Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Dalil dan Hadits Tentang Memaafkan Orang Lain

Daftar Isi [show]

Kumpulan Dalil dan Hadits Tentang Memaafkan Orang Lain

Dhiragama.com - Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan bahkan didalam hubungan persahabatan sekalipun. Kita juga pasti pernah melakukan kesalahan terhadap sahabat kita ataupun sebaliknya. Setelah melakukan kesalahan tersebut biasanya diantara kita dan sahabat ada yang langsung meminta maaf ada juga yang membutuhkan ruang terlebih dahulu untuk mencerna semua kesalahan tersebut.

Ketika sahabat kita meminta maaf kepada kita, kewajiban kita adalah langsung memaafkannya. Mengapa demikian? Karena Allah SWT dan Nabi SAW selalu menganjurkan kita sebagai makhluk sosial untuk saling maaf-memaafkan agar tidak adanya permusuhan. Ajaran tersebut tertulis dengan sangat jelas di beberapa ayat-ayat Al-Qur'an dan juga didalam Hadits.

Lalu surah apa saja yang ayatnya terdapat anjuran untuk selalu memaafkan orang lain? Serta bagaimana bunyi hadits yang membahas tentang memaafkan orang lain? Yuk simak pembahasan selengkapnya pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

Dalil Al-Qur'an yang Membahas Tentang Memaafkan Orang Lain

Didalam Al-Qur'an sendiri sangat jelas tertulis bahwa Allah SWT mewajibkan untuk kita saling berlapang dada dan mudah memaafkan. Ajaran tersebut terdapat dibeberapa ayat didalam Al-Qur'an dianataranya yaitu sebagai berikut.

Al-Qur'an Surah Ali Imran Ayat 134

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya : (yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan. (QS. Ali Imran : 134)

Baca Juga : Kumpulan Hadits Menyantuni Anak Yatim Dilengkapi Lafadz Arab dan Terjemahan

Al-Qur'an Surah Asy-Syura Ayat 40

وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا ۖ فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

Artinya : Barangsiapa yang memaafkan dan mendamaikan maka pahalanya dari Allah SWT (QS. Asy-Syura : 40)

Al-Qur'an Surah Al-Hijr Ayat 85

وَمَا خَلَقْنَا ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَآ إِلَّا بِٱلْحَقِّ ۗ وَإِنَّ ٱلسَّاعَةَ لَءَاتِيَةٌ ۖ فَٱصْفَحِ ٱلصَّفْحَ ٱلْجَمِيلَ

Artinya : Dan tidaklah kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, melainkan dengan benar. Dan, sesungguhnya saat (kiamat) itu pasti akan datang. Maka, maafkanlah (mereka) dengan cara yang baik. (QS. Al-Hijr : 85)

Al-Qur'an Surah An-Nur Ayat 22

وَلَا يَأْتَلِ أُولُو الْفَضْلِ مِنْكُمْ وَالسَّعَةِ أَنْ يُؤْتُوا أُولِي الْقُرْبَى وَالْمَسَاكِينَ وَالْمُهَاجِرِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا أَلَا تُحِبُّونَ أَنْ يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya : Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka mema’afkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS.An-Nur : 22)

Baca Juga : Kumpulan Hadits Tentang Kematian, Ada yang Membahas Kisaran Usia Umat Rasulullah SAW

Al-Qur'an Surah Fussilat Ayat 34 - 35

وَلَا تَسْتَوِى الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ۗاِدْفَعْ بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُ فَاِذَا الَّذِيْ بَيْنَكَ وَبَيْنَهٗ عَدَاوَةٌ كَاَنَّهٗ وَلِيٌّ حَمِيْمٌ

Artinya : Dan tidaklah sama kebaikan dengan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, sehingga orang yang ada rasa permusuhan antara kamu dan dia akan seperti teman yang setia. (QS. Fussilat : 34)

وَمَا يُلَقّٰىهَآ اِلَّا الَّذِيْنَ صَبَرُوْاۚ وَمَا يُلَقّٰىهَآ اِلَّا ذُوْ حَظٍّ عَظِيْمٍ

Artinya : Dan (sifat-sifat yang baik itu) tidak akan dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar. (QS. Fussilat : 35)

Hadits yang Membahas Tentang Memaafkan Orang Lain

Rasulullah SAW juga mengajarkan kita agar selalu memaafkan orang lain yang telah berbuat salah kepada kita.Ajaran untuk menjadi pemaaf tertulis juga sangat jelas tertulis dibeberapa hadits berikut ini.

Hadits Riwayat Ibnu Hibban

Adalah Rasulullah SAW orang yang paling bagus akhlaknya: beliau tidak pernah kasar, berbuat keji, berteriak-teriak di pasar, dan membalas kejahatan dengan kejahatan. Malahan beliau pemaaf dan mendamaikan. (HR. Ibnu Hibban)

Hadits Riawayat Muslim

Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah SWT akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya. (HR. Muslim)

Baca Juga : Hadits Tentang Hari Kiamat, Ada yang Membahas Tanda-Tanda Kiamat Sugro dan Kubro

Hadits Riwayat Bukhari/Muslim

Ada pedagang yang biasa memberi kredit kepada orang. Jika dia menemukan salah satu pelanggannya berada dalam sarana yang diluruskan, dia akan berkata kepada asistennya: Maafkan mereka hutang mereka, mungkin Allah akan mengampuni kami. Allah mengampuni dia. (HR. Bukhari/Muslim)

Penutup

Memaafkan memanglah menjadi suatu hal yang lumayan sulit apalagi jika kesalahan dari orang tersebut adalah kesalahan yang fatal. Tetapi Allah SWT dan Nabi SAW mengajarkan kita untuk selalu menjadi orang yang pemaaf. Lantas karena itu, marilah kita coba untuk selalu memaafkan kesalahan orang lain. Kumpulan ayat Al-Qur'an, hadits pendek tentang memaafkan, pemaaf, arab, latin dan terjemahannya.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Kumpulan Dalil dan Hadits Tentang Memaafkan Orang Lain"