Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa dan Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget dan Game

Daftar Isi [show]

Doa dan Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget dan Game

Dhiragama.com - Gadget atau gawai merupakan alat elektronik berukuran kecil yang memiliki fungsi khusus dan dapat mempermudah penggunaanya yang dapat dibawa kemanapun kita pergi. Fungsi utama dari gadget sendiri adalah sebagai media komunikasi serta akses informasi. Namun, dengan perkembangan zaman gadget juga digunakan sebagai sarana hiburan, seperti menonton film, video ataupun bermain game.

Zaman sekarang semua orang pasti bersahabat dengan gadget masing-masing, hingga tanpa sadar sudah membuat kita ataupun si kecil kecanduan gadget. Tetapi pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana bacaan doa serta cara agar anak tidak kecanduan gadget dan game. Simak pembahasan selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Doa Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget dan Game

Berikut ini adalah doa agar anak tidak kecanduan gadget ataupun game.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar

Artinya : Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.

Baca Juga : Baca Doa Ini Agar Si Kecil Nurut Kepada Orang Tua

Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Yuk, simak! Berikut ini adalah cara-cara yang dapat diterapkan oleh kita sebagai orang tua agar anak tidak kecanduan gadget.

Memberikan Batasan Waktu Penggunaan Gadget

Sebagai orang tua hal pertama yang harus kita perhatikan ketika memutuskan untk memberikan si kecil gadget adalah batasan waktu penggunaannya. Batasan waktu ini termasuk pada semua benda-benda elektronik seperti TV, komputer, tablet, ataupun ponsel. Berikut adalah rekomendasi batasan waktu penggunaan gadget dari American Academy of Pediatrics.

1. Usia 0 - 18 Bulan = Tidak dianjurkan berhubungan dengan layar gadget termasuk TV. Pengecualian apabila untuk sekedar video call dengan kerabat ataupun kakek dan nenek, tetapi tidak memakan waktu yang lama.

2. Usia 2 - 5 Tahun = Tidak lebih dari 1 jam per-hari dalam menggunakan gadget termasuk TV dan komputer.

3. Usia > 6 Tahun = Tidak lebih dari 2 jam per-hari dalam menggunakan gadget termasuk TV dan komputer.

Selain waktu penggunaan, sebagai orang tua kita juga harus membuat si kecil mengerti bahwa ada waktu ataupun lokasi harus bebas gadget, seperti ketika di atas meja makan dan ketika 1 jam sebelum tidur.

Berikan Anak Saran Aktivitas Fisik yang Lebih Menarik

Cara selanjutnya adalah dengan memberikan saran aktivitas menarik selain hanya dengan bermain gadget atau menonton TV. Aktivitas fisik yang kita sarankan kepada buah hati harus sesuai dengan usia dan juga minat si anak. Bila perlu aktivitas yang diberikan adalah aktivitas menarik yang dapat dilakukan bersama, seperti bersepeda, hiking, memancing, berenang, ataupun aktivitas lainnya.

Baca Juga : Suami Wajib Hafal Doa dan Ciri-Ciri Ini Agar Tahu Istri Selingkuh atau Tidak

Berikan Contoh Pembatasan Penggunaan Gadget

Pada dasarnya anak-anak sering sekali meniru orang tuanya, termasuk meniru bagaimana orang tua berinteraksi dengan gadget-nya. Sebagai orang tua, sebelum melarang si kecil bermain gadget ada baiknya kita juga menerapkan serta memberikan contoh pembatasan waktu pada diri sendiri ketika bermain gadget. Jika kita tidak pernah lepas dari gadget, maka kita akan sulit membuat si kecil tidak kecanduan gadget.

Awasi Anak Ketika Menggunakan Gadget 

Salah satu hal yang diibaratkan seperti pedang bermata dua adalah gadget dan teknologi lainnya. Sebagai orang tua kita harus mengerti hal tersebut. Pada dasarnya gadget memiliki banyak hal positif, namun tidak jarang juga kita sebagai pengguna juga dapat dengan mudah menemukan hal-hal negatif dari benda tersebut. Maka dari itu sebagai orang dewasa ataupun orang tua, kita tetap harus memberikan pengawasan kepada si kecil ketika bermain gadget, bahkan walaupun si kecil hanya menonton kartun kesukaannya melalui Youtube.

Beritahu Anak Tentang Risiko dan Bahayanya Internet

Terakhir adalah beritahu si kecil tentang resiko dan bahayanya internet. Ini sangat diperlukan si kecil untuk sebagai bekal ketika nantinya ia sudah dewasa sehingga tidak lagi butuh diawasi ketika bermain gadget. Jelaskan kepada anak bagaimana cara mengatasi cyberbullying, bahayanya membuka akses ke sebuah informasi personal, jangan mudah untuk memberikan data pribadi, konten-konten negatif, serta hal-hal yang di unduh.

Selain itu anak-anak harus dibekasi informasi tentang "Jejak Digital" sehingga kita tidak boleh sembarangan ketika beraktivitas di internet. Yang terakhir adalah beritahu di kecil bahwa apapun yang di temukan di dunia maya harus disikapi dengan bijak, seperti jangan mudah termakan hoax dan lain-lain. Serta tekankan ke anak bahwa ia dapat curhat apa saja kepada kita sebagai orang tua, khususnya terkait dengan dunia digital.

Baca Juga : Para Istri Wajib Hafal Doa dan Ciri Ini Agar Tahu Suami Selingkuh atau Tidak

Penutup

Itulah doa yang dapat dibaca  dan cara-cara yang dapat diterapkan agar si kecil tidak kecanduan gadget dan game. Cara mengatasi, doa untuk anak yang kecanduan game online pada orang dewasa, ff, menurut para ahli, mobile legend, suami berhenti main game.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Doa dan Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget dan Game"