Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Tentang Hari Kiamat, Ada yang Membahas Tanda-Tanda Kiamat Sugro dan Kubro

Daftar Isi [show]

Hadits Tentang Hari Kiamat Lengkap dengan Ciri-Ciri Kiamat Sugro dan Kubro

Dhiragama.com - Agama Islam menyebut hari akhir sebagai hari kiamat. Apakah hari kiamat itu? Hari kiamat adalah hari kehancuran alam semester beserta isinya hingga seluruh makhluk yang hidup didalamnya akan binasa.

Allah SWT mewajibkan seluruh hamba-Nya untuk meyakini adanya hari kiamat dan perintah tersebut sudah sangat jelas tertulis didalam rukun iman yang kelima. Pertanyaannya adalah kapankah hari kiamat itu? Tidak ada yang benar-benar tau kapan hari kiamat terjadi karena hanya Allah SWT yang memiliki pengetahuan tentang waktu terjadinya hari akhir.

Tetapi nantinya hari kiamat akan datang secara tiba-tiba ditandai dengan adanya bunyi terompet sangkakala yang ditiup oleh malaikat Israfil atas perintah dari Allah SWT.

Didalam Al-Qur'an sendiri memang sudah banyak disebutkan secara jelas bahwa nantinya akan ada hari akhir atau hari kiamat. Tetapi adakah hadits yang membahas tentang hari kiamat? Jawabannya ada dan dapat kita simak bagaimana bunyi haditsnya pada artikel berikut ini. Selamat membaca.

Hadits Tentang Kiamat : Kapan Waktu Kiamat Terjadi?

تَسْأَلُونِي عَنِ السَّاعَةِ؟ وَإِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللهِ وَأُقْسِمُ بِاللهِ مَا عَلَى اْلأَرْضِ مِنْ نَفْسٍ مَنْفُوسَةٍ تَأْتِي عَلَيْهَا مِائَةُ سَنَةٍ

Artinya : Kalian bertanya kepadaku tentang hari Kiamat? Sedangkan ilmunya hanyalah ada di sisi Allah, dan aku bersumpah dengan Nama Allah, tidak ada satu makhluk hidup pun yang lahir di atas bumi ini yang berumur seratus tahun (HR. Muslim)

Baca Juga : 6 Hadits Tentang Akhlak, Salah Satunya Membahas Balasan Bagi Orang yang Berakhlak

Hadits Tentang Kiamat : Isyarat Kiamat Sudah Dekat

بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ

Artinya : Diutusnya aku dan hari Kiamat bagaikan dua ‘jari’ ini (HR. Bukhari)

Hadits Tanda-Tanda Kiamat Sugra

Hadits Tanda-Tanda Kiamat Sugra : Bermegah-Megahan dalam Membangun Masjid

لَا تَقُومُ اَلسَّاعَةُ حَتَّى يَتَبَاهَى اَلنَّاسُ فِي اَلْمَسَاجِدِ

Artinya : Tidak akan terjadi kiamat hingga orang-orang berbangga-bangga dengan (kemegahan) masjid.” (HR Imam Lima kecuali Tirmidzi. Hadits shahih menurut Ibnu Khuzaimah)

Hadits Tanda-Tanda Kiamat Sugra : Mencari Kesalahan Orang Lain

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُلْتَمَسَ رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِي كَمَا تُلْتَمَسُ أَوْ تُبْتَغَى الضَّالَّةُ فَلَا يُوجَدُ

Artinya : Tidak akan terjadi kiamat sehingga salah seorang dari para sahabatku dicari-cari (kesalahannya), layaknya barang hilang yang dicari-cari, akan tetapi tidak menemukannya (HR Ahmad)

Baca Juga : Hadits Tentang Zakat Fitrah Lengkap dengan Lafadz Arab dan Terjemahan

Hadits Tanda-Tanda Kiamat Sugra : Dihalakannya Khamr

حَدَّثَنَا عِمْرَانُ بْنُ مَيْسَرَةَ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ عَنْ أَبِي التَّيَّاحِ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ ….وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ ….

Artinya : Diantara tanda-tanda kiamat adalah …(lalu beliau menyebutkan diantaranya).. dan di minumnya khamr.. (HR Muslim)

Hadits Tanda-Tanda Kiamat Kubra

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Artinya : Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka” (HR Muslim)

Baca Juga : Adab Makan dalam Islam Dilengkapi dengan Haditsnya

Penutup

Setiap muslim wajib meyakini bahwa suatu hari akan datang kehancuran seluruh alam semesta beserta kebinasaan makhluk-makhluk yang ada didalamnya dan meyakini adanya hari akhir termasuk kedalam rukum iman yang kelima. Hari kiamat sendiri sudah banyak dan sangat jelas disebutkan didalam Al-Qur'an dan juga hadits yang telah kita bahas pada artikel ini. 5 hadits  pendek tentang, tanda-tanda hari kiamat, sugro, kubro, dan arabnya, penjelasannya, matan sanad rawi.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Hadits Tentang Hari Kiamat, Ada yang Membahas Tanda-Tanda Kiamat Sugro dan Kubro"