Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puasa Tarwiyah : Pengertian, Hukum, dan Waktu Pelaksanaan

Daftar Isi [show]

Dhiragama.com - Pernah dengar puasa Tarwiyah? Mungkin sebagian muslim sudah pernah bahkan melaksanakannya. Puasa Tarwiyah ini biasanya dikerjakan ketika hari ke 8 bulan Dzulhijjah. Tetapi tahukah kamu bagaimana penjelasan lebih lanjut tentang puasa Tarwiyah ini? Dan bagaimana bacaan niat puasa Tarwiyah ini?

Yuk kita cari tahu lebih lengkap tentang puasa Tarwiyah melalui pembahasan dibawah ini. Semoga setelah kita membaca pembahasan dibawah ini, kita akan semakin paham mengenai apa itu puasa Tarawiyah. Amiin Ya Rabbal'alamiin.

Puasa Tarwiyah : Pengertian, Waktu Pelaksanaan, Hukum

Puasa Tarawiyah adalah puasa yang dikerjakan sehari sebeleum hari wukuf atau pada hari ke 8 bulan Dzulhijjah. Selain niat, waktu pelaksanaan inilah yang membedakan puasa Tarawiyah dengan puasa sunnah pada umumnya. Puasa Tarwiyah hukumnya sunnah dan termasuk kedalam puasa sunnah yang dikerjakan sepuluh hari menjelang Idul Adha.

Baca Juga : Tata cara dan penjelasan lengkap tentang Shalat Tahiyatul Masjid

Niat Puasa Tarwiyah

Berikut ini adalah niat puasa Tarwiyah dalam bahasa arab, latin, dan terjemahannya.

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta'aalaa

Artinya : Saya berniat puasa sunah Tarwiyah karena Allah ta'aalaa

Keutamaan Puasa Tarwiyah

Ada sebuah hadits yang didalamnya terkandung makna keutamaan puasa Tarwiyah. Hadits tersebut adalah sebagai berikut.

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية

Artinya : Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas. (HR. Muslim)

Dalam hadits berikut disebutkan bahwa salah satu keutamaan puasa Tarwiyah adalah puasa tarwiyah dapat menghapuskan dosa satu tahun, sedangkan keutamaan puasa Arafah adalah dapat menghapuskan dosa dua tahun.

Namun perlu kita ketahui, hadits tersebut masih tergolong hadits yang kurang kuat riwayatnya (Dha'if). Tetapi para ulama sepakat memperbolehkan melaksanakan puasa Tarwiyah ini dengan landasan fadla'ilul a'mal atau untuk memperoleh keutamaannya. 

Baca Juga : Yuk diet dengan puasa Senin Kamis. Begini caranya!

Tata Cara Puasa Tarwiyah

Pada dasarnya tata cara puasa Tarwiyah sama dengan puasa-puasa lainnya yaitu melakukan makan sahur sebelum waktu subuh, melaksanakan puasa dimulai dari waktu subuh hingga waktu tenggelamnya matahari atau pada saat adzan Maghrib, namun yang  membedakan hanyalah waktu dan hukum pelaksanaannya. 

Penutup

Puasa Tarawiyah merupakan puasa yang dikerjakan sehari sebeleum hari wukuf atau pada hari ke 8 bulan Dzulhijjah dan hukumnya adalah sunnah. Niat, dalil, hadits,  keutamaan, tata cara, hukum, waktu pelaksanaan puasa tarwiyah.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Puasa Tarwiyah : Pengertian, Hukum, dan Waktu Pelaksanaan"