Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Nabi Isa AS Singkat : 5 Mukjizat yang Allah SWT Karuniakan Kepada Nabi Isa AS

Daftar Isi [show]

5 Mukjizat Nabi Isa AS

Dhiragama.com - Jika kita pernah mendapatkan pelajaran pendidikan agama Islam disekolah pasti kita pernah diceritakan tentang mukjizat Nabi dan Rasul Allah SWT, salah satunya adalah kisah mukjizat Nabi Isa AS.

Sejak kecil, Nabi Isa AS sudah dikaruniai mukjizat oleh Allah SWT, yakni dapat berbicara sejak usianya baru hitungan jam. Penasaran bagaimana kisah selengkapnya tentang mukjizat tersebut? Dan kisah mukjizat Nabi Isa AS lainnya? Yuk simak kisah singkat mukjizat Nabi Isa AS dibawah ini. Selamat membaca!

Dapat Berbicara Sejak Bayi

Nabi Isa AS lahir dari seorang wanita yang sangat shalihah dan terjaga kehormatannya, yakni Maryam. Pada saat itu Maryam yang dikenal sebagai seorang wanita baik-baik tiba-tiba saja mengandung seorang anak. Hal tersebut memang sangat jelas berkat kebesaraan serta kekusaan Allah SWT.

Namun peristiwa kehamilan Maryam tanpa sosok suami benar-benar membuat dirinya menjadi bahan hinaan dan cacian dari orang-orang disekitarnya. Disamping itu, orang-orang disekitarnya juga benar-benar dibuat bertanya-tanya dengan kejadian tersebut. Bagaimana bisa seorang wanita yang tidak bersuami dapat mengandung seorang anak? Apakah anak tersebut hasil dari perbuatan yang tercela?

Baca Juga : Kisah Nabi Idris AS : Menjadi Manusia Pertama yang Pandai Baca Tulis

Semua hinaan dan cacian masyarakat yang ditujukan kepada Maryam membuat dirinya merasakan sakit hati dan kepedihan yang luar biasa didalam hatinya.

Tetapi sekali lagi Allah SWT menunjukkan kebesaran-Nya. Ketika Isa lahir, Allah SWT menganugerahkan mukjizat kepada Isa yakni dapat berbicara walaupun usianya masih hitungan jam.

Pada saat itu, Isa memperkenalkan dirinya kepada orang yang menyaksikannya dan bersaksi atas semua tuduhan yang dilontarkan kepada ibunya adalah tuduhan yang tidak benar. Kesaksian Nabi Isa AS tersebut tertulis didalam surah Maryam ayat 30.

قَالَ اِنِّيْ عَبْدُ اللّٰهِ ۗ اٰتٰنِيَ الْكِتٰبَ وَجَعَلَنِيْ نَبِيًّا

Artinya : Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi (QS. Maryam : 30)

Dapat Menghidupkan Orang yang Sudah Meninggal

Mukjizat kedua yang dikaruniakan Allah SWT kepada Nabi Isa AS adalah dapat menghidupkan orang yang sudah meninggal. Kisah mukjizat tersebut tertulis didalam surah Ali 'Imran ayat 49. 

وَرَسُوْلًا اِلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ ەۙ اَنِّيْ قَدْ جِئْتُكُمْ بِاٰيَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ ۙ اَنِّيْٓ اَخْلُقُ لَكُمْ مِّنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ فَاَنْفُخُ فِيْهِ فَيَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚ وَاُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ وَاُحْيِ الْمَوْتٰى بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚ وَاُنَبِّئُكُمْ بِمَا تَأْكُلُوْنَ وَمَا تَدَّخِرُوْنَ ۙ فِيْ بُيُوْتِكُمْ ۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَۚ

Artinya : Dan sebagai Rasul kepada Bani Israil (dia berkata), “Aku telah datang kepada kamu dengan sebuah tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuatkan bagimu (sesuatu) dari tanah berbentuk seperti burung, lalu aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan izin Allah. Dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahir dan orang yang berpenyakit kusta. Dan aku menghidupkan orang mati dengan izin Allah, dan aku beritahukan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu orang beriman (QS. Ali 'Imran : 49)

Kisah tersebut berawal dari Bani Israil yang mengingkari adanya ruh dan hari kebangkitan. Maka dari itu ketika Nabi Isa AS berdakwah, Bani Israil meminta Nabi Isa AS untuk menghidupkan orang yang sudah lama meninggal.

Mendengar itu, Nabi Isa AS menyanggupinya dan langsung menuju ke sebuah kuburan tua yang tidak jauh dari tempat tinggalnya. Setelah sampai Nabi Isa AS segera berdoa memohon kepada Allah SWT agar dapat mengabulkan tantangan dari Bani Israil.

Setelah itu Nabi Isa AS memanggil-manggil penghuni kubur tersebut dan seketika orang yang menjadi penghuni kubur itu dapat hidup kembali dalam keadaan anggota tubuh yang lengkap dan dapat berbicara dengan orang-orang yang hadir disana, termasuk dengan Nabi Isa AS.

Baca Juga : Kisah Mukjizat Nabi Muhammad SAW, Membelah Bulan Menjadi Dua Bagian

Dapat Membuat Burung Hidup

Mukjizat Nabi Isa AS yang selanjutnya adalah dapat membuat dan menghidupkan burung. Peristiwa tersebut terjadi karena Bani Israil menentang segala bentuk dakwah dari Nabi Isa AS. Bahkan pendeta di zaman itu juga meminta kepada seluruh Bani Israil untuk menentang apa yang disampaikan oleh Nabi Isa AS.

Dakwah Nabi Isa AS pun diketahui oleh seorang pemimpin yang menguasai wilayah tersebut pada saat itu, yakni Raja Herodes. Tetapi sama seperti masyarakat Bani Israil, Raja Herodes juga tidak mempercayai apa yang disampaikan oleh Nabi Isa AS, bahkan Raja Herodes menantang Nabi Isa AS untuk memperlihatkan mukjizatnya.

Mendengar tantangan tersebut, Nabi Isa AS membuat sebuah patung burung dari tanah liat dan kemudian meniupnya. Atas izin Allah SWT patung burung tersebut tiba-tiba dapat hidup dan terbang. Kisah tersebut juga terdapat didalam surah Ali 'Imran ayat 49 dan didalam surah Al-Maidah ayat 110.

اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِيْ عَلَيْكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ ۘاِذْ اَيَّدْتُّكَ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِى الْمَهْدِ وَكَهْلًا ۚوَاِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَ ۚوَاِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ بِاِذْنِيْ فَتَنْفُخُ فِيْهَا فَتَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِيْ وَتُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ تُخْرِجُ الْمَوْتٰى بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ كَفَفْتُ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ عَنْكَ اِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْهُمْ اِنْ هٰذَآ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ

Artinya : Dan ingatlah ketika Allah berfirman, “Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.” (QS. Al-Maidah : 110)

Baca Juga : Kisah Nabi Musa AS, Bayi Penyejuk Hati Istri Firaun

Dapat Menyembuhkan Orang yang Sakit dan Buta Penglihatannya

Surah Ali 'Imran ayat 49 dan Al-Maidah ayat 110 yang sudah tertulis diatas juga menjelaskan tentang mukjizat Nabi Isa AS lainnya yakni dapat menyembuhkan orang yang menderita penyakit sopak dan orang menderita kebutaan sejak lahir. Sopak atau dalam bahasa medisnya  disebut dengan vitiligo merupakan sebuah penyakit kulit yang memiliki gejalan munculnya bercak-bercak putih pada kulit.

Dapat Mengetahui Rahasia Orang Lain

Mukjizat Nabi Isa AS yang terakhir adalah dapat menteahui rahasia orang lain. Kisah tersebut juga dijelaskan pada surah Ali 'Imran ayat 49. Pada ayat tersebut, dijelaskan bahwa atas izin Allah SWT, Nabi Isa AS dapat mengetahui apa saja yang dimakan dan disimpan didalam rumah tanpa harus melihatnya terlebih dahulu.

Penutup

Segala mukjizat yang dimilik oleh para Nabi dan Rasul, termasuk mukjizat Nabi Isa AS terjadi atas izin Allah SWT. Mukjizat tersebut Allah SWT karuniakan kepada para Nabi dan Rasul untuk membuktikan kebenaran bahwa Allah SWT adalah Tuhan Semesta Alam. Kisah, 3 mukjizat Nabi Isa 5 buah, singkat dan lengkap, untuk anak, dapat berbicara sejak bayi, menyembuhkan orang buta dan penyakit kusta, menghidupkan orang mati, membuat burung dari tanah liat, dapat mengetahui rahasia orang lain, adalah contoh.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Kisah Nabi Isa AS Singkat : 5 Mukjizat yang Allah SWT Karuniakan Kepada Nabi Isa AS"