Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Sahabat Nabi SAW yang Menginpirasi : Jenazahnya Utuh Karena Rajin Berpuasa

Daftar Isi [show]

Kisah Abu Thalhah : Jenazahnya Utuh Karena Rajin Berpuasa
Dhiragama.com - Salah satu sahabat Rasulullah SAW yang sangat menginspirasi adalah kisah Abu Thalhah. Abu Thalhah adalah salah satu sahabat Nabi SAW yang sangat rajin berpuasa dan memiliki kebiasaan berjihad menegakkan agama Allah SWT. Bahkan setiap hari Abu Thalhah selalu berpuasa, kecuali dihari-hari yang diharamkan untuk berpuasa.

Kehidupan Abu Thalhah

Dalam sebuah riwayat, diceritakan bahwa Abu Thalhah masih hidup hingga 20 tahun setelah meninggalnya Rasulullah SAW. Namun Abu Thalhah tidak pernah lalai dalam menegakkan agama Allah SWT walaupun fisiknya sudah sangat tua.

Kegigihan Abu Thalhah Menegakkan Agama Allah SWT

Salah satu bukti kegigihan Abu Thalhah dalam menegakkan dan memuliakan agama Allah SWT adalah ketika pada masa Ustman bin Affan menjadi Khalifah. Saat itu pasukan muslimin berniat untuk berperang di lautan dan Abu Thalhah bersiap-siap untuk berangkat bersama kaum muslimin lainnya untuk mengikut perang tersebut.

Melihat ayahnya sedang bersiap-siap, anak-anak Abu Thalhah bertanya "Semoga Allah merahmatimu wahai Ayah. Ayah sekarang sudah tua sekali dan sudah berjuang bersama Rasulullah, Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Tetapi kenapa Ayah sekarang tidak istirahat saja dan biarkan kami yang berjihad?"

"Allah SWT berfirman berangkatlah dalam keadaan ringan maupun berat. Allah SWT sudah memerintahkan kita semua baik tua maupun muda untuk berangkat. Dan Dia tidak pernah memberikan batasan umur" Jawab Abu Thalhah yang kemudian keluar rumah untuk berangkat berjihad.

Waktu Terakhir Abu Thalhah

Ketika Abu Thalhah berada diatas kapal untuk berperang, ia jatuh sakit hingga membuatnya wafat. Pasukan Muslim yang saat itu ikut berperang mencoba mencari sebuah pulau untuk menguburkan jasad Abu Thalhah. Akan tetapi mereka tidak juga menemukan satu pulaupun, hingga pada saat hari ke 7 diatas lautan.

Selama itu, kaum Muslimin yang ikut berperang hanya menutupi jasad Abu Thalhah. Tetapi jasad milik Abu Thalhah tidak berubah sedikitpun hingga hari dimana ia akan dikuburkan. Jasadnya tetap terlihat seperti Abu Thalhah hanya sedang tertidur. Sungguh besar kuasa Allah SWT kepada orang-orang yang rajin beribadah.

Penutup

Semoga kisah Abu Thalhah diatas dapat menginpirasi dan membangkitkan semangat kita untuk selalu beribadah kepada Allah SWT. Aamiin ya Rabbal 'Alamiin. Kisah inspiratif, keteladanan sahabat Nabi yang menginspirasi, jarang diketahui, mengagumkan, mengharukan, ringkasanan, hikmah kisah Abu Thalhah.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Kisah Sahabat Nabi SAW yang Menginpirasi : Jenazahnya Utuh Karena Rajin Berpuasa"