Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Setelah Adzan Lengkap dengan Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan

Daftar Isi [show]

Dhiragama.com - Dalam sehari kita mendengarkan adzan sebanyak 5 kali, yakni pada waktu Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Pengertian adzan sendiri adalah sebuah panggilan dan pemberitahuan kepada umat muslim bahwa waktu shalat telah tiba. Lafadz adzan pun tidak asal-asalan, melainkan terdiri dari kalimat pujian kepada Allah SWT, dua kalimat syahadat, serta ajakan untuk menunaikan shalat.

Hukum mengumandangkan adzan adalah sunnah muakad, dan dilakukan sebelum menunaikan shalat fardhu baik sendiri ataupun secara berjamaah. Seorang muadzin (sebutan untuk orang yang mengumandangkan adzan) hendaknya mengumandangkan adzan dengan berdiri dan menghadap kiblat. 

Selain wajib menyimak dengan baik kumandang adzan, kita sebagai muadzin ataupun yang hanya mendengarkan adzan juga dianjurkan untuk membaca doa ketika selesai kumandang adzan agar kita mendapatkan keutamaan istimewa dari membaca doa tersebut. Lantas bagaimanakah lafadz doa setelah adzan? Dan apa saja keutamaan membaca doa setelah adzan? Yuk simak penjelasan selengkapnya dibawah ini. Selamat membaca!

Doa Setelah Adzan

اللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ سَيِّدَنَـامُحَمـَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَالدَّرَجَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا المَحْمُودًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Allaahumma Rabba haadzihid-da‘wati at-taammati, wash-shalaatil-qaaimati, aati sayyidanaa Muhammad al-washilah wal fadliilah, wad-darajatar rafî’ah wab’atshu maqaaman mahmuudan alladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful-mii‘aad

Baca Juga : Doa Sebelum dan Setelah Wudhu Lengkap dengan Penjelasan Wudhu

Artinya : Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang.

Doa Khusus Setelah Adzan Subuh

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ نَهَارِكَ وَإِدْبَارُ لَيْلِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فاغْفِرْ لِي

Allahumma hadza iqbaalu nahaarika wa idbaaru lailika wa ashwaatu du’aaika faghfir-lii

Artinya : Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.

Doa Khusus Setelah Adzan Maghrib

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وإدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ ليْ

Allahumma hadza iqbaalu lailika wa idbaaru nahaarika wa ashwaatu du’aaika faghfir-lii

Artinya : Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.

Doa Diantara Adzan dan Iqamah

اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِيْ الدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Allahumma innii as-alukal-‘aafiyah fid-dunya wal-aakhirah

Artinya : Ya Allah, aku mohon pada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat.

Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan

Setiap doa memiliki keutamaannya masing-masing, termasuk doa setelah adzan. Berikut ini adalah beberapa keutamaan membaca doa setelah adzan, diantaranya yaitu:

Baca Juga : Doa Pagi Hari Sesuai Dengan yang Diajarkan Rasulullah SAW

1. Dihapuskannya segala dosa

2. Dikabulkannya segala dosa

3. Mendapatkan pahala sama seperti bershalawat sebanyak 10X

4. Mendapatkan syafa'at

5. Mendapatkan balasan surga

Penutup

Adzan adalah sebuah panggilan dan pemberitahuan bahwa waktu shalat umat muslim sudah tiba. Selain diwajibkan untuk menyimak kumandang adzan, kita jua dianjurkan untuk membaca doa setelah adzan agar kita mendapatkan keutamaan-keutamaan dari doa tersebut. Doa, pendek setelah adzan, sesuai sunnah, arab, latin dan artinya, terjemahan, bayi, subuh, dan, setelah iqomah. 

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Doa Setelah Adzan Lengkap dengan Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan"