Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingat! 3 Amalan Ini Pahalanya Akan Terus Mengalir Meski Sudah Wafat

Daftar Isi [show]

Ingat! 3 Amalan Ini Pahalanya Akan Terus Mengalir Meski Sudah Wafat

Dhiragama.com - Ketika manusia meninggal, maka seluruh amal perbuatannya akan terputus, kecuali 3 amalan yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang shalih/shalihah.

Amalan tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muslim. Lantas bagaimana hadits dan penjelasannya? Yuk, simak pembahasan selengkapnya pada artikel dibawah ini.

Hadits Amalan yang Pahalanya Tidak Terputus

Berikut ini adalah hadits tentang amalan yang pahalanya tidak pernah terputus meski sudah wafat.

عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثَةِ: إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Baca Juga : Kumpulan Dalil dan Hadits Tentang Larangan Riba dalam Islam

Artinya : Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah SAW bersabda: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan baginya. (HR. Muslim)

Amalan yang Pahalanya Tidak Terputus Meski Sudah Wafat

Dibawah ini adalah penjelasan amalan-amalan yang tertulis dalam hadits diatas.

Sedekah Jariyah

Ada yang sudah pernah dengan tentang sedekah jariyah? Sedekah sendiri adalah sebutan untuk pemberian sesuatu dari seorang muslim kepada orang yang membutuhkan secara ikhlas tanpa dibatasi waktu dan jumlahnya, serta hanya mengharapkan ridha dan balasan dari Allah SWT. Sedangkan sedekah jariyah merupakan suatu sedekah dimana sesuatu yang disedekahkan itu manfaatnya terus menalir seperti tanah/bangunan wakaf hingga buku-buku. 

Ilmu yang Bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat adalah salah satu dari amalan yang tidak akan teruputus pahalanya meski kita sudah wafat. Apalagi jika ilmu agama, termasuk ilmu membaca, menulis, dan mencintai kitab suci Al-Qur'an.

Baca Juga : Kumpulan Dalil dan Hadits Larangan Bergosip

Doa Anak yang Shalih dan Shalihah

Salah satu bakti seorang anak kepada orang tuanya yang telah meninggal adalah dengan mengirimkan doa. Doa seorang anak dapat menjadi amal yang tidak akan pernah terputus bagi kedua orang tuanya disaat amal lainnya telah terputus.

Penutup

Setiap amal baik yang seorang muslim lakukan pasti akan dibalas oleh Allah SWT. Namun, terdapat 3 amalan yang pahalanya akan terus mengalir meski kita sudah wafat, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang shalih dan shalihah. 3 hadits amalan yang tidak terputus setelah meninggal dunia, Arab, terjemahan.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Ingat! 3 Amalan Ini Pahalanya Akan Terus Mengalir Meski Sudah Wafat"