Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sehatkan Tubuh dengan 5 Olahraga Anjuran Rasulullah SAW

Daftar Isi [show]

Sehatkan Tubuh dengan 5 Olahraga Anjuran Rasulullah SAW

Dhiragama.com - Selain mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta istirahat yang cukup kita juga harus meningkatkan kesehan tubuh dengan cara berolahraga. Zaman modern seperti sekarang ini sangat mendukung kita untuk beraktivitas fisik dengan bantuan teknologi yang ada. Jika ingin fokus berolahraga kita dapat menggunakan treadmill atau jika kita ingin berolahraga sekaligus refreshing bermain video game, kita dapat menggunakan Xbox.

Namun, tahukah kita bahwa olahraga juga termasuk kedalam kegiatan yang digemari oleh Nabi SAW? Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan 5 jenis olahraga yang dapat membantu kita untuk menyehatkan fisik. Apa sajakah 5 olahraga anjuran Nabi SAW tersebut? Simak pembahasannya dibawah ini. 

Berkuda

Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahui bahwa salah satu olahraga yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW adalah berkuda. Mengapa Rasulullah SAW menganjukan olahraga ini? Salah satu alasannya adalah selain menyehatkan fisik, dengan berkuda kita juga dapat meningkat insting dan dapat meningkatkan hubungan dengan hewan yang kita pelihara.

Memanah

Olahraga yang dianjurkan Nabi SAW selanjutnya adalah memanah. Selain meningkatkan kesehatan fisik, memanah juga dapat mengasah konsentrasi, ketangkasan serta ketepatan dalam membidik sasaran. Manfaat tersebut nantinya dapat menghasilkan kemampuan untuk mengendalikan diri.

Berenang

Berenang memang menjadi olahraga favorit bagi beberapa orang, terlebih bagi anak-anak. Tidak jarang ketika liburan sekolah, anak-anak pasti meminta untuk diajak pergi berenang. Olahraga anjuran Rasulullah SAW satu ini memang sangat menyenangkan bagi orang yang menyukainya, selain itu berenang juga memiliki manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah dapat membakar kalori. Hal tersebut karena terkadang ketika kita berenang, seluruh tubuh kita ikut bergerak, sehingga dapat membantuh kita menyehatkan tubuh.

Jalan Cepat

Jika kita sedang ingin berkegiatan ringan untuk menyehatkan tubuh, olahraga anjuran Nabi Muhammad SAW satu ini dapat menjadi pilihan. Selain membantu membakar kalori, jalan cepat juga dapat memperbaiki kesehatan jantung. 

Bahkan disebutkan dalam sebuah hadits bahwa Nabi SAW senang berjalan cepat hingga para sahabat memerlukan upaya yang besar untuk mengikuti langkah kaki Rasulullah SAW.

“Tiada satu pun kulihat lebih indah daripada Rasulullah SAW seolah-olah mentari beredar di wajahnya. Juga tiada seorang pun yang kulihat lebih cepat jalannya daripada Rasulullah SAW seolah-olah bumi ini dilipat untuknya. Sungguh, kami harus bersusah payah melakukan hal itu, sedang Rasulullah tidak memedulikannya.” (HR. Tirmidzi)

Berlari

Terakhir adalah berlari. Pernah mendengar kisah Rasulullah SAW lomba lari dengan Aisyah RA? Kisah tersebut tertulis dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daud.

Dari Aisyah mengatakan apabila, “Rasulullah SAW bertanding denganku dan aku menang. Kemudian aku berhenti, sehingga ketika badanku menjadi agak gemuk, Rasulullah SAW bertanding lagi denganku dan ia menang.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Sama seperti jalan cepat, berlari juga memiliki manfaat untuk mengurangi penyakit jantung. Selain itu, berlari juga dapat meningkatkan kerja otak dan sistem imun didalam tubuh serta masih banyak lagi manfaat olahraga berlari bagi tubuh.

Penutup

Diantara banyaknya olahraga yang ada, terdapat 6 olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW yang dapat menjadi pilihan kita ketika ingin menyehatkan tubuh dan membakar kalori. Keenam olahraga tersebut tentu saja memiliki manfaatnya masing-masing yang dapat kita rasakan. Hadits olahraga sunnah yang disukai, anjuran Rasulullah, baik menurut Islam.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Sehatkan Tubuh dengan 5 Olahraga Anjuran Rasulullah SAW"