Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Idgham Mutaqarribain : Pengertian dan Cara Baca Disertai Contoh

Daftar Isi [show]

Huruf dan Contoh Idgham Mutaqarribain
Dhiragama.com - Hukum tajwid merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengucapkan huruf hijaiyah yang benar dan setiap muslim wajib hukumnya mempelajari hukum tajwid. Mengapa demikian? Karena hukum tajwid ini sangat berguna ketika kita membaca Al-Qur'an. 

Salah satu hukum tajwid yang jarang diketahui namanya oleh kita adalah Idgham Mutaqarribain. Idgham Mutaqarribain ini jarang sekali ditemukan didalam Al-Qur'an. Pelafalan Idgham Mutaqarribain juga terkesan sangat unik, karena huruf yang sukun merupakan huruf-huruf yang tidak biasanya kita temui menjadi huruf mati.

Lalu apa saja huruf-hurufnya? Bagaimana cara membacanya? Dan seperti apa contoh-contohnya? Yuk simak pembahasan dibawah ini. Selamat membaca.

Pengertian Idgham Mutaqarribain

Idgham Mutaqarribain  merupakan hukum tajwid dimana Tsa sukun bertemu dengan Dzal, Qaf sukun bertemu dengan kaf, Ba sukun bertemu dengan Mim.

ثْ  ذ 

قْ ⟵ ك

بْ ⟵ م

Baca Juga : Penjelasan dan contoh-contoh lengkap Idgham Mutajanisain

Cara Membaca Idgham Mutaqarribain

يَلْهَثْ ذٰلِكَ : Yalhatsu-dzalika

اَلَمْ نَخْلُقْكُمْ : Alam nakhluq-kum

يٰبُنَيَّ اَرْكَبْ مَعَنَا : Yaabunayya arkab-ma'anaa

Contoh Bacaan Idgham Mutaqarribain

QS. Al-A'raf ayat 176

وَلَوْ شِئْنَا لَرَفَعْنٰهُ بِهَا وَلٰكِنَّهٗٓ اَخْلَدَ اِلَى الْاَرْضِ وَاتَّبَعَ هَوٰىهُۚ فَمَثَلُهٗ كَمَثَلِ الْكَلْبِۚ اِنْ تَحْمِلْ عَلَيْهِ يَلْهَثْ اَوْ تَتْرُكْهُ يَلْهَثْۗ ذٰلِكَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِيْنَ كَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَاۚ فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُوْنَ

QS. Al-Mursalat ayat 20

اَلَمْ نَخْلُقْكُّمْ مِّنْ مَّاۤءٍ مَّهِيْنٍۙ

QS. Hud ayat 42

وَهِيَ تَجْرِيْ بِهِمْ فِيْ مَوْجٍ كَالْجِبَالِۗ وَنَادٰى نُوْحُ ِۨابْنَهٗ وَكَانَ فِيْ مَعْزِلٍ يّٰبُنَيَّ ارْكَبْ مَّعَنَا وَلَا تَكُنْ مَّعَ الْكٰفِرِيْنَ

Baca Juga : Lengkap! 30+ contoh Idgham Mutamatsilain didalam Al-Qur'an

Penutup

Idgham Mutaqarribain adalah hukum tajwid dimana Tsa sukun bertemu Dzal, Qaf sukun bertemu kaf, Ba sukun bertemu Mim. 3 contoh, huruf-huruf idgham mutaqarribain, tsa bertemu dza, dalam surah.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Idgham Mutaqarribain : Pengertian dan Cara Baca Disertai Contoh"