Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Dengan Puasa Senin Kamis: Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya

Daftar Isi [show]

Diet Puasa Senin Kamis
Dhiragama.com - Puasa senin kamis merupakan puasa sunnah yang hanya dilakukan pada hari senin dan kamis. Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk melakukan puasa senin kamis. Mengapa demikian? Karena hari senin dan kamis merupakan hari dimana amal manusia dilaporkan kepada Allah SWT. 

Terdapat sebuah hadits yang menjelaskan tentang puasa senin kamis. Dalam haidts yang bersumber dari Usamah bin Zaid bahwa Rasulullah SAW bersabda,

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ أَىُّ يَوْمَيْنِ . قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya : Aku berkata pada Rasullah SAW, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.”

Rasulullah SAW bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. an-Nasai)

Puasa senin kamis memiliki banyak sekali manfaat, mau tahu apa saja manfaat yang dapat dirasakan ketika menjalankan puasa senin kamis? Bagaimana tata cara puasa senin kamis dan bagaimana bacaan niatnya yang benar? Jawabannya ada dipembahasan berikut ini. Selamat membaca.

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Bacaan Niat Puasa Senin

Berikut ini adalah bacaan niat puasa hari senin disertai dengan arab, latin dan terjemahannya.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah Taala

Baca Juga : Yuk kenala dengan puasa sunnah Daud!

Bacaan Niat Puasa Kamis

Berikut ini adalah bacaan niat puasa hari kamis disertai dengan arab, latin dan terjemahannya.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma yaumal khamiisi sunnatan lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah Taala

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Berikut ini adalah doa berbuka puasa senin kamis disertai dengan arab, latin dan terjemahannya.

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Allahumma laka shumtu wa'ala rizqika afthortu dzahaba-dh-dhama'u wabtalatil 'uruqu wa tsabatal ujru insya-Allah ta'ala.

Artinya : Ya Allah, untuk-Mu lah aku berpuasa, atas rezeki-Mu lah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insya Allah.

Tata Cara Puasa Senin Kamis

1. Membaca Niat

Sangat baik apabila semua kegiatan yang kita lakukan diawali dengan niat. Termasuk adalah berniat sebelum berpuasa senin kamis. Niat sendiri memiliki pengertian tersirat yaitu dapat menguatkan kita dalam melakukan kegiatan apapun yang positif dan dapat memasrahkan diri kepada Allah SWT. Terdapat dua niat puasa senin kami, yakni niat untuk berpuasa dihari senin dan niat untuk berpuasa dihari kamis. Niata puasa senin kamis dapat dilihat pada pembasahan pertama artikel ini.

2. Sahur

Sebelum memulai berpuasa biasanya kita melakukan makan sahur. Makan sahur merupakan kegiatan sunnah yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala dan keberkahan. Tetapi apabila kita tidak melakukannya puasa tetap terhitung sah.

3. Menahan diri dari segala yang dapat membatalkan puasa

Apabila kita melakukan hal-hal berikut dapat membatalkan puasa yang sedang kita kerjakan.

1. Memasukkan sesuatu kedalam lubang tubuh secara disengaja

2. Memasukkan suatu benda kedalam salah satu 'jalan'

3. Muntah secara disengaja

Baca Juga : Tata cara dan doa-doa Umrah yang enar

4. Melakukan hubungan inti secara disengaja

5. Keluarnya mani (sperma)

6. Haid atau Menstruasi

7. Nifas

8. Junun (gila)

9. Murtad atau keluar dari agama Islam

4. Berbuka Puasa

Tata cara terakhir yang dilakukan ketika melakukan puasa adalah berbuka. Berbuka puasa dilakukan ketika matahari tenggelam atau ketika adzan Maghrib berkumandang. 

Keutamaan Melaksanakan Puasa Senin Kamis

1. Menjadi benteng bagi diri sendiri

Keutamaan puasa senin kamis yang pertama adalah dapat membentengi diri dari segala hal-hal yang dapat menjerumuskan diri kedalam perbuatan yang tidak disenangi Allah SWT. Selain itu berpuasa juga dapat meningkatkan kesabaran diri dan dapat perisai diri dari segala hawa nafsu serta godaan setan.

2. Melatih kedisiplinan diri

Manfaat puasa senin kamis yang kedua adalah dapat melatih kedisiplinan diri. Mengapa demikian? Karena dengan berpuasa senin kamis atau puasa lainnya, kita akan menjadi lebih disiplin dalam hal beribadah seperti shalat tepat pada waktunya, selalu beramal baik, membaca Al-Qur'an, dan lebih banyak mengingat Allah SWT melalui dzikir.

3. Menurunkan berat badan

Bagi beberapa orang puasa senin kamis menjadi langkah awal untuk melakukan diet. Mengapa berpuasa dapat menurunkan berat badan? karena pada saat berpuasa metabolisme dalam tubuh bekerja dengan maksimal, hal tersebut dikarenakan tubuh tidak menerima asupan apapun selama 12 jam. Sumber energi tubuh adalah glukosa, namun saat glukosa didalam tubuh habis maka lemak yang akan menggantikan peran glukosa sebagai sumber energi. Dengan kata lain berpuasa dapat membakar lemak yang ada didalam tubuh, maka dari itu banyak orang yang melakukan diet dengan puasa senin kamis.

Baca Juga : Bingung karena memiliki berbagai pilihan keputusan? Sudah saatnya shalat Istikharah!

4. Meningkatkan kesehatan jasmani serta rohani

Selain dapat meningatkan kecerdasan emosinal, berpuasa senin kamis juga dapat meningkatkan kecerdasan spiritual salah satunya adalah ketenangan diri saat berpuasa.

Penutup

Puasa senin kamis merupakan puasa sunnah yang hanya dilakukan pada hari senin dan kamis. Nabi SAW sangat menganjurkan kita untuk berpuasa senin kamis. Diet, niat, manfaat, mukjizat, waktu, doa berbuka puasa senin kamis.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Diet Dengan Puasa Senin Kamis: Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya"