Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Lupa Baca Doa Ini Ketika Terjadi Gempa Bumi

Daftar Isi [show]

Jangan Lupa Baca Doa Ini Ketika Terjadi Gempa Bumi

Dhiragama.com - Beberapa hari ini Indonesia sedang marak sekali terjadinya gempa bumi. Secara harfiah gempa bumi adalah pergeseran lempengah-lempengan bumi yang diakibatkan oleh aktivitas gunung berapi yang biasa disebut dengan gempa vulkanik ataupun benturan dari lempeng bumi yang disebut dengan gempa tektonik.

Gempa bumi sendiri merupakan salah satu bencana alamt yang suit diprediksi kapan terjadinya karena bencana tersebut terjadi didalam bumi. 

Selain menyelamatkan diri ketika terjadi gempa, sebagai seorang muslim kita juga harus berdoa kepada Allah SWT memohon agar diberikan keselamatan dan dilindungi dari berbagai macam bahaya yang disebabkan oleh bencana alam tersebut. 

Maka dari itu Dhiragama akan merangkum doa-doa yang dapat dibaca ketika terjadi gempa bumi ataupun bencana alam lainnya sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Berikut adalah pembahasan lengkapnya.

Doa Ketika Terjadi Gempa Bumi

Berikut ini adalah bacaan arab, latin, dan terjemahan doa yang dapat dibaca ketika terjadi gempa bumi.

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allaahumma innii asaluka khairaha wa khaira maa fiihaa, wa khaira maa arsalta bihi, wa a'uudzubika min syarrihaa, wa syarri maa fiihaa wa syarri maa arsalta bihi

Baca Juga : Baca Doa Ini Sebelum Masuk Pasar atau Mall dan Ketika Berbelanja

Artinya : Ya Allah, aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan. (HR. An-Nasa'i)

Doa Memohon Keselamatan dari Bencana Alam

Selain doa diatas, kita juga dapat membaca doa dibawah ini untuk memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT dari berbagai bencana alam yang terjadi. Doa berikut ini merupakan surah Hud ayat 47.

قَالَ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُنْ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Rabbi innii 'a'uu dubika ann as alaka maa laisa lii bihi 'ilmun wa illaa tag firlii wa tar ham nii akum minal khaa siriin

Artinya : Ya Tuhanku, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk golongan orang-orang yang merugi. (QS. Hud : 47)

Doa lainnya yang dapat dibaca untuk memohon perlindungan Allah SWT dari bencana alam adalah doa dibawah ini.

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْه

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha

Baca Juga : Jangan Lupa Baca Doa Ini Ketika Dizalimi Orang Lain

Artinya : Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik.

Penutup

Itulah doa-doa yang dapat dibaca ketika terjadi gempa bumi ataupun bencana alam lainnya sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ya Rabbal 'Aalamiin. Bacaan doa ketika terkena, mendengar musibah, ada bencana gempa bumi sesuai sunnah, arab, latin, dan artinya.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Jangan Lupa Baca Doa Ini Ketika Terjadi Gempa Bumi"