Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baca Doa Ini Sebelum Bekerja Agar Selalu Dilimpahkan Keberkahan

Daftar Isi [show]

Dhiragama.com - Kita pasti mengetahui setiap hal yang diawali dengan berdoa serta niat yang baik pasti akan selalu diberikan kelancaran dan kemudahan ketika kita menjalaninya. Hal tersebut juga berlaku untuk bekerja.

Bekerja adalah kegiatan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Selain diwajibkan untuk memiliki pekerjaan yang halal dan baik, kita juga diharuskan memiliki niat serta selalu mengawali pekerjaan dengan berdoa. 

Diwajibkan untuk memiliki pekerjaan yang halal dan baik agar rezeki yang kita dapatkan selalu diberkahi, diridhai serta dirahmati oleh Allah SWT. Sedangkan alasan mengapa harus mengawali sebuah pekerjaan dengan berdoa agar semua hal yang kita kerjakan diberikan keberkahan, kesuksesan, kemudahan serta dilimpahkan rezeki yang dapat mencukupi keluarga. Selain hal-hal tersebut, berdoa sebelum bekerja juga memiliki keutamaan memohon perlindungan kepada Allah SWT ketika bekerja.

Lantas bagaimanakah doa sebelum dan sesudah bekerja? Berikut pembahasan selengkapnya!

Doa Ketika Berangkat Kerja

Doa pertama yang dianjurkan untuk dibaca ketika berangkat kerja adalah doa keluar rumah dan naik kendaraan seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya serta sebagai tambahan adalah doa ketika berangka kerja.

Lafadz Arab, latin dan terjemahan doa ketika berangkat kerja adalah sebagai berikut ini. 

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ

Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Allahummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithaa’i ‘umrii. Allahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka. Allahumma in nii as-aluka rizqan waasi’an naafi’an. Allahumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.

Artinya : Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.

Baca Juga : Baca doa ini sebelum tes kerja agar diberikan kelancaran dan keberhasilan

Doa Sebelum Bekerja

Kedua adalah doa sebelum memulai pekerjaan. Ketika sudah sampai ditempat bekerja, ada baiknya kita memulai bekerja dengan membaca basmalah dan dilanjutkan dengan membaca doa berikut ini.

َّأَللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

Allahumma innii as'aluka min fadhlika wa athaa'ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du'aa'i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa'daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi' annal islaam ba'da iz a'thaitanaa.

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanmu dan pemberianmu, rizki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang engkau sukai, kecuali Engkau jadikanlah kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.

Doa Sesudah Bekerja

Terakhir adalah doa setelah bekerja. Ketika kita selesai bekerja ada baiknya kita mengakhirinya dengan membaca hamdalah yang diikuti dengan lafadz doa berikut ini.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

Allahuma innii a'uudzubika an adhilla, au udhalla, au azilla, au adzlama, au ajhala, au yujhala 'alayya

Baca Juga : Doa dan Tata Cara Mengubur Ari-Ari Sesuai dengan Ajaran Islam

Artinya : Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesesatan diriku atau disesatkan orang lain, dari ketergelinciran diriku atau digelincirkan orang lain, dari menzhalimi diriku atau dizhalimi orang lain, dari berbuat bodoh atau dijahilin orang lain.

Penutup

Setiap pekerjaan yang akan kita kerjakan harus diawali dengan niat yang baik dan doa memohon kemudahan, kelancaran dan perlindungan dari bahaya apapun ketika sedang bekerja. Selain itu dengan berdoa kita juga memohon agar rezeki yang kita dapatkan selalu diridhai dan dirahmati oleh Allah SWT. Doa sebelum bekerja dan artinya, singkat, dan sesudah bekerja, islam, arab, latin, terjemahan, sebelum melakukan kegiatan.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Baca Doa Ini Sebelum Bekerja Agar Selalu Dilimpahkan Keberkahan"