Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baca Doa Ini Ketika Ingin dan Sedang Menghadapi Orang Marah

Daftar Isi [show]

Baca Doa Ini Ketika Ingin dan Sedang Menghadapi Orang Marah

Dhiragama.com - Setiap orang pasti memiliki suasana hati yang berbeda-beda. Ada yang selalu gembira, ada yang mudah marah, ada yang mudah bersedih dan lain-lain. Tetapi kita pasti pernah atau sering menghadapi kemarahan orang lain terhadap diri kita ataupun hal lainnya.

Namun jangan khawatir, kita dapat membaca doa ini ketika ingin atau sedang menghadapi kemarahan seseorang. Tetapi sebelum itu, kita harus mengetahui lebih dahulu bahwa ada beberapa hadits yang membahas tentang amarah.

Sudah tidak sabar? Yuk kita simak pembahasannya berikut ini.

Hadits Tentang Marah

Sebelum masuk ke pembahasan doa menghadapi orang marah, mari kita bahas terlebih dahulu beberapa hadits tentang amarah berikut ini.

Hadits Riwayat Ahmad dan Abu Daud

Hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daud ini menjelaskan bahwa kemarah adalah sesuatu yang berasal dari setan dan setan diciptakan dari api, maka ketika api sedang berkobar padamkanlah dengan air. Maksudnya adalah ketika sedang marah redakanlah dengan cara berwudhu.

إِنَّ الْغَضَبَ مِنْ الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنْ النَّارِ وَإِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ

Artinya : Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu. (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Baca Juga : Baca Doa Ini Sebelum dan Sesudah Berolahraga, Agar Tubuh Sehat dan Bugar

Hadits Riwayat Ath-Thabrani

Hadits selanjutnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani yang menjelaskan bahwa Rasulullah SAW melarang kita sebagai manusia untuk marah, karena surga balasannya.

لاَ تَغْضَبْ وَلَكَ الْجَنَّةُ

Artinya : Jangan kamu marah, maka kamu akan masuk Surga (HR Ath-Thabrani)

Hadits Ahmad dan Bukhari

Terakhir adalah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Bukhari, pada hadits ini Rasulullah SAW menganjurkan apabila kita sebagai marah, hendaklah kita diam sebagai salah satu cara meredam kemarahan tersebut.

إِذَاغَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ

Artinya : Apabila seorang dari kalian marah, hendaklah ia diam (HR. Ahmad dan Bukhari)

Doa Menghadapi Orang Marah

Berikut ini adalah lafadz Arab, latin, dan terjemahan doa menghadapi orang marah.

لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ الْحَلِيْمُ الْحَكِيْمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَرَبّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لآَاِلهَ اِلآّ اَنْتَ عَزَّجَارُكَ وَجَلَّ ثَنَآؤُكَ

La ilaha illallahul halimul hakimu, subhanallahi rabbus samawatis sab'a wa rabbul 'arsyil 'adzimi, la ilaha illa anta 'azza jaruka wa jalla tsana'uka

Baca Juga : Baca Doa Ini Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal Di Hari Kiamat

Artinya : Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Kasih lagi Maha Bijaksana, Maha Suci Allah Tuhan yang memelihara tujuh langit dan menguasai 'arsy yang agung, tiada Tuhan selain Engkau, sangat kuat perlindunganMu dan Maha Tinggi perlindungan-Mu.

Penutup

Demikianlah hadits serta doa menghadapi orang marah. Doa tersebut dapat kita baca ketika kita sedang menghadapi kemarahan orang lain dan hadits diatas dapat menjadi pengingat kita untuk selalu mengontrol kemarahan kita. Doa mujarab untuk meluluhkan hati orang, yang sedang marah jarak jauh, arab, menurut Islam, orang pemarah dan egois, doa agar orangtua tidak marah kepada kita, menghadapi orang yang ditakuti.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Baca Doa Ini Ketika Ingin dan Sedang Menghadapi Orang Marah"