Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Nabi Hud AS : Kaum Ini Ditimpa Azab Angin Kencang

Daftar Isi [show]

Kisah Nabi Hud AS dan Kaum 'Aad

Dhiragama.com - Salah satu suku yang disebutkan didalam Al-Qur'an adalah suku 'Aad yakni suku yang hidupnya disekitar wilayah jazirah Arab. Suku tersebut sama sekali belum mengenal Allah SWT. Karena itulah Allah SWT mengutus Nabi Hud AS untuk berdakwah meluruskan keimanan kaum 'Aad yang masih menuhankan berhala-berhala mereka. Tetapi pada akhirnya kaum ' Aad diberikan azab oleh Allah SWT karena membantah semua dakwah Nabi Hud AS.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Silahkan simak ulasan berikut tentang kisah Nabi Hud AS dan kaum 'Aad yang ditmpa azab pedih oleh Allah SWT. Selamat membaca!

Biografi Singkat Nabi Hud AS

Nabi Hud AS merupakan Nabi ke 4 dari 25 Nabi yang wajib kita ketahui. Lahir di Al-Ahqaaf sekitar tahun 2450 - 2320 SM, Nabi Hud AS merupakan keturunan dari suku 'Aad, yaitu suku yang hidup di sekitar jazirah Arab. Nabi Hud AS diutus menjadi Nabi pada tahun 2400 SM dan hidup sekitar 150 tahun lamanya.

Nama Nabi Hud AS sendiri disebutkan sebanyak 7 kali didalam Al-Quran, salah satunya adalah didalam surah Hud ayat 50, yang menjelaskan tentang diutuskan Nabi Hud AS kepada kaum 'Aad untuk berdakwah menyebarkan agama Islam.

وَاِلٰى عَادٍ اَخَاهُمْ هُوْدًا ۗ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗ ۗ اِنْ اَنْتُمْ اِلَّا مُفْتَرُوْنَ

Artinya : Dan kepada kaum ‘Ad (Kami utus) saudara mereka, Hud. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah, tidak ada tuhan bagimu selain Dia. (Selama ini) kamu hanyalah mengada-ada (QS. Hud : 50)

Kisah Azab Bagi Kaum 'Aad

Sebelum masuk ke penjelasan tentang kisah Azab bagi kaum 'Aad, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan suku 'Aad.

Suku 'Aad merupakan suku yang menyembah Shamud dan Alhattar, yakni berhala-berhala sebagai Tuhan mereka. Suku 'Aad sangat mempercayai bahwa berhala-berhala yang mereka sembah dapat memberikan kebahagiaan, kebaikan serta keberuntungan kepada mereka.

Maka dari itu Allah SWT mengutus Nabi Hud AS untuk berdakwah menyebarkan agama Allah SWT. Hal tersebut tertulis didalam Qur'an surah Al-Ahqaf ayat 21.

وَاذْكُرْ اَخَا عَادٍۗ اِذْ اَنْذَرَ قَوْمَهٗ بِالْاَحْقَافِ وَقَدْ خَلَتِ النُّذُرُ مِنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖٓ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّا اللّٰهَ ۗ اِنِّيْٓ اَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيْمٍ

Artinya : Dan ingatlah (Hud) saudara kaum ‘Ad yaitu ketika dia mengingatkan kaumnya tentang bukit-bukit pasir dan sesungguhnya telah berlalu beberapa orang pemberi peringatan sebelumnya dan setelahnya (dengan berkata), “Janganlah kamu menyembah selain Allah, aku sungguh khawatir nanti kamu ditimpa azab pada hari yang besar.” (QS. Al-Ahqaf : 21)

Nabi Hud AS berdakwah kepada suku 'Aad agar menyembah Allah SWT, Beliau juga menunjukkan bukti-bukti kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Tetapi sungguh disayangkan, suku 'Aad malah membalas dakwah Nabi Hud AS dengan cacian dan hinaan.

Melihat suku 'Aad yang sama sekali tidak menerima dakwahnya, Nabi Hud AS pun meminta agar kaum 'Aad memohon ampunan kepada Allah SWT. Mendengar ucapan Nabi Hud AS, hinaan kaum 'Aad semakin menjadi-jadi.

Hingga suatu ketika, suku 'Aad dikelilingi oleh awan gelap. Suku 'Aad berkata dengan sombongnya bahwa hujan akan turun menyirami tanah dan tanaman disekitar mereka.

Mendengar kesombongan tersebut, Nabi Hud AS menjawab bahwa awan gelap tersebut bukanlah awan yang akan menurunkan rahmat, tetapi awan yang akan membaaw angin ribut serta azab yang akan membinasakan kaum 'Aad.

Setelah Nabi Hud AS menjawab kesombongan kaum 'Aad, tiba-tiba saja muncul angin kencang yang menerbangkan kaum 'Aad dan semua harta benda mereka. Bahkan angin kencang tersebut meratakan gunung-gunung yang ada.

Melihat kejadian tersebut, Nabi Hud AS lari ketakutan dan bersembunyi didalam rumah delapa hari tujuh malam, karena angin kencang yang tiada henti. Setelah angin kencang meredak, terlihat banyak sekali jasad kaum 'Aad yang kafir berserakan seperti pohon yang tumbang.

Dari peristiwa tersebut hanya Nabi Hud AS dan juga pengikutnya yang beriman yang dapat selamat dari angin kencang tersebut.

Penutup

Kesombongan kaum 'Aad yang menolak serta membantah dakwah Nabi Hud AS membawa mereka kedalam azab Allah SWT yang sangat perih dan berhala yang mereka sembah pun nyatanya hanya sebuah benda mati yang tidak dapat menyelamatkan mereka dari angin kencang yang mematikan. Kisah Nabi Hud AS secara singkat, dan mukjizatnya, untuk anak, dan kaum ad.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Kisah Nabi Hud AS : Kaum Ini Ditimpa Azab Angin Kencang"