Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baca Doa Ini Agar Ingatan Menjadi Kuat dan Tidak Mudah Lupa

Daftar Isi [show]

Baca Doa Ini Agar Ingatan Menjadi Kuat dan Tidak Mudah Lupa

Dhiragama.com - Salah satu kebiasaan kita sebagai manusia adalah lupa. Bahkan tidak jarang ada beberapa orang yang mudah sekali melupakan hal-hal yang baru saja terjadi atau dialaminya. Tetapi sebagai seorang muslim, terdapat doa dan tips yang dapat membantu kita memperkuat ingatan agar tidak mudah lupa terhadap sesuatu.

Penasaran bagaimana bacaan doa dan tips agar ingatan menjadi kuat dan tidak mudah lupa? Simak pembahasannya pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

Doa Agar Ingatan Kuat dan Tidak Mudah Lupa

Berikut ini adalah bacaan Arab, latin, dan terjemahan doa agar ingatan kuat dan tidak mudah lupa.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ نَفْسِيْ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ

Allahumma ij'al nafsi muthmainnatan, tu'minu bi liqaika wa tardla bi qadlaika.

Artinya : Ya Allah, jadikan jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas garis yang Engkau tentukan.

Baca Juga : Para Istri Wajib Baca Doa Ini Agar Suami Tidak Selingkuh

Selain membaca doa di atas, kita juga dapat membaca doa di bawah ini. Berikut adalah bacaan Arab, latin, dan terjemahan dari doa lainnya agar ingatan kuat dan tidak mudah lupa.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

Allahumma inni a’udzubika minal jubni wa a’udzubika an uradda ila ardzalil umuri wa a’udzubika min fitnatid dunya wa a’udzubika min adzabil qabri

Artinya : Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku berlindung kepada-Mu kepada serendah-rendahnya usia (pikun), aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia, dan aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur.

Tips Agar Ingatan Kuat dan Tidak Mudah Lupa

Berikut adalah beberapa tips agar ingatan kuat dan tidak mudah lupa.

Meningkatkan Keimanan Diri dengan Beribadah

Tips pertama adalah dengan rajin beribadah, seperti tidak meninggalkan sholat fardhu. Selain itu kita juga dapat mengiringi sholat fardhu dengan sholat sunnat. Rajin beribadah memiliki manfaat yang baik bagi tubuh baik secara fisik, batin maupun mental, salah satunya adalah dapat meningkatkan kinerja otak.

Baca Juga : Baca Doa Ini Agar Si Kecil Nurut Kepada Orang Tua

Istirahat yang Cukup

Tubuh dan otak memiliki hak untuk beristirahat setelah banyak beraktivitas. Salah satu penyebab kita sering lupa atau merasa ingatan tidak terlalu kuat adalah karena tubuh kita kurang istirahat. Maka dari itu kita harus meluangkan waktu untuk beristirahat dengan cukup, misalnya seperti tidak begadang.

Perbanyak Bersyukur Kepada Allah SWT

Tips selanjutnya adalah dengan memperbanyak bersyukur kepada Allah SWT segala nikmat yang telah kita terima. Cara ini dapat memperkuat ingatan kita karena dengan selalu bersyukur kita akan selalu mengingat Allah SWT. 

Memperbanyak Berdzikir

Berdzikir memiliki banyak sekali manfaat mulai dari membuat kita selalu mengingat Allah SWT hingga dapat meningkatkan kinerja otak yang dapat membuat ingatan lebih tajam dan kita tidak mudah lupa. Hal ini karena ketika kita berdzikir, kita melakukan pengulangan rutin pelafalan kalimat thayyibah seperti istighfar, tahmid, tahlil, takbir, dan tasbih yang akan membuat saraf-saraf di otak menjadi lebih aktif.

Menghindari Perbuatan Maksiat

Terakhir adalah dengan menghindari perbuatan maksiat, karena hal tersebut dapat menurunkan daya ingat dan membuat kita lalai.

Baca Juga : Tips Agar Rumah Tangga Selalu Harmonis dan Bahagia Menurut Islam

Penutup

Salah satu cara memperkuat ingatan agar tidak mudah lupa adalah dengan rajin beribadah, berdoa kepada Allah SWT serta rajin mengingat Allah SWT. Doa yang dapat dibaca adalah salah satu doa yang tertulis diatas. Doa, dzikir ketika agar tidak pikun, lupa pelajaran, barang, sholat. Doa, dzikir kecerdasan dan kekuatan ingatan
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Baca Doa Ini Agar Ingatan Menjadi Kuat dan Tidak Mudah Lupa"