Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sholat Taubat : Niat, Waktu Pelaksanaan, Tata Cara, Doa Setelah Sholat Taubat

Daftar Isi [show]

Sholat Taubat : Niat, Waktu Pelaksanaan, Tata Cara, Doa Setelah Sholat Taubat

Dhiragama.com - Kita sebagai manusia memanglah tidak ada yang sempurna dan pasti pernah melakukan dosa semasa hidup. Entah dosa kecil ataupun dosa besar hingga membuat kita sulit untuk lepas dari perbuatan dosa tersebut.

Tetapi, Allah SWT yang Maha Pengampun pasti akan selalu memaafkan dan mengampuni segala dosa kita apabila kita benar-benar bertaubat kepada-Nya. Hal tersebut dijelaskan disalah satu ayat dalam Al-Qur'an yakni surah Az-Zumar ayat 53.

قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗ اِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Artinya :  Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. Az-Zumar : 53)

Selain dengan berdoa memohon ampun kepada Allah SWT, kita juga dapat melaksanakan sholat taubat sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW. Hal tersebutlah yang mendasari kita untuk mengetahui bagaimana tata cara sholat taubat serta bagaimana niat dan doa setelah sholat taubat tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang sholat taubat beserta niat, waktu pelaksanaan, tata cara dan soa setelah sholat taubat. Berikut adalah artikelnya.

Niat Sholat Taubat

Berikut ini lafadz Arab, latin, dan terjemahan niat sholat taubat.

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِ ركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

Ushallii sunnatat-taubati rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'aalaa

Artinya : Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat menghadap kiblat karena Allah SWT

Baca Juga : Inilah Tata Cara Sholat Jumat yang Benar Sesuai dengan Anjuran

Waktu Pelaksanaan Sholat Taubat

Shalat taubat dapat dikerjakan kapan saja disepanjang waktu, atau dalam kata lain tidak ada waktu khusus untuk melaksanakan shalat taubat. Tetapi perlu digaris bawahi bahwa pelaksanaan shalat taubat juga harus diikuti dengan amalan yang baik lainnya seperti sholat wajib, bersedekah, dan lain-lain.

Tata Cara Sholat Taubat

Berikut ini adalah tatacara shalat taubat.

1. Membaca niat sholat taubat

2. Melakukan takbiratul ihram

3. Membaca doa iftitah

4. Membaca surah Al-Fatihah

5. Membaca surah pendek Al-Qur'an

6. Melakukan rukuk dengan tumakninah

7. Melakukan i'tidal dengan tumakninah

Baca Juga : Inilah Tata Cara Sholat Tasbih Lengkap Dengan Bacaan Arab dan Latin

8. Membaca doa i'tidal

9. Melakukan sujud dengan tumakninah

10. Duduk diantara dua sujud

11. Melakukan sujud kedua dengan rumakninah

12. Bangun untuk mendirikan sholat taubat raka'at kedua seperti urutan 2 hingga 9 tetapi tanpa membaca doa iftitah

13. Melakukan tasyahud akhir dengan tumakninah

14. Salam

15. Berdo'a memohon ampun kepada Allah SWT

Doa Setelah Sholat Taubat

Setelah sholat taubat, kita dianjurkan untuk beristighfar dan berdoa kepada Allah SWT memohon agar dosa-dosa yang kita lakukan dapat diampuni oleh-Nya. Berikut adalah bacaan istighfar dan doa setelah sholat taubat.

Bacaan Istighfar Setelah Sholat Taubat

أَسْتَغْفِرُ اللهَ اْلعَظِيْمِ اَلَّذِ يْ لَا إِلَهَ إِلاَّ هُوَالْحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُوا اِلَيْهِ

Astaghfirullahal'adzim alladzii laa ilaaha iIlaa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaiih

Artinya : Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan berdiri sendiri dan aku bertobat kepada-Nya.

Doa Setelah Sholat Taubat

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta Rabbi, laa ilaaha illa Anta khalaqtani, wa anaa 'abduka, wa anaa 'ala 'ahdika wawa'dika mastatha'tu, a'uudzubika min syarrimaa shana'tu, abuu'u laka bini'matika alayya wa abuu'u bi-dzanbii, faghfirlii, fa-innahu laa yaghfirudzunuuba illaa anta

Artinya : Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

Baca Juga : Tata Cara Shalat Tahiyatul Masjid: Niat, Doa, dan Waktu Pelaksanaannya

Penutup

Sholat taubat sendiri merupakan amalan sunnah yang apabila dikerjakan dapat meleburkan segala dosa-dosa yang telah kita lakukan dan dapat membuat kita semakin dengan dengan Allah SWT. Tata cara sholat taubat nasuha, zina, sesuai sunnah Rasul, yang shahih, benar, lengkap. Niat dan tata cara sholat taubat dan waktu pelaksanaannya.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Sholat Taubat : Niat, Waktu Pelaksanaan, Tata Cara, Doa Setelah Sholat Taubat"