Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap! Inilah Kumpulan Doa untuk Orangtua

Daftar Isi [show]

Inilah Kumpulan Doa untuk Orangtua

Dhiragama.com - Dalam Islam, salah satu amalan yang tidak putus bagi setiap orangtua adalah doa dari anak yang shalih dan shaliha. Sejak kecil, kita pasti sudah diajarkan doa untuk kedua orangtua, yang biasanya kita baca ketika selesai shalat.

Tapi tahukah kamu, bahwa terdapat doa lainnya yang dapat dibaca untuk mendoakan kedua orang tua? Bahkan terdapat doa untuk orangtua dan saudara-saudaranya. Lantas bagaimanakah bacaan doa tersebut? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

Doa untuk Kedua Orangtua yang Masih Hidup

Doa pertama yang dapat kita baca untuk mendoakan kedua orangtua kita adalah doa "Rabbighfirlii". Setiap orangtua pasti sudah mengajarkan doa ini sejak sang buah hati masih kecil. Lafadz doanyalah adalah sebagai berikut ini.

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Rabbighfirlii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa

Artinya : Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku. Serta sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.

Baca Juga : Doa Sebelum dan Sesudah Berhubungan Lengkap dengan Adabnya

Doa untuk Kedua Orangtua yang Sedang Sakit

Doa selanjutnya dapat dibaca ketika orangtua kita sedang sakit. Tetapi terdapat dua doa untuk orang tua yang sedang sakit. Doa pertama yakni sebagai berikut ini.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama

Artinya : Ya Allah, Rabb manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

Doa yang kedua adalah doa untuk orangtua yang sedang sakit keras. Lafadz doanya adalah sebagai berikut ini.

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khairulli

Artinya : Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.

Doa untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

Berikutnya adalah doa untuk orangtua yang sudah meninggal yang dapat kita baca setiap hari setelah shalat untuk menenangkan rasa kerinduan kita kepada orangtua yang sudah tiada. Lafadz doanya adalah sebagai berikut ini. 

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ

الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbaradi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats- tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Baca Juga : Lengkap! Doa Mandi Wajib Setelah Nifas Serta Tata Caranya yang Benar

Artinya : Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah dia di tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan dan dosa seperti baju putih yang bersih dari kotoran. 

Doa untuk Kedua Orangtua dan Saudaranya

Doa berikutnya yang dapat kita baca adalah doa untuk kedua orangtua dan saudaranya seperti yang tertulis dibawah ini.

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَلْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ. اَلْاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتِ. وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ. رَبِّ اغْفِرْ وَارْ حَمْ وَاَنْت خَيْرُالرَّ احِمِيْنَ. وَلاَحَوْلَ وَلاَقوَّةَ اِلاَّبِاللَّهِ الْعَلِيِ الْعَظِيْمِ

Allahummaghfirlii, waliwaalidayya, war hamhumma, kamaa robbayaanii shagiiraa. Walijami’il muslimina, walmuslimaati, walmu’miniina, wal mu’minaati, al ahyaa’i minhum wal amwati. Wataabi’ wabainanaa, wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa anta khoirur-raahimiina, walaa quwwata, illa biilaahi ‘aliyyil adzim.

Artinya : Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas seluruh dosa – dosaku dan seluruh dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua mengasihiku ketika aku masih kecil. Begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan – kebaikan-Mu. Ya Allah berilah ampunan dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

Doa untuk Kedua Orangtua dan Seluruh Orang Beriman

Doa berikutnya yang dapat dibaca adalah doa untuk kedua orangtua dan juga seluruh orang beriman yang ada didunia. Doa tersebut terdapat didalam surah Ibrahim ayat 41 seperti yang tertulis dibawah ini.

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

Rabbighfirlii waliwaalidayya wal mu-miniina yauma yaquumul hisaab

Artinya : Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat). (QS. Ibrahim : 41)

Baca Juga : Kumpulan Doa Ketika Bayi Lahir Sesuai dengan Ajaran Islam

Selain didalam surah Ibrahim ayat 41, doa untuk kedua orangtua dan orang yang beriman juga terdapat didalam surah Nuh ayat 28 seperti dibawah ini.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَّلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِۗ وَلَا تَزِدِ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا تَبَارًا

Rabbighfirlii waliwaalidayya waliman dakhala baitiya mu-minaw walil-mu-miniina wal mu-minaati, walaa tazidizhaalimiina illa tabaraa

Artinya : Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kehancuran. (QS. Nuh : 28)

Penutup

Salah satu bentuk sayang kita kepada kedua orangtua adalah dengan selalu mendoakan mereka. Selain doa untuk orangtua yang sejak kecil kita hafal, terdapat doa lainnya yang dapat kita baca untuk mendoakan kedua orangtua kita serta orang-orang disekitar kita.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Lengkap! Inilah Kumpulan Doa untuk Orangtua"