Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam yang Harus Orang Tua Tahu

Daftar Isi [show]

Cara Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam yang Harus Orang Tua Tahu

Dhiragama.com - Setiap orang tua pasti memiliki cara tersendiri dalam mengasuh dan mendidik si kecil. Namun perlu diketahui, Islam sudah menganjurkan kita sebagai orang tua untuk mengasuh dan mendidik si kecil sesuai dengan Al-Qur'an. 

Lantas bagaimanakah cara mendidik si kecil sesuai dengan ajaran Islam? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Mengajarkan Tauhid

Kata tauhid yang berasal dari bahasa Arab yakni توحيد‎ merupakan ilmu yang mempelajari tentang sfat keesaan Allah SWT. Mengajarkan tauhid kepada si kecil merupakan kewajiban bagi setiap orang tua, bahkan tauhid ini merupakan pembelajaran yang paling utama yang harus diajarkan kepada si kecil. Kewajiban ini tertulis didalam surah Luqman ayat 13. 

Baca Juga : Doa dan Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget dan Game

وَاِذْ قَالَ لُقْمٰنُ لِابْنِهٖ وَهُوَ يَعِظُهٗ يٰبُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللّٰهِ ۗاِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ

Artinya : Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, "Wahai anakku, janganlah kamu menyekutukan Allah, sesungguhnya kesyirikan itu merupakan kezaliman yang besar." (QS. Luqman : 13)

Mengajarkan Adab dan Akhlak

Selain tauhid, yang perlu juga diajarkan kepada si kecil adalah akhlak dan adab. Misalnya adalah adab dan akhlak kepada Allah SWT yaitu dengan tidak menyekutukannya dan berbuat apapun yang dilarang, adab dan akhlak kepada Rasulullah SAW dengan melaksanakan sunnah-sunnah beliau, serta adab dan akhlak kepada orang tua dan sesama manusia.

Mengajarkan Ibadah

Sedari kecil, anak memamnglah harus dikenalkan dengan agama dan ibadah yang wajib dilakukannya ketika baligh atau dewasa. Pengenalan tersebut dapat dibuat semenarik mungkin seperti selalu mengajak anak sholat berjmaah baik di rumah ataupu di masjid, serta mengajar anak untuk mengenal huruf-huruf hijaiyah dan berlajar mengaji.

Baca Juga : Yuk Moms! Mulai Ajari Si Kecil Doa Menghilangkan Rasa Takut

Bersikap Lemah Lembuh Namun Tegas

Sebagai orang tua, kita harus menjadi sosok dapat membuat si kecil merasakan bahwa dirinya selalu disayang dan selalu dalam perlindungan kita. Islam menganjurkan bahwa setiap orang tua harus bersikap lemah lembut kepada si kecil. Namun, sikap lemah lembut tersebut harus dibarengi dengan sikap yang tegas ketika mendidik si kecil. Seperti memeluk, mencium dan memuji anak ketika dirinya berhasil dalam suatu hal dan memberitahu anak dengan lembut tentang kesalahan yang telah ia lakukan.

Bersikap Adil

Terakhir adalah selalu bersikap adil kepada semua anak-anak. Terkadang tanpa kita sadari kita menunjukkan sikap yang berbeda kepada salah satu anak, atau bahkan kita sering membandingkan dengan anak lainnya. Sikap seperti itulah yang dilarang Islam dalam cara mendidik anak. Karena sikap tersebut dapat membuat si kecil menarik kesimpulan bahwa kita tidak menyayanginya.

Baca Juga : Ibu, Jangan Lupa Baca Doa Ini Ketika Menyuapi si Kecil Makan

Penutup

Itulah cara mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam yang perlu kita ketahui sebagai orang tua dan tentu saja kita dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari bersama si kecil. Psikologi, cara mendidik anak dalam, menurut Islam sesuai umur, pdf, Al Quran dan hadits, usia 7 tahun, perempuan menurut Islam, Rasulullah.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Cara Mendidik Anak Sesuai dengan Ajaran Islam yang Harus Orang Tua Tahu"