Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Dalil dan Hadits Tentang Menjaga dan Merawat Alam

Daftar Isi [show]

Kumpulan Dalil dan Hadits Tentang Menjaga Alam

Dhiragama.com - Manusia pasti hidup berdampingan dengan alam dan pasti memanfaatkan sesuatu dari alam untuk memenuhi kebutuan kita.

Karena itulah kita diberi kewajiban untuk selalu menjaga alam dan lingkungan disekitar kita. Dalam agama Islam, kewajiban tersebut tertulis dalam Al-Qur'an dan juga hadits. Bahkan disebutkan didalam salah satu dalil Al-Qur'an bahwa salah satu sifat orang munafik adalah orang yang merusak alam dan lingkungan.

Untuk lebih meningkatkan kesadaran akan kewajiban kita untuk menjaga alam dan lingkungan, pada kesempatan kali ini kita akan membahas kumpulan dalil dan hadits tentang menjaga dan mewarat alam. Jadi Tunggu apalagi, silahkan simak pembahasannya pada artikel dibawah ini.

Dalil Tentang Menjaga Alam

Berikut ini adalah beberapa dalil Al-Qur'an yang membahas tentang kewajiban manusia sebagai makhluk hidup untuk menjaga alam dan lingkungan disekitarnya.

Baca Juga : Dalil dan Hadits Tentang Niat Lengkap dengan Penjelasannya

Surah Al-Baqarah Ayat 205

Dalil pertama adalah surah Al-Baqarah ayat 205 yang menjelaskan bahwa salah satu sifat orang munafik adalah merusak alam dan lingkungan sekitarnya.

وَاِذَا تَوَلّٰى سَعٰى فِى الْاَرْضِ لِيُفْسِدَ فِيْهَا وَيُهْلِكَ الْحَرْثَ وَالنَّسْلَ ۗ وَ اللّٰهُ لَا يُحِبُّ الْفَسَادَ

Artinya : Dan apabila dia berpaling (dari engkau), dia berusaha untuk berbuat kerusakan di bumi, serta merusak tanam-tanaman dan ternak, sedang Allah tidak menyukai kerusakan (QS. Al-Baqarah : 205)

Surah Ar-Rum Ayat 41- 42

Dalil selanjutnya adalah surah Ar-Rum ayat 41-42 yang menjelaskan tentang alam semesta yang diciptakan Allah SWT boleh dimanfaatkan oleh manusia. Tetapi perlu digaris bawahi, pemanfaatan disini haruslah berlandaskan untuk kesejahteraan dan kemakmuran manusia dan makhluk yang hidup dimuka bumi. serta sebagai bekal beribadah kepada Allah SWT dan juga beramal shalih.

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ

Artinya : Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (QS. Ar-Rum : 41)

قُلْ سِيْرُوْا فِى الْاَرْضِ فَانْظُرُوْا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلُۗ كَانَ اَكْثَرُهُمْ مُّشْرِكِيْنَ

Artinya : Katakanlah (Muhammad), “Bepergianlah di bumi lalu lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang dahulu. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (QS. Ar-Rum : 42)

Baca Juga : Tasyakuran Empat Bulanan? Jangan Lupa Baca Doa Ini!

Surah Al-A'raf Ayat 56

Allah SWT sangat melarang keras manusia untuk merusak alam. Larangan tersebut tertulis dengan jelas dalam Qur'an surah Al-A'raf ayat 56 yang juga menjelaskan bahwa rahmat Allah SWT selalu menyertai orang-orang yang berbuat kebaikan.

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya : Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan. (QS. Al-A'raf : 56)

Hadits Tentang Menjaga Alam

Selain disebutkan didalam Al-Qur'an, kewajiban manusia untuk menjaga alam juga disebutkan dalam beberapa hadits dibawah ini.

Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim

Janganlah seorang dari kalian kencing di air tenang yang tidak mengalir kemudian mandi di dalamnya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits Riwayat Bukhari

Tidak seorang pun Muslim yang menanam tumbuhan atau bercocok tanam, kemudian buahnya dimakan oleh burung atau manusia atau binatang ternak, kecuali yang dimakan itu akan bernilai sedekah untuknya. (HR. Bukhari)

Hadits Riwayat Muslim

Pertama

Ada dua hal yang aku hafal dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau berkata, 'Sesungguhnya Allah mewajibkan berlaku ihsan kepada segala sesuatu. Bila kalian membunuh (seperti binatang berbahaya), bunuhlah dengan cara yang baik. Bila kalian menyembelih binatang, sembelihlah dengan cara yang baik. Hendaknya seorang dari kalian mengasah pisaunya dan memberi kemudahan kepada sembelihannya. (HR. Muslim)

Baca Juga : Kumpulan Dalil dan Hadits untuk Motivasi Diri

Kedua

Jauhilah dua perbuatan yang mendatangkan laknat!" Sahabat-sahabat bertanya, "Apakah dua perbuatan yang mendatangkan laknat itu?" Nabi menjawab, "Orang yang buang air besar di jalan umum atau di tempat berteduh manusia. (HR. Muslim)

Penutup

Sebagai manusia kita diwajibkan untuk menjaga dan melestarikan alam disekitar kita, agar nantinya kita dapat selalu memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan kita. Sebagai umat muslim, perintah untuk menjaga dan merawat alam sekitar sudah sangat jelas tertulis didalam ayat dan hadits diatas. Hadits tentang larangan merusak, merawat, melestarian lingkungan alam, ayat Al-Quran tentang, perintah menjaga alam dan lingkungan.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Kumpulan Dalil dan Hadits Tentang Menjaga dan Merawat Alam"