Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Ketika Turun Hujan : Arab, Latin, dan Terjemahannya

Daftar Isi [show]

Doa Ketika Turun Hujan

Dhiragama.com - Tidak terasa kita sudah memasuki musim penghujan. Banyak sekali daerah yang curah hujannya sangat tinggi bahkan bisa terjadi sepanjang hari. Bagi sebagian orang, musim hujan adalah musim yang paling disukai karena cuacanya yang teduh dan udara terasa tidak panas.

Rasulullah SAW telah menganjurkan untuk selalu berdoa ketika hujan turun. Doa tersebut sebagai lambang rasa syukur kita kepada Allah SWT karena sudah menurunkan hujan yang memiliki manfaat untuk kehidupan makhluk hidup, karena dengan adanya hujan, seluruh makhluk hidup yang ada dimuka bumi mendapatkan pasokan air bagi kehidupan mereka.

Lalu seperti apakah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca ketika hujan turun. Yuk simak pembahasannya pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

Doa Ketika Turun Hujan

Doa ketika hujan turun yang diajarkan Rasulullah SAW tertulis didalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Aisyah RA. Doa ini dapat dibaca ketika hujan mulai turun. Doanya adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban naafi'an

Artinya : Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat. (HR Bukhari dari Aisyah RA)

Baca Juga : Baca doa ini agar rumah selalu mengundang keberkahan dan rezeki

Doa Ketika Takut Akan Bahaya Hujan Lebat

Tidak jarang banyak sekali orang yang takut apabila hujan mulai lebat. Alasannya adalah takut apabila hujan lebat tersebut mendatangkan bahaya. Agar hati kita tenang ketika hujan lebat mengguyur, kita dianjurkan untuk membaca doa diatas dan doa berikut ini.

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari

Artinya : Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan. (HR Bukhari Muslim) 

Doa Setelah Hujan Turun

Doa yang terakhir adalah doa ketika hujan mulai reda. Tidak hanya doa ketika hujan turun, Rasulullah SAW juga mengajarkan kita untuk berdoa setelah hujan turun. Doa tersebut tertulis didalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari berikut ini.

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi

Artinya : Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya. (HR Bukhari)

Baca Juga : Baca doa ini agar usaha dan rezeki selalu lancar

Penutup

Rasulullah SAW selalu mengajarkan kita untuk mensyukuri segala nikmat yang diturunkan oleh Allah SWT, salah satunya adalah nikmat hujan. Hujan dapat memberikan pasokan air bagi makhluk yang hidup dimuka bumi. Maka dari itu Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk berdoa ketika hujan turun dan ketika hujan mulai reda sebagai lambang rasa syukur kita kepada Allah SWT. Doa turun hujan allahumma shoyyiban nafian, arab, latin, dan artinya, untuk anak tk, tanpa harakat.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Doa Ketika Turun Hujan : Arab, Latin, dan Terjemahannya"