Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Pahami Perbedaan Tanda Waqaf dan Washal didalam Al-Qur'an

Daftar Isi [show]

Tanda Waqaf dan Tanda Washal
Dhiragama.com - Ketika membaca Al-Qur'an banyak sekali diantara kita yang masih sering memutus bacaan ditengah-ditengah kata untuk mengambil nafas. Tetapi tahukah kita bahwa hal tersebut tidak dibenarkan karena dapat merusak makna dari kata tersebut? 

Didalam Al-Qur'an sendiri sudah terdapat tanda-tanda waqaf dan washal. Dimana tanda waqaf dapat membantu kita untuk mengambil nafas ketika membaca Al-Qur'an dan tanda washal yang dianjurkan untuk tidak berhenti untuk mengambil nafas. Lalu seperti apakah tanda waqaf dan washal tersebut? Simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Tanda Waqaf dan Tanda Washal

Tanda Waqaf (وقف)

Secara bahasa tanda waqaf artinya menahan atau berhenti. Tetapi secara istilah tanda waqaf berarti menghentikan sejenak bacaan kalimat didalam Al-Qur'an dengan memutuskan suara pada akhir perkataan untuk bernafas dengan niat menyambungkan kembali bacaan.

Tanda Washal (وصل)

Secara bahasa tanda washal artinya bersambung. Tetapi secara istilah tanda washal berarti melanjutkan bacaan kalimat didalam Al-Qur'an ke kalimat selanjutnya tanpa memutus suara untuk bernafas.

Baca Juga : Sudah kenal dengan hukum tajwid Mad Thabi'i? Simak penjelasan selengkapnya disini!

Jenis-Jenis Tanda Waqaf

Waqaf Tamm (ﺗﺂﻡّ)

Waqaf Tamm atau yang biasa disebut dengan waqaf sempurna merupakan penghentian bacaan pada kata didalam Al-Qur'an yang sempurna. Itu artinya tidak berhenti ditengah-tengah kata, tidak mempengaruhi makna kata tersebut karena tidak memiliki hubungan dengan ayat sebelum ataupun setelahnya.

Waqaf Kaaf (ﻛﺎﻒ)

Waqaf Kaaf atau yang biasa disebut dengan waqaf yang memadai berarti sebuah kata yang sudah memiliki arti yang sempurna, tidak berhenti ditengah-tengah kata atau bacaan. Tetapi, bacaan tersebut masih memiliki hubungan makna dengan kata setelahnya.

Waqaf Hasan (ﺣﺴﻦ)

Waqaf hasan atau yang biasa disebut dengan waqaf baik memiliki arti yakni berhenti pada sebuah kata yang sempurna dan tidak mepengaruhi maknanya. Tetapi bacaan tersebut masih memiliki makna yang berhubungan dengan kata setelahnya.

Baca Juga : Inilah perbedaan hukum tajwid Ra Tafkhim dan Ra Tarqiq

Waqaf Qabiih (ﻗﺒﻴﺢ)

Waqaf qabih memiliki arti yakni waqaf yang buruk. Mengapa demikian? Karena waqaf qabih adalah berhenti pada bacaan yang tidak sempurna yaitu berhenti ditengah-tengah kata. Waqaf qabih ini harus dijauhkan karena masih berhubungan dengan bacaan sebelumnya baik secara makna maupun lafadz, jadi dapat merusak makna yang terkandung.

Tanda Waqaf dan Tanda Washal

Tanda Waqaf

(وقف لا زم) م : Harus Berhenti

(معا نقه) . ۛ. . ۛ. : Tanda berhenti disalah satu titik

ط قلى قف ج : Tanda sebaiknya berhenti

Tanda Washal

صلى ق لا ز ص : Tanda sebaiknya terus

Baca Juga : Jangan bingung lagi, inilah penjelasan perbedaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah

Penutup

Tanda waqaf didalam Al-Qur'an dapat membantu kita untuk mengambil nafas ketika membaca Al-Qur'an sedangkan tanda washal dianjurkan untuk tidak berhenti untuk mengambil nafas. Jenis-jenis tanda waqaf, washal berarti, artinya, lazim.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Yuk Pahami Perbedaan Tanda Waqaf dan Washal didalam Al-Qur'an "