Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak! Penjelasan Lengkap Tentang Puasa Mutih : Niat, Tata Cara, dan Doanya

Daftar Isi [show]

Simak! Penjelasan Lengkap Tentang Puasa Mutih : Niat, Tata Cara, dan Doanya

Dhiragama.com - Puasa mutih merupakan tradisi jawa yang biasanya dilakukan oleh calon pengantin terutama calon pengantin wanita yaitu puasa yang hanya memperbolehkan orang yang melaksanaan hanya makan nasi putih dan minum air putih saja tanpa tambahan gula ataupun garam dengan tujuan menyucikan diri agar setiap hajat ataupun keinginan dapat terwujud.

Untuk mengetahui bagaimana bacaan niat dan tata cara puasa mutih ini, kita dapat menyimak pembahasannya pada artikel dibawah ini.

Tata Cara Puasa Mutih

Berikut ini adalah tata cara puasa mutih lengkap dengan bacaan niat dan doanya.

Melaksanakan Makan Sahur

Tata cara pertama puasa mutih adalah melaksanakan makan sahur sama seperti tata cara puasa lainnya. Tetapi yang membedakan makan sahur puasa mutih dengan makan sahur puasa lainnya adalah makan sahut puasa mutih hanya mengonsumsi nasi putih dan air putih saja.

Baca Juga : Inilah Jenis Penyakit Hati dalam Islam dan Dampaknya Bagi Diri Sendiri

Membaca Niat Puasa Mutih

Bacaan niat puasa mutih adalah sebagai berikut.

Niat ingsun puasa mutih supados putih batin kulo, putih awak kulo, putih kaya dining banyu suci karena Allah Ta’ala.

Artinya : Saya berniat puasa mutih supaya putih batin saya, putih badan saya, putih seperti air suci karena Allah Ta'ala.

Menghindari Amal Buruk

Ketika melaksanakan puasa, baik puasa mutih ataupun puasa lainnya, yang melaksanaan puasa mutih tidak diperbolehkan untuk berkata yang tidak baik, berbohong, dan melakukan hal buruk lainnya.

Memperbanyak Amal Ibadah

Selain menghindari amal buruk dan menahan hawa nafsu, orang yang melaksanakan puasa mutih ini juga harus memperbanyak amal ibadah seperti melaksanakan sholat wajib, membaca Al-Qur'an, berdzikir dan membaca sholawat.

Baca Juga : Tren Model Baju Gamis 2022 Ini Siap Dongkrak Gaya Berbusanamu

Membaca Doa

Salah satu doa yang mustajab adalah doa orang yang berpuasa. Karena itu, orang yang melaksanakan puasa mutih ataupun puasa lainnya dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT agar segala keinginan dapat terkabul.

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma Innaka 'afuwwun tuhibbul'afwa fa'fu 'annii

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf suka memberi maaf, maka maafkanlah daku.

Menyegerakan Berbuka Puasa

Ketika sedang berpuasa dan waktu Maghrib tiba, kita dianjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa. Tapi sebelum berbuka puasa, alangkah baiknya mengawali berbuka dengan membaca doa dibawah ini.

اللَّهُمَّ لَك صُمْت وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إنْ شَاءَ اللَّهُ

Allahumma laka shumtu wabika aamantu wa 'ala rizqika afthartu dzahabadhdhomau wabtallatil 'uruuqu wa tsabatal ajru insyaa Allah.

Artinya : Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman dan dengan rizki-Mu aku berbuka.

Baca Juga : Gaya Busana Muslim Tahun 2022 Ini Bisa Jadi Pilihan Style Barumu

Penutup

Itulah penjelasan lengkap tentang puasa mutih disertai tata cara, bacaan niat, dan doanya. Bagaimana, tertarik mencoba tradisi tersebut? Tata cara, waktu puasa mutih 3 hari 2 malam, 1 hari, weton, sebelum menikah, tanpa guru, yang benar. Tata cara puasa mutih 7 hari, 1 hari, untuk mendapat jodoh, senin kamis. Niat dan, bagaimana tata cara puasa mutih.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Simak! Penjelasan Lengkap Tentang Puasa Mutih : Niat, Tata Cara, dan Doanya"