Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Hadits Tentang Kewajiban Setiap Muslim Untuk Menuntut Ilmu

Daftar Isi [show]

Hadits-Hadits Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu Bagi Setiap Muslim
Dhiragama.com - Sebagai seorang manusia, kita membutuhkan ilmu untuk melakukan banyak hal. Tanpa ilmu, kita akan kesulitan untuk menjalani hidup. Bagaimana seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan jika ia tidak berilmu? Ilmu juga dapat meningkatkan kualitas diri seseorang dan menaikkan derajatnya. Oleh karena itulah, ilmu merupakan bekal yang sangat penting untuk hidup kita, baik di dunia maupun di akhirat.

Dalam agama Islam, perkara menuntut ilmu ini sangat dianjurkan dan dijelaskan lebih dalam, baik melalui Al-Qur’an maupun Al-Hadits. Salah satu ayat dalam Al-Qur'an yang menjelaskan tentang anjuran untuk menuntut ilmu adalah pada surah Al-Mujadilah ayat 11.

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا قِيۡلَ لَـكُمۡ تَفَسَّحُوۡا فِى الۡمَجٰلِسِ فَافۡسَحُوۡا يَفۡسَحِ اللّٰهُ لَـكُمۡ‌ ۚ وَاِذَا قِيۡلَ انْشُزُوۡا فَانْشُزُوۡا يَرۡفَعِ اللّٰهُ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا مِنۡكُمۡ ۙ وَالَّذِيۡنَ اُوۡتُوا الۡعِلۡمَ دَرَجٰتٍ ‌ؕ وَاللّٰهُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِيۡرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Mujadilah : 11)

Kali ini, kita akan membahas hadits-hadits yang menjelaskan tentang menuntut ilmu. Silahkan disimak pembahasan dibawah ini. Selamat membaca!

Kewajiban Menuntut Ilmu Bagi Setiap Muslim

Dalam Islam, menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap umat manusia tanpa memandang bulu. Hal ini dijelaskan melalui sebuah hadits riwayat Ibnu Majah berikut ini.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya : Menuntut Ilmu itu wajib bagi setiap Muslim (HR. Ibnu Majah)

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda tentang balasan dari Allah SWT bagi orang-orang yang menuntut ilmu.

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya : Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Baca Juga : Jagalah kesehatan sesuai dengan dalil dan hadits berikut!

Keutamaan dan Manfaat Bagi Orang yang Menuntut Ilmu

Orang yang menuntut ilmu memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Pertama, orang yang menuntut ilmu akan dimudahkan jalannya untuk menuju surga oleh Allah SWT sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits berikut ini.

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya : Barang siapa yang menempuh jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga. (HR. Muslim)

Allah SWT juga memberikan keberkahan dalam perjalanan orang yang sedang menuntut ilmu. Hal ini dimuat dalam hadits yang berbunyi,

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya : Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang. (HR. Tirmidzi)

Selain itu, ilmu merupakan salah satu amalan yang kekal bagi seorang manusia sehingga amalannya akan terus ada hingga akhir hayat sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits berikut.

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya : Jika seorang manusia mati, maka terputuslah darinya semua amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shaleh yang mendoakannya. (HR. Muslim)

Allah SWT juga menghendakkan kebaikan bagi orang yang berilmu seperti yang dijelaskan dalam hadits di bawah ini. Dari Mu’awiyah, Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى الدِّينِ

Artinya : Barang siapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang agama. (HR. Bukhari dan Muslim)

Ilmu juga merupakan salah satu warisan yang paling berharga di muka bumi. Harta dan kekayaan pun tidak dapat menandingi nilai sebuah ilmu. Hal ini dijelaskan dalam hadits berikut.

وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلاَ دِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

Artinya : Keutamaan orang berilmu di atas ahli ibadah bagaikan keutamaan bulan purnama atas seluruh bintang-bintang. Sesungguhnya ulama itu adalah pewaris para nabi. Para nabi tidaklah mewariskan dirham dan dinar, akan tetapi mereka mewarisi ilmu. Maka barang siapa yang mengambilnya, sungguh dia telah mengambil keuntungan yang besar. (HR. Abu Dawud)

Baca Juga : Landasan kewajiban istri berbakti kepada suami

Sifat Rendah Hati yang Harus Dimiliki Oleh Orang yang Menuntut Ilmu

Kita harus tetap rendah hati saat menuntut ilmu. Ketika kita merasa lebih daripada yang lain, sifat sombong dan congkak akan tumbuh dalam diri kita. Kerendahan hati bagi orang yang menuntut ilmu ini dijelaskan melalui hadits yang diriwayatkan At-Tabrani di bawah ini.

تَعَلّمُواالعِلْمَ وَتَعَلّمُوْا لِلْعِلْمِ السّكِيْنَةَ وَالْوَقَا رَ وَتَوَاضَعُوْا لِمَنْ تَتَعَلّمُوانَ مِنْهُ

Artinya : Belajarlah kalian ilmu untuk ketentraman dan ketenangan serta rendah hatilah pada orang yang kamu belajar darinya. (HR. Tabrani)

Pendidikan Karakter Melalui Rasa Hormat Kepada Sesama Manusia

Selain sikap rendah hati, kita juga harus menghormati guru yang telah mengajarkan kita sampai menjadi manusia yang berilmu sebagai bentuk pendidikan karakter. Dalam hadits berikut ini, dijelaskan bahwa,

تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ)


Artinya : Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu. (HR. Tabrani)

Doa Rasulullah SAW Bagi Orang yang Menuntut Ilmu

Rasulullah SAW pun mendoakan orang yang menuntut ilmu sebagaimana yang dikatakan dalam hadits di bawah ini.

عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ نَضَّرَ اللَّهُ امْرَأً سَمِعَ مِنَّا حَدِيثًا فَحَفِظَهُ حَتَّى يُبَلِّغَهُ فَرُبَّ حَامِلِ فِقْهٍ إِلَى مَنْ هُوَ أَفْقَهُ مِنْهُ وَرُبَّ حَامِلِ فِقْهٍ لَيْسَ بِفَقِيهٍ

Artinya : Dari Zaid bin Tsabit ia berkata, Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Semoga Allah memperindah orang yang mendengar hadits dariku lalu menghafal dan menyampaikannya  kepada orang lain, berapa banyak orang menyampaikan ilmu kepada orang yang lebih berilmu, dan berapa banyak pembawa ilmu yang tidak berilmu." (HR. Abu Dawud)

Baca Juga : Yuk ketahui ciri-ciri hadits Shahih, Hasan dan Dhaif

Penutup

Itulah beberapa hadits yang menyampaikan tentang perkara menuntut ilmu. Kita bisa melihat bahwa menuntut ilmu merupakan suatu amalan yang sangat luar biasa serta banyak manfaat yang akan didapat bagi seseorang yang menuntut ilmu. Semoga pembahasan kali ini dapat meningkatkan semangat kita untuk terus menuntut ilmu sampai akhir hayat. Aamiin. 10, 20 hadits tentang keutamaan, kewajiban menuntut ilmu arab, latin dan artinya, memudahkan jalan ke surga, lengkap dengan sanad matan dan rawi, tidak memandang usia.udah 

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Kumpulan Hadits Tentang Kewajiban Setiap Muslim Untuk Menuntut Ilmu "