Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 6 Film Kartun Islami Favorit yang Siap Menemani Akhir Pekan Si Kecil

Daftar Isi [show]

Film Kartun Islami Favorit Anak
Dhiragama.com - Akhir pekan memanglah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dirumah. Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk menghabiskan akhir pekan bersama, salah satunya adalah dengan menyaksikan film keluarga.

Sebagai orang tua, kita juga harus mampu menyesuaikan film keluarga yang dipilih dengan usia-usia penikmatnya. Jika terdapat anak dibawah umur sebaiknya kita harus memilihkan film-film yang ramah untuk anak-anak dan terdapat banyak sekali hikmah serta pelajaran yang dapat diambil dari film tersebut.

Salah satu film yang dapat dinikmati semua kalangan usia saat sedang berkumpul bersama keluarga adalah film animasi atau film kartun yang bernuansa Islami. Selain dapat menghibur si kecil ketika menghabiskan akhir pekannya, si kecil juga dapat mengambil hikmah dan pembelajaran tentang nilai-nilai Islam yang ada didalam film animasi tersebut.

Lalu apa saja film animasi atau film kartun yang bernuansa Islami yang dapat menemani waktu luang si kecil? Yuk simak pembahasan kali ini tentang 6 film kartun Islami favorit yang siap menemani akhir pekan si kecil.

Nussa dan Rara

Nussa dan Rara
youtube.com/NussaOfficialSeries
Nussa dan Rara adalah film kartun favorit anak-anak yang pertama kali tayang melalui  platform Youtube. Film kartun ini merupakan salah satu animasi karya anak bangsa yang di produksi oleh The Little Giantz Production.

Animasi Nussa dan Rara ini bercerita tentang Nussa yang memiliki cita-cita menjadi seorang astronot dan juga hafidz Qur'an. Nussa juga digambarkan sebagai seorang anak laki-laki yang memiliki rasa ingin tahu sangat tinggi serta pengetahuan tentang agama Islam yang cukup luas hingga Nussa dijadikan sebagai panutan oleh sahabat serta adiknya yang bernama Rara.

Baca Juga : 5 Travel Haji dan Umrah terbaik di Indonesia

Toko Nussa sendiri memiliki bentuk fisik yang dibuat kurang sempurna, walau begitu The Little Giantz Production menggambarkan bahwa sosok Nussa juga merupakan anak laki-laki yang selalu bersyukur atas apapun yang telah Allah SWT karuniakan kepadanya. Penggambaran tersebut diharapkan dapat mengajak para penikmat animasi Nussa dan Rara untuk selalu bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah Allah SWT berikan.

Syamil dan Dodo

Syamil dan Dodo
youtube.com/SyamilDodo
Film kartun selanjutnya yang dapat menemani si kecil berakhir pekan adalah film Syamil dan Dodo. Tak hanya Nussa dan Rara, Syamil dan Dodo juga merupakan animasi karya anak bangsa yang di produksi oleh PT Rumah Animasi Indonesia rumah prduksi animasi yang telah berdiri sejak tahun 2003. 

Film kartun Syamil dan Dodo bercerita tentang persahabatan Syamil si anak baik dan pintar dengan Dodo yang digambarkan memiliki karakter jahil. Persahabatan keduanya menghasilkan sebuah cerita-cerita seru yang dapat mengajarkan si kecil apa arti silaturrahmi sesama muslim.

Selain alur ceritanya yang lucu dan sangat menarik, film kartun Syamil dan Dodo bahkan pernah masuk kedalam nominasi penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pada tahun 2014 untuk kategori program anak.

Omar dan Hana

Omar dan Hana
youtube.com/OmarHanaLaguKanakKanakIslam

Selanjutnya ada Omar dan Hana yang berasal dari negeri Jiran Malaysia. Omar dan Hana juga digambarkan sebagai kakak-adik yang memiliki rasa pengetahuan tinggi dan pengetahuan agama yang cukup luas. 

Omar dan Hana adalah mengajarkan para penikmat filmnya untuk selalu berbuat kebaikan, bersilaturrahmi, berbakti kepada yang lebih tua bahkan hingga mengajarkan tata cara ibadah dengan baik dan benar serta mengajarkan mengenal huruf-huruf Hijaiyah dan doa sehari-hari.

Baca Juga : Daftar tabungan syariah yang bebas dari biaya administrasi tahun 2021

Upin Ipin

Upin dan Ipin
youtube.com/lescopaque
Film kartun yang satu ini pasti sudah sangat dikenal oleh si kecil. Kisahnya yang mengundang gelak tawa sangat dapat dengan mudah memikat hati para penikmat film kartun yang berasal dari negeri Jiran Malaysia. Bahkan film kartun ini mampu memikat hati orang dewasa juga. Siapa lagi kalau bukan dua anak kembar comel, Upin Ipin.

Upin Ipin menceritakan tentang anak kembar yang merupakan seorang yatim piatu yang tinggal bersama Opah (nenek) dan juga Kakaknya yang bernama Kak Ros. Keduanya selalu memiliki kisah-kisah lucu dan menarik serta selalu ceria menjalani hari-harinya.

Selain itu, film Upin Ipin juga disisipkan nilai-nilai Islam didalamnya, seperti belajar berpuasa, membaca doa sebelum makan, berbakti kepada orang yang lebih tua, dan selalu berbuat baik kepada siapapun.

Adit dan Sopo Jarwo

Adit Sopo Jarwo
youtube.com/TheMDAnimation
Animasi berikutnya yang dapat menjadi teman si kecil berakhir pekan adalah film kartun Adit dan Sopo Jarwo. Film kartun ini mengisahkan toko Sopo dan Jarwo yang selalu mencari perkara dan membuat alur cerita film kartun ini menjadi seru. Tetapi ada tokoh utama bernama Adit yang digambarkan sebagai anak yang baik dan penyelemata serta menjadi pemecah permasalahan yang ada.

Film kartun Adit dan Sopo Jarwo ini juga melibatkan tokoh senior perfilman Indonesia, yakni Deddy Mizwar sebagai pengisi suara tokoh Pak Haji yang selalu bijaksana dan memberikan petuah baik kepada Sopo dan Jarwo.

Baca Juga : Fakta-fakta unik dan menarik dibalik Masjid terbesar di Indonesia 

Dalam animasi Adit dan Sopo Jarwo disisipkan nilai-nilai Islam sebagai pembelajaran kepada para penikmatnya, salah satunya adalah pentingnya untuk menepati janji, pentingnya untuk melaksanakan puasa, dan manfaat menjalin silaturrahmi.

Riko The Series

Riko The Series
youtube.com/RikoTheSeries
Terakhir ada Riko The Series, dimana animasi ini mengisahkan tentang anak laki-laki bernama Riko dan robot kesayanganna. Robot kesayangan Riko ini mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Riko mengenai nilai-nilai Islam. Sama seperti animasi-animasi diatas, Riko The Series juga disisipkan nilai-nilai Islam, bahkan setiap episode menampilkan murotal Al-Qur'an.

Penutup

Sebagai orang tua, kita harus mampu memilih film-film untuk buah hati. Salah satu film yang dapat dipilih untuk menemani waktu luang si buah hati adalah film animasi atau film kartun bernuansa Islam yang alur ceritanya disisipkan nilai-nilai Islam sehingga anak dapat menonton film sambil belajar. Film animasi, kartun islami, anak yang mendidikm terbaru, keren, terbaik, full movie. 

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Inilah 6 Film Kartun Islami Favorit yang Siap Menemani Akhir Pekan Si Kecil"