Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Pagi Hari Sesuai Dengan yang Diajarkan Rasulullah SAW

Daftar Isi [show]

Doa Pagi Hari ala Rasulullah
Dhiragama.com - Selain doa bangun tidur, pada pagi hari kita juga dapat membaca doa-doa lainnya yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW setiap pagi. Doa-doa tersebut memiliki keutamanannya masing-masing, seperti doa memohon perlindungan dan berserah diri kepada Allah SWT.

Lantas bagaimanakah lafadz doa yang sering dibaca Rasulullah SAW setiap pagi? Simak pembahasannya selengkapnya pada artikel dibawah ini. Selamat membaca dan semoga kita dapat selalu mengamalkannya di setiap pagi!

Doa Berserah Diri Kepada Allah SWT

Doa pertama adalah doa berserah diri kepada Allah SWT. Doa ini terdapat didalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud, At-Tirmidzi dan juga Ibnu Majah. Berikut ini adalah lafadz arab, latin, dan terjemahan doa berserah diri kepada Allah SWT.

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allaahumma bika ashbahnaa, wa bika amsainaa, wa bika nahyā, wa bika namuutu, wa ilaikan nusyuuru

Artinya : “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Daud, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Baca Juga : Baca doa ini agar aura dapat selalu terpancar dan wajah menjadi bercahaya

Doa Memohon Perlindungan Kepada Allah SWT

Doa berikutnya adalah doa memohon perlindungan kepada Allah SWT dan berikut ini adalah lafadz arab, latin, dan terjemahannya.

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillaahi wal hamdu lillaahi, laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai‘in qadiir. Rabbi, as’aluka khaira maa fii haadzihil lailata wa khaira maa ba‘dahaa, wa a‘uudzu bika min syarri maa fii haadzihil lailata wa khaira mā ba‘dahaa. Rabbi, a‘uudzu bika minal kasli wa suu’il kibari. A‘uudzu bika min ‘adzaabin fin naari wa ‘adzaabin dil qabri.

Artinya : Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur.

Doa Pendek yang Dibaca Rasulullah SAW di Pagi Hari

Baca Juga : Yuk! Kiat terapkan adab-adab ini ketika berdoa

Selain doa-doa yang tertulis diatas, Rasulullah SAW juga mengajarkan kita agar senantiasa membaca doa pendek memohon perlindungan dari segala bentuk kejahatan makhluk hidup serta kejahatan nafsu dan godaan setan. Berikut adalah lafadz arab, katin, dan terjemahan dari doa-doa pendek tersebut

Doa Memohon Perlindungan dari Segala Bentuk Kejahatan dan Gangguan dari Siapapun

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A‘uudzu bi kalimaatillaahit taammaati min syarri maa khalaq

Artinya : “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya,” (HR Muslim)

Doa Memohon Perlindungan dari Hawa Nafsu dan Godaan Setan

اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَمَوَاتِ وَالأَرْضِ، عَالِمَ الغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ وَشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ

Allaahumma faathiras samawaati wal ardhi, ‘aalimal ghaibi was syahaadah, rabba kulli syai’in wa maliikah, asyhadi an laa ilaaha illaa anta. A‘uudzu bika min syarri nafsii wa syarris syathaani wa syirkihi

Baca Juga : Sedang rindu seseorang? Baca doa ini agar rasa rindu dapat terobati

Artinya : Tuhanku, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal yang ghaib dan nyata, tuhan dan penguasa segala sesuatu. Aku bersaksi tiada tuhan selain Kau. Aku berlindung kepada-Mua dari kejahatan nafsuku, kejahatan setan dan sekutunya (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Penutup

Sebagai seorang muslim, kita sangat dianjurkan untuk selalu berdoa ketika ingin melakukan kegiatan apapun. Bahkan Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk selalu membaca doa-doa dipagi hari untuk memohon perlindungan dari segala kejahatan yang ada dan juga doa berserah diri kepada Allah SWT. Doa pagi hari dan petang, sore, islami, sesuai sunnah, pembuka rezeki, ala Rasulullah, arab, latin, dan terjemahannya.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Doa Pagi Hari Sesuai Dengan yang Diajarkan Rasulullah SAW"