Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Sebelum Tidur dan Ketika Bangun Tidur

Daftar Isi [show]

Doa Sebelum Tidur dalam Islam

Dhiragama.com -  Ketika kita sedang merasa sangat lelah, tidur menjadi kegiatan yang paling menyenangkan. Tidur sebagai kegiatan beristirahat sudah disebutkan dalam Al-Qur'an surah An-Naba ayat 9,

وَّجَعَلۡنَا نَوۡمَكُمۡ سُبَاتًا

Waja'alnan naumakum subata

Artinya : dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat (QS. An-Naba : 9)

Namun, sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk selalu berdoa sebelum melakukan suatu aktivitas, salah satunya adalah berdoa sebelum dan ketika bangun tidur. Dengan membaca doa sebelum tidur kita dapat terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan salah satunya adalah mimpi buruk dan dengan membaca doa bangun tidur adalah sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Selain berdoa sebelum dan ketika bangun tidur, kita dapat mengamalkan beberapa sunnah yang Rasulullah SAW kerjakan. 

Lalu bagaimanakah lafadz doa sebelum tidur dan doa ketika bangun tidur? Dan apa saja sunnah yang Rasulullah SAW lakukan sebelum dan ketika bangun tidur? Simak selengkapnya pada penjelasan dibawah ini.

Doa Sebelum Tidur: Arab, Latin dan Terjemahan

Berikut ini adalah doa sebelum tidur disertai dengan arab, latin dan terjemahannya.

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut

Artinya : Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati

Baca Juga : Yuk baca doa-doa ini ketika memulai aktivitas

Doa bangun Tidur: Arab, Latin dan Terjemahan

Berikut ini adalah doa bangun tidur disertai dengan arab, latin dan terjemahannya.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur

Artinya : Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan.

Sunnah Rasulullah SAW Sebelum Tidur

Sebelum tidur, Rasulullah SAW melakukan beberapa sunnah yang dianjurkan untuk kita ikuti agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan ketika tidur. Sunnah-sunnah tersebut diantaranya adalah,

1. Berwudhu

Sunnah pertama yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah berwudhu. Wudhu yang dilakukan sama seperti ketika kita ingin mendirikan shalat. Rasulullah SAW bersabda,

Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu (HR. Bukhari dan Muslim)

Sunnah pertama ini juga terdapat dalam hadits lain yakni,

Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka berwudhulah sebagaimana wudhumu untuk sholat. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Membaca Doa Sebelum Tidur

Sebagai seorang muslim setiap aktifitas yang akan kita lakukan wajib diawali dengan berdoa, salah satunya adalah tidur. Sebelum tidur kita dianjurkan untuk membaca doa agar terhindar dari mimpi buruk dan hal-hal lainnya. Doa sebelum tidur yang dapat dibaca seperti yang sudah tertulis diatas.

3. Membaca Ayat Kursi (QS. Al-Baqarah ayat 255)

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allaahu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim.

Artinya : Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. Al-Baqarah : 255)

Baca Juga : Baca doa dan amalkan ini agar terhindar dari mimpi buruk

4. Membersihkan Tempat Tidur

Sunnah sebelum tidur yang selanjutnya adalah membersihkan tempat tidur. Membersihkan tempat tidur dapat membuat tidur kita lebih nyenyak karena tempat tidur terasa bersih dari bakteri, kuman atau virus yang dapat memicu berbagai penyakit. Rasulullah SAW pernah bersabda,

Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillaah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi. (HR. Al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi dan Abu Dawud)

5. Membaca Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas

Sunnah yang keempat adalah sebelum tidur kita dianjurkan untuk membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas masing-masing satu kali dengan mengadahkan tangan lalu meniupkan dan mengusapkannya ke anggota tubuh. Anjuran ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari bahwa Aisyah RA pernah berkata,

Nabi SAW ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali. (HR. Bukhari)

6. Tidur dengan Posisi Tubuh Menghadap ke Kanan Saat Tidur

Ketika tidur Rasulullah SAW memposisikan tubuhnya menghadap kesebelah kanan. Posisi tidur seperti itu memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah dapat menurunkan aktivitas sistem saraf sehingga detak jantung serta tekanan darah dapat menurun. Sunnah tersebut sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW.

Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits lainnya yang menyebutkan tentang sunnah ini adalah sebagai beirkut,

ثُمَّ اضْطَّجِعْ على شِقِّكَ الأَيْمَنِ

Artinya : Berbaringlah diatas rusuk sebelah kananmu. (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Memperbanyak Berdzikir

Sunnah selanjutnya yang dianjurkan untuk dikerjakan sebelum tidur adalah memperbanyak berdzikir dan mengingat Allah SWT. Dzikir yang dapat dibaca adalah Tasbih, Tahmid dan Takbir yang masing-masing dibaca sebanyak 33 kali.

Baca Juga : Baca doa ini agar dapat terhindar dari santet, pelet dan guna-guna lainnya

Tasbih (Dibaca 33x)

سُبْحَانَ اللهِ

Subhaanallah

Artinya : Maha Suci Allah

Tahmid (Dibaca 33x)

الْحَمْدُلِلهِ

Alhamdulillah

Artinya : Segala puji bagi Allah

Takbir (Dibaca 33x)

اللهُ اَكْبَرُ

Allahu Akbar

Artinya : Allah Maha Besar

8. Membaca 2 Ayat Terakhir QS. Al-Baqarah (yakni ayat 285-286)

Sunnah yang dapat dikerjakan sebelum tidur berikutnya adalah membaca dua ayat terakhir yang terletak pada Al-Qur'an surah Al-Baqarah, yakni ayat 285 dan 286.

اٰمَنَ الرَّسُوۡلُ بِمَاۤ اُنۡزِلَ اِلَيۡهِ مِنۡ رَّبِّهٖ وَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ‌ؕ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰٓٮِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ ۚ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ اَحَدٍ مِّنۡ رُّسُلِهٖ‌ ۚ وَقَالُوۡا سَمِعۡنَا وَاَطَعۡنَا‌ ۖ غُفۡرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيۡكَ الۡمَصِيۡرُ

Aamanar-Rasuulu bimaaa unzila ilaihi mir-Rabbihii walmu'minuun, kullun aamana billaahi wa Malaaa'ikathihii wa Kutubhihii wa Rusulih laa nufarriqu baina ahadim-mir-Rusulihii wa qooluu sami'naa wa ata'naa ghufraanaka Rabbanaa wa ilaikal-masiir

Artinya : Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), "Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya." Dan mereka berkata, "Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali." (QS. Al-Baqarah : 285)

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفۡسًا اِلَّا وُسۡعَهَا ‌ؕ لَهَا مَا كَسَبَتۡ وَعَلَيۡهَا مَا اكۡتَسَبَتۡ‌ؕ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَاۤ اِنۡ نَّسِيۡنَاۤ اَوۡ اَخۡطَاۡنَا ‌ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَاۤ اِصۡرًا كَمَا حَمَلۡتَهٗ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِنَا ‌‌ۚرَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖ‌ ۚ وَاعۡفُ عَنَّا وَاغۡفِرۡ لَنَا وَارۡحَمۡنَا ۚ اَنۡتَ مَوۡلٰٮنَا فَانۡصُرۡنَا عَلَى الۡقَوۡمِ الۡكٰفِرِيۡنَ

Laa yukalliful-laahu nafsan illaa wus'ahaa, lahaa maa kasabat wa 'alaihaa maktasabat; Rabbanaa la tu'aakhiznaa in nasiinaaa aw akhtaanaa; Rabbanaa wa laa tahmil-'alainaaa isran kamaa hamaltahuu 'alal-laziina min qablinaa, Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihii, wa’fu’annaa waghfirlanaa warhamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qaumil kaafiriin

Artinya : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir." (QS. Al-Baqarah : 286)

Baca Juga : Merasa cemas? Yuk baca doa ini agar perasaan cemas hilang

Sunnah Rasulullah SAW Ketika Bangun Tidur

Setelah berdoa Rasulullah SAW menganjurkan sunnah-sunnah lainnya ketika bangun tidur. Sunnah-sunnah tersebut antara lain,

1. Duduk dan Mengusap Wajah

2. Membaca 10 Ayat Terakhir Surah Ali-Imran

3. Mencuci Tangan

4. Membersihkan Hidung

5. Bersiwak atau menggosok gigi

6. Berwudhu

Penutup

Sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk selalu berdoa sebelum melakukan suatu aktivitas, salah satunya adalah berdoa sebelum dan ketika bangun tidur. doa islam sebelum tidur dan ketika bangun tidur disertai dengan arab, latin dan terjemahannya.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Doa Sebelum Tidur dan Ketika Bangun Tidur "