Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Ketika Rindu Seseorang Lengkap Dengan Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahan

Daftar Isi [show]

Doa Ketika Rindu Seseorang
Dhiragama.com - Ketika kita menyayangi seseorang, kita akan merasakan kerinduan yang mendalam apabila berada jauh dengan orang tersebut. Kerinduan tersebut terkadang membuat hati seperti tersiksa karena tidak kunjung terobati.

Tetapi tahukah kita, bahwa didalam Al-Qur'an terdapat beberapa ayat yang dapat dibaca sebagai doa ketika rindu seseorang. Ketika doa tersebut dibaca, hati kita akan menjadi lebih tenang dan tidak terasa gusar karena rasa kerinduan.

Jika kita sedang merasakan kerinduan yang teramat dalam, cobalah untuk membaca beberapa ayat dan surah dibawah ini dengan harapan kerinduan didalam hati kita dapat terobati. Lalu surah dan ayat apa saja yang dapat dibaca ketika hati sedang merindukan seseorang? Yuk simak pembahasannya dibawah ini. Selamat membaca! 

Qur'an Surah Al-Fatihah

Surah pertama yang dapat dibaca ketika merasakan kerinduan kepada seseorang yakni surah Al-Fatihah. Berikut ini adalah bacaan surah Al-Fatihah lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan terjemahan.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmaanirrahiim

Artinya : Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

Alhamdulillahi rabbil 'aalamiin

Artinya : Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ

Arrahmaanirrahiim

Artinya : Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ

Maaliki yaumiddiin

Artinya : Pemilik hari pembalasan.

Baca Juga : Lengkap! Inilah doa setelah Tahlil Yasin

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ

Iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin

Artinya : Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ

Ihdinashirratal mustaqim

Artinya : Tunjukilah kami jalan yang lurus,

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

Shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin

Artinya : (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Qur'an Surah Al-Baqarah Ayat 165

Ayat selanjutnya yang dapat dibaca untuk mengobati kerinduan didalam hati kepada seseorang adalah surah Al-Baqarah ayat 165 seperti dibawah ini.

يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ

Yuhibbunahum kahubillahi wallazina amanuu ashaddu hubbanlillah

Artinya : Mereka mencintainya (memuja dan mentaatinya) sebagaimana mereka mencintai Allah; sedang orang-orang yang beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah.

Qur'an Surah Ali Imran Ayat 14

Ayat selanjutnya yang dapat dibaca untuk mengobati perasaan rindu didalam hati adalah surah Ali Imran ayat 14.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَاۤءِ وَالْبَنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ

Zuyyinalinnasi hubbushahawati minannisa’i walbani na walqanaathiril muqanthorotiminazzahabi walfidhah

Artinya : Dihiasikan (dan dijadikan indah) bagi manusia kesukaan kepada benda-benda yang diingini, yaitu perempuan-perempuan dan anak-anak; harta-benda yang banyak  dari emas dan perak.

Baca Juga : Baca doa ini ketika dan setelah hujan turun

Qur'an Surah Yusuf Ayat 4

Surah selanjurnya yang dibaca ketika merasakan kerinduan adalah doa yang dibaca oleh Nabi Yusuf AS ketika merindukan istrinya. Doa tersebut terdapat didalam surah Yusuf ayat 4.

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Idz Qaala Yuusufu Li Abiihi Yaa Abati Inni Ra Aitu Ahada’ Asyara Kaukabauw Wasy syamsa Wal Qamara Ra aituhum Lii Sajidin

Artinya : (Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku”

Qur'an Surah Taha Ayat 39

Ayat terakhir yang dapat dibaca untuk mengobati kerinduan didalam hati adalah surah Taha ayat 39. Berikut ini adalah bacaan surah Taha ayat 39 dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan terjemahannya.

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ

Wa-alqaytu ‘alayka mahabbatan minnii walitushna’a’laa ‘ainii

Artinya : Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku.

Doa Ketika Rindu Kepada Orang Tua

Sebagai seorang anak, kita sering sekali merasakan kerinduan kepada orang tua ketika sedang jauh dari mereka. Ketika sedang merasakan kerinduan tersebut, tidak jarang akan membuat kita gusar hingga bersedih hati. Dalam Islam, terdapat doa yang dapat dibaca oleh kita untuk kedua orangtua kita. Doa tersebut seperti dibawah ini.

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Allahummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa

Artinya : Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil

Baca Juga : Baca doa ini agar rumah mengundang keberkahan dan rezeki berlimpah

Penutup

Itulah doa-doa yang ada di dalam Al-Qur'an yang dapat dibaca sebagai pengobat kerinduan kita kepada seseorang. Semoga setelah membaca ayat dan surah diatas, hati kita menjadi lebih tenang dan segala kerinduan dapat segera terobati. Aamiin ya Rabbal 'Alamiin. Doa, ayat rindu seseorang dan artinya, bahasa arab, latin.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Doa Ketika Rindu Seseorang Lengkap Dengan Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahan"