Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan Doa Sebelum Ujian Agar Dimudahkan dalam Mengerjakan Soal

Daftar Isi [show]

Bacaan Doa Sebelum Ujian Agar Dimudahkan dalam Mengerjakan Soal

Dhiragama.com - Ketika kita dimasa sekolah, pasti hal yang paling menakutkan bagi sebagian dari kita adalah ujian atau ulangan. Tidak jarang ketakutan tersebut membuat kita menjadi nervous hingga membuat semua hal yang sudah dipelajari sebelumnya tiba-tiba saja lenyap dari ingatan kita sehingga membuat kita kesulitan ketika mengerjakan soal ujian atau ulangan.

Tapi masih ingatkah kamu dengan istilah bahwa setiap usaha harus diiringi dengan doa? Jika pada kesempatan lalu kita membahas tentang doa sebelum dan sesudah belajar yang memiliki keutamaan agar kita mudah dalam memahami materi pembelajaran yang ada. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang doa sebelum dan sesudah ujian dimana keutamaannya adalah agar kita diberikan kelancaran dan kemudahan ketika mengerjakan soal. Yuk simak pembahasan selanjutnya dibawah ini.

Doa Sebelum Ujian Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal

Sebelum ujian atau ulangan alangkah baiknya kita membaca doa terlebih dahulu agar diberikan kelancaran dan kemudahan dalam mengerjalan soal. Berikut adalah doa-doa yang dapat dibaca sebelum ujian atau ulangan.

Baca Juga : Baca Doa Ini Agar Cepat dapat Pekerjaan

Doa Pertama

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

Rabbi yassir wa a‘in wa laa tu‘assir

Artinya : Wahai Tuhanku, mudahkanlah urusanku, bantulah aku, dan jangan Engkau persulit

Doa Kedua

رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْ قَوْلِيْ

 Rabbi shrohli, wa yassir lii amri wahlul uqdatammin lisaani, yafqahu qauli

Artinya : Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.

Doa Ketiga

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

 Allahumma laa sahla ila maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

Artinya : Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau pembuat kesulitan, yang jika Engkau kehendaki, pasti menjadi mudah atasnya.

Baca Juga : Doa dan Tata Cara Mengubur Ari-Ari Sesuai dengan Ajaran Islam

Doa Sesudah Ujian

Setelah ujian selesai adalah baiknya kita mengucapkan lafadz hamdalah sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan kelancaran kepada kita dalam mengerjakan ujian.

ٱلْحَمْدُ لِلَّٰهِ رَبِّ ٱلْعَالَمِينَ

Alhamdulillaahi rabbil'aalamiin

Artinya : Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam

Penutup

Setiap usaha dalam mewujudkan sesuatu yang baik harus diiringi dengan doa kepada Allah SWT memohon agar usaha tersebut diberkahi, diberikan kelancara dan kemudahan dalam menggapai tujuan tersebut, termasuk salah satunya adalah ketika ulangan atau ujian. Doa sebelum ujian pts, agama islam, agar diberi kemudahan dan kelancaran, dzikir untuk anak yang sedang, sebelum dan sesudah ujian, tes kerja.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Bacaan Doa Sebelum Ujian Agar Dimudahkan dalam Mengerjakan Soal"