Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap! Doa Mandi Wajib Setelah Nifas Serta Tata Caranya yang Benar

Daftar Isi [show]

Doa Mandi Wajib Setelah Nifas dan Tata Caranya

Dhiragama.com - Sebelum kita membahas lebih dalam tentang mandi wajib setelah nifas, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti nifas itu sendiri. Nifas adalah sebuah fase keluarnya darah sejak ibu melahirkan sampai setelah melahirkan, biasanya hingga enam minggu setelah melahirkan.

Cara mandi wajib setelah nifas sebenarnya tidak ada bedanya dengan mandi wajib setelah hadas besar ataupun setelah berhubungan. tetapi kita tetap harus mengetahui bagaimana mandi wajib setelah nifas yang baik dan benar. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan agar setiap rukun mandi wajib dapat terpenuhi dan mandi wajib yang dilakukan dapat menjadi sah.

Lantas bagaimana bacaan doa mandi wajib setelah nifas? Dan bagaimana tata cara mandi wajibnya? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini.

Niat atau Doa Mandi Wajib Setelah Nifas

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liraf'il hadatsin-nifaasi lillaahi ta'aalaa

Artinya : Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta'ala

Baca Juga : Doa Sebelum dan Setelah Wudhu Lengkap dengan Penjelasan Wudhu

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Nifas

1. Membaca niat mandi wajib setelah nifas

Membaca niat adalah hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin melakukan sesuatu, salah satunya adalah ketika kita ingin mandi wajib setelah masa nifas. Niat mandi wajib setelah nifas yang dapat dibaca adalah seperti yang tertulis diatas.

2. Mencuci tangan sebanyak 3 kali

Tahap mencuci tangan sebanyak 3 kali ini ditujukan agar tangan menjadi bersih dan terhindar dari berbagai hal najis. Mencuci tangan ini menjadi salah satu sunnah Rasulullah SAW.

3. Membersihkan bagian tubuh yang kotor dengan tangan kiri

Selanjutnya adalah membersihkan bagian tubuh yang kotor. Biasanya bagian tubuh yang kotor adalah bagian kemaluan, dubur, dan lain-lain.

4. Mencuci tangan dengan sabun

Setelah membersihkan bagian-bagian tubuh yang kotor, kita harus mencuci tangan kembali menggunakan sabun hingga bersih kemudian basuh kembali dengan air.

5. Berwudhu

Selanjutnya adalah melakukan wudhu seperti biasa ketika kita berwudhu sebelum melaksanakan shalat. 

6. Membasuh kepala hingga pangkal rambut dengan air sebanyak 3 kali

Berikutnya adalah membasuh kepala. Cara membasuh kepala agar pangkal rambut terjamah adalah dengan membasuh tangan terlebih dahulu dan pastikan semua jari terkena air, kemudian basuh kepala hingga menyentuh bagian kulit kepala.

Baca Juga : Doa Setelah Adzan Lengkap dengan Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan

7. Membasuh kepala

Tata cara yang ketujuh adalah membasuh seluruh bagian kepala dengan air. Pastikan bahwa seluruh bagian kepala benar-benar terbasuh air.

8. Membasuh seluruh tubuh dimulai dari bagian tubuh yang kanan

Setelah semua tahapan selesai, kita dapat membahasi tubuh dengan merata dimulai dari mengguyur bagian tubuh yang kanan.

Penutup

Seperti haid, nifas juga termasuk kedalam hadas besar dan setelah selesai fasenya, kita diwajibkan untuk mandi wajib dan mengetahui bagaimana bacaan niat serta tata cara mandi wajib setelah nifas sangat penting agar rukun-rukun mandi wajib dapat terpenuhi. Doa mandi junub, mandi nifas setelah melahirkan berapa hari, dan haid, berhubungan, melahirkan caesar, normal, arab, latin, terjemahan.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Lengkap! Doa Mandi Wajib Setelah Nifas Serta Tata Caranya yang Benar"