal tersebut berimbas pada terjadinya krisis ekonomi, termasuk yang dialami oleh Abu Thalib. Oleh karena itu, Abu Thalib menitipkan anak-anaknya kepada para saudaranya, salah satunya adalah Ali yang dititipkan pada Rasulullah SAW.

Baca Juga : Kisah sahabat Nabi Muhammad SAW yang jarang sekali tidur demi beribadah

Sebenarnya, nama asli Ali bin Abi Thalib RA adalah Haydar bin Abi Thalib. Haydar sendiri berarti “singa”. Kemudian, Rasulullah SAW memanggilnya dengan nama Ali yang berarti “luhur, tinggi, dan agung” sehingga dimaksudkan sebagai derajat yang tinggi di sisi Allah SWT. Nama Ali ini lebih populer dibandingkan dengan nama aslinya, Haydar.

Ali termasuk ke dalam golongan Assabiqun Al-Awwalun. Istilah tersebut merupakan istilah bagi orang-orang yang pertama masuk Islam. Ia memercayai Rasulullah SAW sejak awal masa kenabiannya. Ali memeluk Islam ketika ia masih hidup bersama Rasulullah SAW di usianya yang masih muda dan ikut berhijrah.

Selepas masa hijrah, Ali bin Abi Thalib RA menikah dengan putri Rasulullah SAW, Fatimah Az-Zahra. Ia begitu mencintai istrinya sehingga Fatimah adalah satu-satunya istri Ali selama Fatimah hidup. Ketika Fatimah sudah wafat, Ali baru menikah kembali dengan perempuan lain. Ia memperoleh 23 anak yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 18 anak perempuan dari istri-istrinya tersebut.

Kecerdasan Luar Biasa yang Dimiliki Ali bin Abi Thalib

Kecerdasan yang luar biasa juga dimiliki oleh Ali bin Abi Thalib RA. Banyak orang yang buta huruf atau ummu pada masa itu dan jarang sekali orang yang dapat membaca atau menulis. Akan tetapi, Ali sudah bisa membaca dan menulis dengan baik sehingga ia menjadi juru tulis Rasulullah SAW. Kecerdasannya itu membuat Ali dijuluki sebagai “gerbang pengetahuan” atau Babul 'Ilmi. Rasulullah SAW berkata, “Aku adalah kota ilmu, sedangkan Ali bin Abi Thalib adalah pintunya.”

Baca Juga : Tidak mempan dibakar, inilah kisah lengkat mukjizat Nabi Ibrahim AS

Selain itu, Ali bin Abi Thalib RA kerap kali muncul saat Rasulullah SAW menghadapi perang. Ia senantiasa mendampingi Rasulullah SAW. Hanya saja, Ali tidak hadir pada saat Perang Tabuk berlangsung, karena mendapat tugas untuk menjaga Kota Madinah atas perintah Rasulullah SAW. Pada Perang Khaibar, Ali ditunjuk sebagai pemimpinnya.

Setelah Rasulullah SAW wafat, kekuasaan jatuh ke tangan Khulafaur Rasyidin yang mana Ali bin Abi Thalib RA menjadi salah satunya. Ali diangkat menjadi khalifah keempat setelah Abu Bakar As-Siddiq RA, Umar bin Khattab RA, dan Utsman bin Affan RA berkuasa di periode-periode sebelumnya. Ia menjadi penutup para Khulafaur Rasyidin. Ia berkuasa selama lima tahun, tepatnya sejak 655 hingga 660 masehi.

Selama kepemimpinannya, Ali meneruskan tugas-tugas para khalifah sebelumnya dengan sangat baik. Ia bertanggung jawab untuk memperluas syiar Islam dan juga menjaga kaumnya agar tetap sejahtera. Di samping itu, Ali juga berhasil dalam memajukan bidang pendidikan, khususnya dalam ilmu bahasa. Ia juga dapat mengurus perihal keuangan dengan baik dan meningkatkan pembangunan. Tidak sampai di situ, Ali juga mampu meredam berbagai pemberontakan di kalangan umat Islam yang banyak terjadi pada saat itu.

Baca Juga : Inilah peristiwa penting yang jadi awal turunnya wahu shalat 5 waktu

Penutup

Itulah kisah tentang seorang sahabat Rasulullah SAW yang dijuluki sebagai “gerbang pengetahuan”, Ali bin Abi Thalib RA. Semoga kisahnya dapat membawa manfaat bagi kita semua yang membacanya dan dapat menjadi pelajaran berguna di kemudian hari. Kumpulan kisah teladan, gelar, nama asli, ayahanda, nama asli Ali bin Abi Thalib.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi : Pemilik Julukan Gerbang Pengetahuan"