Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Doa Islam Yang Dapat Dibaca Untuk Orang Yang Sudah Meninggal

Daftar Isi [show]

Doa Untuk Orang Yang Sudah Meninggal
Dhiragama.com - Memang sangat sulit untuk melepas orang yang tersayang pergi untuk selamanya. Tidak jarang, semua kenangan indah bersamanya mengundang rasa kerinduan yang tidak akan pernah terbayarkan. 

Salah satu kewajiban kita sebagai umat muslim adalah mendoakan orang yang kita sayangi seperti diri sendiri, orang tua, keluarga dan sahabat, baik yang masih hidup maupun yang sudah kembali lebih dahulu ke pangkuan Allah SWT agar orang yang telah mendahului kita dapat diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT. Maka dari itu pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas kumpulan doa islam untuk orang yang sudah meninggal agar dilengkapi dengan lafadz arab, latin dan terjemahannya agar kita dapat selalu menyampaikan kerinduan kita untuk orang-orang tersayang yang sudah mendahului kita. Silahkan disimak pembahasan berikut.

Doa Ketika Mendengar Kabar Duka

Sebagai umat muslim, ketika mendengar kabar duka atau mendengar kabar seseorang terkena musibah kita diajarkan untuk mendoakan dengan mengucapkan kalimat Istirja. Anjuran tersebut tertulis didalam QS. Al-Baqarah ayat 156.

إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

‎Innaalillaahi wainnaa ilayhi raaji'uun

Artinya : Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali.

Baca Juga : Kumpulan doa untuk meluluhkan hati seseorang

Doa untuk Orang yang Meninggal Dunia

Cara kedua ini adalah membaca doa untuk orang meninggal. Doa tersebut berdasarkan jenis kelamin almarhum atau almarhumah. 

Doa jika orang yang meninggal berjenis kelamin laki-laki

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya : Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.

Doa jika orang yang meninggal berjenis kelamin perempuan

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Baca Juga : Bacalah doa-doa ini agar aktivitas selalu diberi kelancaran oleh Allah SWT

Artinya : Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.

Doa untuk Ulama atau Tokoh Ternama yang Meninggal Dunia

Doa dibawah ini adalah doa yang dibaca ketika ulama atau toko terkenal meninggal dunia.

مَنْ كَانَ يَعْبُدُ مُحَمَّدًا، فَإِنَّ مُحَمَّدًا قَدْ مَاتَ، وَمَنْ كَانَ يَعْبُدُ اللهَ، فَإِنَّ اللهَ حَيٌّ لَا يَمُوْتُ

Man kana ya'budu Muhammadan, fa inna Muhammadan qad mata. Wa man kana ya'budullaha fa innallaha hayyun la yamuutu.

Artinya : Siapa yang menyembah Muhammad, sungguh Muhammad telah wafat. Siapa yang menyembah Allah, ketahuilah bahwa Allah Zat Yang Hidup Takkan Mati.

Doa untuk Orang Tua yang Meninggal Dunia

Sebagai seorang anak kita wajib mendoakan kedua orang tua kita, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Kita dapat mendoakan orang tua yang sudah mendahului kita dengan doa kedua orang yang bisa kita baca sehari-hari setelah shalat dan sebelum tidur.

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ

Rabbighfir lii, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Baca Juga : Yuk baca doa ini agar pernikahan selalu dilimpahkan keberkahan

Artinya : Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

Penutup

Salah satu kewajiban kita sebagai umat muslim adalah mendoakan orang yang kita sayangi baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal dunia. Kata-kata, cara mengirim, doa  mendengar, khususon, arwah untuk orang tua, yang sudah meninggal perempuan dan laki-laki.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Kumpulan Doa Islam Yang Dapat Dibaca Untuk Orang Yang Sudah Meninggal "