Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Agar Haid Cepat Keluar Menurut Islam

Daftar Isi [show]

Doa dan Cara Agar Haid Cepat Keluar
Dhiragama.com - Haid atau menstruasi merupakan keluarnya darah alat vital perempuan yang terjadi sebagai dampak dari siklus bulanan. Pada umumnya perempuan mulai mengalami menstruasi di usia 10-14 tahun.

Haid terjadi karena peluruhan lapisan rahim yang menebal karena tidak adanya pembuahan. Umumnya siklus haid terjadi setiap satu bulan sekali atau 11-13 kali dalam satu tahun. Namun tidak jarang juga terjadi keterlambatan pada siklus menstruasi.

Salah satu penyebab dari keterlambatan siklus menstruasi adalah kesehatan fisik ataupun banyaknya hal-hal yang membuat tingkat stres meningkat.

Untuk itu, pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai doa yang dapat dibaca dan cara agar haid cepat keluar menurut Islam.

Doa Agar Haid Cepat Keluar

Berikut ini adalah doa Arab, latin, dan terjemahan agar haid cepat keluar menurut Islam.

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannasi adz-hibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifaa-a illa syifa-uka syifa-an la yughadiru saqaman.

Artinya :

Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkanlah, engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa sakit. (HR. Bukahari)

Baca Juga : Harga Hewan Qurban Lengkap Sapi, Kambing, Domba, Kerbau, Unta

Cara Agar Haid Cepat Keluar

1. Istirahat yang Cukup

Ketika siklus haid tidak teratur atau tidak lancar, kita dapat memperbaikinya dengan cara menjaga pola istirahat atau tidur yang cukup. Dalam sehari waktu tidur yang dianjurkan selama 7-8 jam. 

2. Meditasi

Setelah mengatur jam tidur, kita dapat melakukan meditasi untuk melancarkan haid. Hal ini karena kegiatan meditasi dapat mengurangi stres dan menyeimbangkan hormon di tubuh. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk meditasi:
  • Duduk di tempat yang tenang. Hal ini dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan
  • Posisikan duduk dengan tubuh yang tegak dan posisi tangan rileks di atas paha
  • Ambil nafas dalam-dalam melalui hidung lalu hembuskan perlahan melalui mulut
  • Tenangkan pikiran dan fokuskan untuk mendengarkan suara-suara yang ada di sekitar
  • Lakukan meditasi setiap hari di pagi atau malam hari sebelum tidur

3. Menjaga Berat Badan

Berat badan yang kurang atau berlebih juga dapat mengacaukan jadwal datang bulan. Hal ini yang dapat dihindari dengan menjaga berat badan. Cara ini dapat diawali dengan membiasakan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur.

Baca Juga : Cara Membayar Fidyah Puasa Ramadhan dengan Uang

4. Perbanyak Minum Air Putih

Selain menjaga berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga, memperbanyak konsumsi air putih juga dapat membantu memperlancar haid. Hal ini karena air mineral dapat menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. 

5. Kompres Perut dengan Air Hangat

Terakhir kita dapat mengompres perut dengan air hangat, dimana cara ini dapat membantu otot agar lebih rileks dan dapat meredakan stres. Selain itu, suhu panas yang diterima tubuh juga dapat melancarkan aliran darah.

Kesimpulan

Ketika haid tidak lancar terdapat faktor-faktor yang memengaruhinya, salah satunya adalah fisik dan mental yang butuh istirahat. Ketika hal tersebut terjadi, kita dapat membaca doa agar haid cepat keluar menurut Islam sambil berikhtiar melakukan beberapa cara di atas agar haid cepat keluar. 
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Doa Agar Haid Cepat Keluar Menurut Islam"