Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cerita dan Doa Isra Miraj yang Dapat Dibaca Saat Peringatan Isra Miraj

Daftar Isi [show]

Doa Ketika Isra Miraj

Dhiragama.com - Tahun 2022 ini Isra Miraj jatuh pada tanggal 28 Februari 2022, dimana Isra Miraj merupakan sebuah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW pada 27 Rajab tahun 621 Masehi dari Masjidil Haram, menuju Masjidil Aqsa lalu naik ke Sidratul Muntaha atau langit ketuju.

Peristiwa tersebut menjadi peristiwa yang sangat penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa tersebutlah turun perintah untuk melaksanakan sholat wajib 5 waktu. Peristiwa tersebut juga tertulis di dalam Al-Qur'an surah Al-Isra ayat 1.

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya : Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat. (QS. Al-Isra : 1)

Jika pada artikel lalu kita telah membahas tradisi Isra Miraj yang ada di Indonesia, pada artikel kali ini kita akan membahas doa yang dibaca Nabi Muhammad SAW ketika Isra Miraj serta doa yang dapat dibaca umat Islam ketika peringatan Isra Miraj. Yuk simak pemabahasannya dibawah ini.

Doa Rasulullah SAW Ketika Isra Miraj

Pertama kita akan membahas doa yang dibaca Rasulullah SAW ketika melaksanakan Isra Miraj, berikut adalah bacaan Arab, latin, dan terjemahannya.

Baca Juga : Ragam Tradisi Isra Miraj Beberapa Daerah di Indonesia

اللهُمَّ اِنِّي أَسْأَلُكَ بِمُشَاهَدَةِ أَسْرَارِ الْمُحِبِّيْنَ، وَبِالْخَلْوَةِ الَّتِي خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ، حِيْنَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ، أَنِ ارْحَمْ قَلْبِي الْحَزِيْنَ، وَتُجِيْبَ دَعْوَتِي يَا أَكْرَمَ اْلأَكْرَمِيْنَ

Allahumma inni as-aluka bi musyahadati israari al-muhibbin, wabilhalawatillati khash-shashasta biha sayyidil mursalin, hina asrarta bihi lailata as-sab'I wal 'isyrina, anirham qalbiia al-haziin, tujibta da'wati, yaa-akramil akramiin

Artinya : Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia para ahlul mahabbah dengan kemulian khalwat (pertemuan tersembunyi) yang hanya Engkau berikan kepada Nabi Muhammad pemimpin para Rasul ketika Engkau berikan kesempatan kepada beliau pada malam 27 Rajab, berikanlah hatiku yang sedang galau akan kasih sayangMu serta kabulkan doa-doaku, Wahai yang Maha memiliki kedermawanan.

Doa yang Dapat Dibaca Saat Peringatan Isra Miraj

Pembahasan selanjutnya adalah doa yang dapat dibaca umat Muslim ketika memperingati Isra Miraj. Berikut adalah lafadz Arab, latin, dan terjemahan dari doa tersebut.

Allahumma thahhir lisaanii minal kadzibi wa qalbii minan nifaaqi wa ‘amalii minar riyaa-i wa basharii minal khiyaanati fa innaka ta’lamu khaa-inatal a’yuni wa maa tukhfish shuduuru

Baca Juga : Inilah Kisah Lengkap Peristiwa Isra Miraj

Artinya : Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesungguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati.

Penutup

Itulah doa yang dapat dibaca oleh umat Muslim ketika memperingati Isra Miraj nanti pada 28 Februari 2022. Doa Isra Miraj arab, latin, dan artinya, terjemahannya.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Cerita dan Doa Isra Miraj yang Dapat Dibaca Saat Peringatan Isra Miraj"