Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 9 Ciri-ciri Fisik Rasulullah SAW

Daftar Isi [show]

9 Ciri-ciri Fisik Rasulullah SAW

Dhiragama.com - Nabi Muhammad SAW adalah Nabi terakhir didalam agama Islam. Di utusnya Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul terakhir oleh Allah SWT melalui peristiwa turunnya wahyu yakni surah Al-'Alaq ayat 1-5 di Gua Hira.

Penggambaran dari bentuk fisik Rasulullah SAW sangat dilarang keras. Mengapa demikian? Karena hal tersebut untuk menjaga kemurnian akidah umat muslim. Tetapi kita dapat mengetahui bagaimana akhlak dan ciri-ciri fisik dari Rasulullah SAW melalui hadits-hadits yang ada yang inti haditsnya sudah kita rangkum pada artikel dibawah ini.

Jadi tunggu apalagi yuk kita simak pembahasan selengkapnya dibawah ini. Selamat Membaca!

Kumpulan Dalil dan Hadits Tentang Akhlak Rasulullah SAW

Qur'an Surah Al-FathAyat 29

مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ

Artinya : Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka (QS. Al-Fath : 29)

Qu'an Surah Al-Ahzab Ayat 21

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya : Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. Al-Ahzab : 21)

Baca Juga : Kisah kaum Nabi Hud AS yang ditimpa azab angin kencang

Qur'an Surah Al-Anbiya : 107

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

Artinya : Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam (QS. Al-Anbiya : 107)

Hadits Riwayat Muslim

Anas RA mengatakan, 

كَانَ رَسُوْلُ اللهَ أَحْسَنَ النَّاسِ خُـــلُـــقًا

Artinya : Rasulullah adalah manusia yang terbaik akhlaknya (HR. Muslim)

Hadits Riwayat al-Bukhari dan Muslim

Jawaban Aisyah RA atas pertanyaan tentang akhlak Rasulullah SAW,

كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ

Artinya : Akhlaknya adalah al-Qur`ân (HR al-Bukhâri dan Muslim)

Ciri-ciri Fisik Rasulullah SAW

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri fisik Rasulullah SAW dari ujung rambut hingga warna kulit Beliau.

Rambut dan Bentuk Kepala

Ciri-ciri pertama yang akan kita bahas adalah rambut dan juga bentuk kepala Rasulullah SAW. Nabi SAW memiliki bentuk kepala yang besar dan rambutnya berwarna hitam kelam. Tipe rambut Beliau ada diantara keriting dan lurus atau biasa disebut ikal. Rasulullah SAW membiarkan rambutnya panjang terurai hingga pundak.

Paras yang Indah

Rasulullah SAW memiliki paras yang sangat indah. Nabi SAW memiliki bentuk dahi yang lebar dan alis yang tebal dan saling bertaut. Selain itu, Rasulullah SAW memiliki bentuk mata yang lebar dan hitam yang dibagian putihnya terdapat garis tipis berwarna merah dengan bulu mata yang berwarna hitam pekat. Di pelupuk matanya juga nambak sebuah bayang-bayang hitam seperti shadow dengan tatapan mata yang tajam.

Baca Juga : 5 Mukjizat yang Allah SWT Karuniakan Kepada Nabi Isa AS

Selain itu, Rasulullah SAW juga memiliki bentuk hidung yang halus dan juga merata serta gigi yang bercelah-celah. Rasulullah SAW juga memiliki cambang yang lebar. 

Bentuk paras yang begitu sempurna ini dapat membuat siapapun yang menatap Rasulullah SAW akan langsung terpikat.

Anas RA mengatakan,

كَانَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَأَجْمَلَ النَّاسِ وَأَشْجَعَ النَّاسِ

Artinya : Beliau adalah orang yang paling dermawan, paling tampan dan paling pemberani (HR al-Bukhari dan Muslim)

Bentuk Tubuh

Ciri fisik yang berikutnya adalah bentuk tubuh Rasulullah SAW. Nabi SAW memiliki postur tubuh yang tidak tinggi tetapi tidak juga pendek. Tubuh Beliau tegap dengan dada yang lebar serta bahu yang bidang dan tubuhnya yang selalu menebarkan wangi. Selain itu, Rasulullah SAW juga memiliki bentuk telapak tagan serta kaki yang tebal.

Warna Kulit

Ciri fisik terakhir adalah warna kulit yang dimiliki Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW memiliki warna kulit yang terang dan jernih.

Baca Juga : Kisah Nabi Idris AS, menjadi Manusia Pertama yang Pandai Baca Tulis

Penutup

Rasulullah SAW memanglah seorang manusia yang sempurna dari sisi akhlak dan juga fisik. Meski tidak ada dan tidak akan pernah ada yang dapat menggambarkan beliau karena hal tersebut sangat dilarang, kita dapat mengetahui bagaimana rupa Rasulullah SAW melalui ciri-ciri fisik beliau.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Inilah 9 Ciri-ciri Fisik Rasulullah SAW"