Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Masuk Masjid Lengkap Dengan Doa Keluar Masjid

Daftar Isi [show]

Doa Masuk Masjid Lengkap

Dhiragama.com - Pada kesempatan lalu, kita sudah membahas bagaimana doa ketika masuk dan keluar rumah serta bagaimana adabnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana doa masuk Masjid lengkap dengan doa keluar Masjid dan disertai dengan bagaimana adab-adab ketika berada di Masjid. Sebelum masuk pembahasan, yuk kita ketahui terlebih dahulu tentang apa itu Masjid dan apa saja manfaatnya.

Berasal dari kata Sajada yang berarti tempat bersujud. Masjidan (kata benda dari Sajada) atau Masjid merupakan sebuah bangunan yang menjadi tempat beribadah bagi umat Muslim. Namun tak hanya sebagai tempat beribadah Masjid juga memiliki fungsi-fungsi lainnya, salah satunya adalah membangun karakter dan kebudayaan Islam serta mewujudkan ketertiban dan kesejahteraan sosial melalui kajian-kajian yang diadakan di Masjid.

Namun, apakah kita sudah mulai menerapkan untuk membaca doa ketika memasuki Masjid dan ketika keluar dari Masjid? Sudahkah kita menjaga etika ketika berada didalam Masjid? Serta tahukah kamu jika ada sebuah doa yang dapat dibaca ketika dalam perjalanan menuju Masjid? Untuk lebih lengkapnya yuk simak pembahasan dibawah ini.

Bacaan Doa Berangkat Ke Masjid

Berikut ini adalah doa yang disunnahkan untuk dibaca ketika berangkat ke Masjid disertai dengan tulisan Arab, latin dan terjemahannya.

مَنْ قَالَ إِذَا خَرَجَ إِلَى الْمَسْجِدِ اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِحَقِّ السَّائِلِيْنَ عَلَيْكَ وَبِحَقِّ مَمْشَايَ هٰذَا فَإِنِّيْ لَمْ أَخْرُجْ أَشَرًا وَلَا بَطَرًا وَلَا رِيَاءً وَلَا سُمْعَةً، خَرَجْتُ اتِّقَاءَ سَخَطِكَ وَابْتِغَاءَ مَرْضَاتِكَ، فَأَسْأَلُكَ أَنْ تُنْقِذَنِيْ مِنَ النَّارِ وَتَغْفِرَ لِيْ ذُنُوْبِيْ إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ، أَقْبَلَ اللهُ عَلَيْهِ بِوَجْهِهِ  وَاسْتَغْفَرَ لَهُ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ

Artinya : Barangsiapa yang keluar dari rumah untuk melakukan shalat di masjid kemudian ia berdoa yang artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan wasilah orang-orang yang saleh yang berdoa kepada-Mu (baik yang masih hidup atau yang sudah meninggal) dan dengan wasilah langkah-langkahku ketika berjalan ini, sesungguhnya aku keluar rumah bukan untuk menunjukkan sikap angkuh dan sombong, juga bukan karena riya’ dan sum’ah, aku keluar rumah  untuk menjauhi murka-Mu dan mencari ridla-Mu, maka aku memohon kepada-Mu agar Engkau menyelamatkanku dari api neraka dan mengampuni dosa-dosaku, sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau,” orang yang membaca doa ini ketika menuju masjid, maka Allah akan meridlainya dan tujuh puluh ribu malaikat memohonkan ampun untuknya. (HR. Imam Ahmad)

Baca Juga : Baca doa ini ketika hendak masuk atau keluar rumah

Bacaan Doa Masuk Masjid Singkat

Berikut ini adalah doa masuk Masjid singkat disertai dengan Arab, latin dan terjamahannya.

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaf tahlii abwaaba rahmatika

Artinya : Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat Mu

Bacaan Doa Masuk Masjid Lengkap

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

A’uudzu billaahil ‘azhiim wa biwajhihil kariim wa sulthaanihil qadiim minas syaithaanir rajiim. Bismillaahi wal hamdulillaah. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Allaahummaghfirli dzunuubii waftahlii abwaaba rahmatik.

Artinya : Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terkutuk. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Ya Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Nabi Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Nabi Muhammad. Ya Tuhanku, ampuni segala dosaku. Bukalah bagiku beberapa pintu rahmat Mu

Bacaan Doa Keluar Masjid

 اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allaahumma inni asaluka min fadhlika

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari Mu

Adab Ketika Hendak dan Berada Didalam Masjid Sesuai Dengan Sunnah Nabi Muhammad SAW

1. Memakai pakaian yang bersih serta rapih ketika hendak pergi ke Masjid

Adab pertama adalah mengenakan pakaian terbaik, terbaik disini berartikan bersih dan rapih. Masjid merupakan tempat beribadah, jadi sudah sepantasnya kita memakai pakaian rapih dan bersih ketika ingin beribadah.

2. Meniatkan diri datang ke Masjid dengan penuh keikhlasan

Semua yang kita lakukan berawal dari sebuah niat didalam diri. Namun ada kalanya ketika sudah berniat dengan ikhlas, hati dibisiki oleh setan agar niat tersebut berubah tujuan atau menjadi tidak ikhlas.

Tetapi apabila pergi ke Masjid sangat baik jika kita memiliki niat yang ikhlas sepenuh hati dan tidak memiliki tujuan lainnya. Mengapa demikian? Karena niat pergi ke Masjid sudah termasuk sebagai niat yang sangat baik.

3. Bagi wanita yang ingin pergi ke Masjid, terlebih dahulu diwajibkan untuk berpamitan dan meminta izin kepada suami atau mahramnya dan makai pakaian yang mentup aurat, tidak menggunakan perhiasan dan juga wangi-wangian

Baca Juga : Yuk baca doa ini agar si kecil tumbuh menjadi anak yang rajin dan pintar

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad. Rasulullah SAW bersabda,

Sebaik-baik Masjid bagi kaum perempuan adalah rumah mereka. (HR. Ahmad)

Namun apabila kita sebagai perempuan ingin pergi ke Masjid diperbolehkan dengan syarat harus berpamitan terlebih dahulu dengan suami ataupun mahram kita dan suami ataupun mahram kita harus mengizinkannya. Hal tersebut tertulis dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda,

Apabila para wanita kalian meminta izin pergi ke Masjid, berilah mereka izin. (HR. Ahmad, al-Bukhari, Muslim)

Jika sudah diberikan izin, syarat lainnya adalah wanita yang hendak pergi ke Masjid sangat diharuskan untuk berpakaian sopan dan menutup aurat, tidak menggunakan perhiasan dan juga wewangian.

4. Membaca doa berangkat ke Masjid

Adab ketika menuju ke Masjid yang keempat adalah membaca doa berangkat ke Masjid. Doa tersebut seperti yang sudah tertulis diatas.

5. Berjalan menuju Masjid dengan tenang dan sopan

Adab yang selanjutnya adalah hendaknya kita berjalan menuju Masjid dengan tidak tergesa-gesa.

6. Bergegas menuju Masjid ketika Adzan sudah berkumandang

Terkadang tidak sedikit dari kita yang sering sekali mengulur waktu ketika hendak pergi ke Masjid, apalagi disaat ibadah-ibadah tertentu yang terdapat sesi khutbah, seperti shalat Jum'at. Sering sekali kita berangkat ke Masjid menunggu khutbah selesai. Tetapi adab yang disunnahkan adalah ketika Adzan berkumandang, kita dianjurkan untuk segera pergi ke Masjid. Hal tersebut dimaksudkan agar kita berjalan menuju Masjid tidak tergesa-gesa.

7. Membaca doa masuk ke Masjid

Adab ketika berada di Masjid yang ketujuh adalah membaca doa masuk kedalam Masjid. Doa tersebut seperti yang sudah tertulis diatas.

8. Melangkah masuk ke Masjid dengan mendahulukan kaki kanan dan keluar dengan mendahulukan kaki kiri

Hendaknya kita selalu mendahulukan kaki kanan ketika memasuki tempat-tempat yang baik seperti Masjid.

9. Dianjurkan untuk berdzikir dan berdoa ketika menunggu dimulainya shalat

Tidak sedikit orang-orang yang berada di Masjid berbincang ketika menunggu dimulainya Salat. Tetapi tahukah kita, ada hal lebih baik yang dapat dikerjakan ketika menunggu dimulainya Solat, yakni berdzikir dan berdoa.

10. Menjaga sikap ketika didalam Masjid

Selanjutnya kita diharuskan untuk menjaga sikap ketika berada didalam Masjid dan bai yang membawa anak-anak hendaknya untuk selalu menjaganya. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak mengganggu ibadah orang-orang yang berada di Masjid.

Baca Juga : Sulit moveon dari si dia? Coba baca doa ini setiap hari

11. Jika terdapat khutbah shalat, hendaknya menyimak dengan baik

Manfaat ketika kita bergegas pergi ke Masjid saat Adzan berkumandang adalah kita dapat mendengarkan khutbah. Tujuannya adalah agar kita dapat mengambil ilmu-ilmu dan pelajaran yang disampaikan Khotib didalam khutbahnya.

12. Diperbolehkan untuk tidur didalam Masjid, apabila seorang musafir dan seseorang yang tidak memiliki tempat untuk bermalam

Pernah melihat tulisan peringatan yang ditempel di pilar Masjid? Tulisan yang tertulis di peringatan tersebut biasanya adalah larangan untuk tidur didalam Masjid. Tetapi ada beberapa orang yang diperbolehkan untuk tidur di Masjid, mereka adalah musafir dan orang-orang yang tidak memiliki tempat untuk bermalam.

13. Membaca doa keluar dari Masjid

Adab yang selanjutnya adalah membaca doa ketika keluar Masjid. Doa tersebut seperti yang sudah tertulis diatas.

Penutup

Masjid adalah sebuah bangunan yang menjadi tempat beribadah bagi umat Muslim. Selain sebagai tempat ibadah umat Muslim, Masjid juga memiliki peran penting dalam membentuk karakter umat melalui kajian-kajian yang diadakan di Masjid. Doa masuk masjid lengkap, yang panjang, arab, keluar masjid sesuai sunnah, latin. 
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Doa Masuk Masjid Lengkap Dengan Doa Keluar Masjid"