Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Dalil dan Hadits Menjaga Kebersihan Lingkungan

Daftar Isi [show]

Dalil dan Hadits Menjaga Kebersihan Lingkungan
Dhiragama.com - Dasar hukum agama Islam berasal dari Al-Quran dan Hadits. Salah satunya adalah perintah untuk menjaga kebersihan. Bahkan Islam mengatakan bahwa "Kebersihan sebagian dari Iman". Ketika kita menjaga kebersihan, kita juga dapat menjaga kesehatan, karena dengan menjaga kebersihan kita dapat terhindar dari banyaknya sumber-sumber penyakit.

Lalu surah apa saja yang ayat-ayatnya tertulis perintah untuk menjaga kebersihan lingkungan? Dan hadits-hadits apa saja yang juga menjelaskan tentang menjaga kebersihan lingkungan? Yuk kita simak pembahasan dibawah ini. Selamat membaca!

Dalil Al-Quran Tentang Menjaga Kebersihan Lingkungan

Didalam Al-Qur'an terdapat beberapa ayat yang menjelaskan tentang pentingnya dan keutamaan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, beberapa diantaranya yaitu seperti tertulis dibawah ini.

Surah Al-Baqarah ayat 222

Dalam surah Al-Baqarah ayat 222 dijelaskan bahwa Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang menjaga kebersihan karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. 

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Wa yas-aluunaka 'anil-mahiidh. Qul huwa adzan, fa'tazilun-nisaa-a fil mahiidh. Wa-laa taqrabuu hunna hattaa yath-haruun. faidzaa tathahharna fa-tuu hunna min haitsu amarakumullahu, innallaha yuhibbut-tawwabiina wa yuhibbul mutathahhiriin

Baca Juga : Kumpulan dalil dan hadits tentang pentingnya menjaga lisan 

Artinya : Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri. (QS. Al-Baqarah : 222)

Surah Al-Ma'idah ayat 6

Ayat ini menjelaskan bagaimana cara menyucikan diri dengan ekstra, terlebih lagi ketika ingin menunaikan shalat. 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Yaa-ayyuhal-ladzziina aamanuu idzaa qumtum ilash-shalaati faghsiluu wujuu hakum wa aidiyakum ilal maraafiqi wamsahuu biru-uusikum wa-arjulakum ilal-ka'bayni. Wa-in kuntum junuban fath-thah-haruu, wa-in kuntum-mardhaa au 'alasafarin au-jaa-a ahadum-minkum-minal ghaaithi au-laamastumun-nisaaa-a falam tajidu maa-an fatayam-mamuu sha'iidan thayyiban famsahuu biwujuuhikum wa-aydiyakum-minhi, maa yuriidullahu liyaj'ala 'alaikum-min harajiw-walaa kiyyuriidu liyuthahhirakum wa-liyutimma ni'matahuu 'alaikum la'allakum tasykuruun.

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur (QS. Al-Ma'idah : 6)

Baca Juga : Yuk cari tahu bagaimana adab yang baik ketika sedang dikamar mandi

Surah Al-Anfal ayat 11

Ayat ini menjelaskan tentang nikmat yang telah Allah SWT berupa air dan hujan untuk dpat digunakan sebagai alat mensucikan diri.

اِذْ يُغَشِّيْكُمُ النُّعَاسَ اَمَنَةً مِّنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُمْ مِّنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً لِّيُطَهِّرَكُمْ بِهٖ وَيُذْهِبَ عَنْكُمْ رِجْزَ الشَّيْطٰنِ وَلِيَرْبِطَ عَلٰى قُلُوْبِكُمْ وَيُثَبِّتَ بِهِ الْاَقْدَامَۗ

Idz yughasy-syiikumun-nu'aasa amanatam-minhu wayunazzilu 'alaikum-minas-samaa-i maa-al-liyuthahhirakum bihii wa yudzhiba 'ankum rijzasy-syaythaani waluyarbitha 'alaa quluubikum wayutsab-bita bihil-aqdaam

Surah Maryam ayat 13

Pada surah Maryam ayat 13 memiliki makna bahwa orang yang menjaga kebersihannya, termasuk kedalam orang-orang yang bertakwa.

وَّحَنَانًا مِّنْ لَّدُنَّا وَزَكٰوةً ۗ وَكَانَ تَقِيًّا

Wahanaa nam-mil-ladunnaa wa-zakaah. Wa kaana taqiyyaa

Artinya : Dan (Kami jadikan) rasa kasih sayang (kepada sesama) dari Kami dan bersih (dari dosa). Dan dia pun seorang yang bertakwa (QS. Maryam : 13)

Hadits Tentang Menjaga Kebersihan Lingkungan

Selain dalil-dalil didalam Al-Quran, penjelasan mengenai menjaga kebersihan lingkungan juga terdapat didalam hadits-hadits Nabi SAW. Berikut ini adalah beberapa hadits yang membahas tentang menjaga kebersihan lingkungan.

Hadits Riwayat Tirmidzi

Hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi ini menegaskan dalil dari surah Al-Baqarah ayat 222 yang menyebutkan bahwa Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang menjaga kebersihan.

عَنْ سَعْدِبْنِ اَبِى وَقَّاصٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيْفٌ يُحِبُّالنَّظَافَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌيُحِبُّالْجَوَادَفَنَظِّفُوْااَفْنَيْتَكُمْ

Artinya : Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (dan) menyukai kebaikan, bersih (dan) menyukai kebersihan, mulia (dan) menyukai kemuliaan, bagus (dan) menyukai kebagusan. Oleh sebab itu, bersihkanlah lingkunganmu (HR. Tirmidzi)

Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim

Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim ini menjelaskan perkara-perkara fitrah dalam Islam. Perkara-perkara fitrah tersebut dapat kita simak dalam hadist berikut.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « الْفِطْرَةُ خَمْسٌ – أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ – الْخِتَانُ وَالاِسْتِحْدَادُ وَتَقْلِيمُ الأَظْفَارِ وَنَتْفُ الإِبْطِ وَقَصُّ الشَّارِبِ»

Artinya : Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Fitrah ada lima atau lima perkara dari fitrah; berkhitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan menipiskan kumis (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga : Yuk cari tahu bagaimana adab bertamu dan menerima tamu sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW

Hadits Riwayat Ahmad, Ibnu Majah, dan Abu Dawud

Pada hadits lainnya Rasulullah SAW bersabda tentang perintah membangun serta rajin membersihkan Masjid sebagai tempat ibadah.

وقد أمر النبي لنا ببناء المساجد في أماكن إقامتهموتنظيفها والاحتفاظ بها نظرا العطر

Artinya : Dari A’isyah RA berkata : Rasulullah SAW telah memerintahkan kepada kami untuk membangun masjid di tempat-tempat tinggal dan agar selalu dibersihkan serta diberi wangi-wangian (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Abu Dawud)

Hadits Riwayat at-Tirmizi

Hadits yang diriwayatkan oleh at-Tirmizi ini menjelaskan bahwasanya Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk bersuci sebelum beribadah.

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِفْتَاحُ الصَّلاةِ الطُّهُورُ

Artinya : Dari Abu Sa'id berkata, Rasulullah saw. Bersabda, “Kunci dari salat adalah bersuci (HR. at-Tirmizi)

Hadits Riwayat Baihaqi

Pada hadits berikut ini menjelaskan kembali kewajiban sebagai muslim untuk selalu menjaga kebersihan.

اَلْاِسْلَامُ نَطِـيْفٌ فَتَـنَطَفُوْا فَاِنَـهُ لايَدْخُلُ الْجَنَـةَ اِلانَطِيْفٌ

Artinya : Islam itu adalah bersih, maka jadilah kalian orang yang bersih. Sesungguhnya tidak masuk surga kecuali orang-orang yang bersih (HR. Baihaqi

Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan

Berikut ini adalah beberapa manfaat menjaga kebersihan lingkungan yang dapat secara langsung kita rasakan, diantaranya yaitu:

1. Udara terasa lebih sejuk

2. Dapat terhindar dari berbagai macam penyakit

3. Dapat terhindari dari stress

4. Membuat diri menjadi lebih produktif

5. Tidur menjadi lebih lelap dan nyenyak

6. Hidup menjadi lebih teratur

Baca Juga : Tahukan kamu bahwa senyum dapat menjadi sebuah sedekah? Yuk simak pembahasannya disini

Penutup

Sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan karena Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang selalu menjaga kebersihan dan kebersihan dinilai sebagai sebagian dari iman. doa, dalil, hadits pendek tentang kebersihan dan artinya, arab, latin, diriwayatkan oleh.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Inilah Dalil dan Hadits Menjaga Kebersihan Lingkungan"