Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak! Inilah Masjid Terbesar di Indonesia dan Fakta-Fakta Unik Dibelakangnya

Daftar Isi [show]

Masjid Terbesar di Indonesia
Dhiragama.com - Indonesia memiliki sebuah masjid yang disebut-sebut sebagai masjid tersbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara, yakni Masjid Istiqlal. Masjid yang terletak di Jakarta Pusat tersebut memiliki bentuk bangunan dengan gaya megah bernuansa Internasional, New Formalism. 

Tetapi dibalik kemegahan bangunan, Masjid Istiqlal memiliki banyak sekali fakta-fakta yang jarang sekali diketahui. Lalu apa saja fakta-fakta menarik tentang Masjid Istiqlal? Yuk kita simak pembahasan dibawah ini. Selamat membaca.

Masjid Istiqlal Berdiri di Lahan Bekas Benteng Prins Frederick

Sebelum dibangun, terdapat perbedaan antara presiden dan wail presiden Indosnesia saat itu tentang lokasi yang nanti akan dijadikan tempat berdirinya Masjid Istiqlal. Mohammad Hatta yang kala itu menjadi Wakil Presiden RI pertama mengusulkan kawasan Moh. Husni Thamrin sebagai lokasi berdirinya Masjid Istiqlal. Disamping usulan Mohammad Hatta, Presiden RI yakni Ir. Soekarno mengusulkan Taman Wilhelmina yang posisinya berada disekitar bangunan pemerintahan dan pusat perdagangan.

Setelah melalui musyawarah panjang, akhirnya yang dipilih sebagai lokasi berdirinya Masjid Istiqlal adalah lahan bekas Benteng Prins Frederick yang dibangun pada tahun 1837.

Arsitek Masjid Istiqlal Seorang Non-Muslim

Arsitek Masjid Istiqlal adalah seorang non-muslim yang menganut agama Nasrani kelahiran Sumatera Utara bernama Frederich Silaban yang merupakan anak pendeta. Dirinya berhasil memenangkan sayembara desain Masjid Istiqlal yang diadakan pada tahun 1955. 

Karena keberhasilannya memenangkan sayembara, Frederich berhak atas medali emas seberat 75 Gram dan uang tunai sebesar Rp. 25.000.

Baca Juga : Fakta-falta unik bedug terbesar di Indonesia!

Pembangunan Istiqlal Memakan Waktu 17 Tahun

Pemancangan tiang pertama Masjid Istiqlal dilakukan oleh presiden pertama Republik Indonesia yakni Ir. Soekarno. Pemancangan tiang pertama Masjid Istiqlal bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yaitu tanggal 24 Agustus 1961.

Dalam pembangunannya, Masjid Istiqlal sempat tersendat bahkan terhenti karena situasi politik pada saat itu yang sangat tidak kondusif disebabkan oleh beberapa peristiwa diantaranya berlakunya demokrasi parlementer, pertikaian antar partai politik hingga peristiwa G30S/PKI.

Situasi tersebutlah yang membuat pembangunan Masjid Istiqlal baru dimulai kembali pada tahun 1966 dan pada tahun 1978 yakni 17 tahun setelahnya, Masjid Istiqlal selesai dibangun dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 22 Februari 1978.

Arti Dibalik Nama Masjid Istiqlal

Arti dibalik nama Masjid Istiqlal sendiri sangat kental dengan makna nasionalisme. Istiqlal sendiri berasal dari Bahasa Arab berarti merdeka. Masjid Istiqlal dibangun dengan tujuan untuk menghormati pejuang muslim yang telah gugur dalam kemerdekaan Republik Indonesia serta sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas kemerdekaan Indonesia.

Kubah Masjid Istiqlal Memiliki Diameter 45 Meter

Masjid Istiqlal memiliki kubah yang berdiameter 45 meter dan terbuat dari baja anti karat yang berasal dari Jerman Barat seberat 86 ton yang dipuncaknya terdapat ornamen bulan sabit dan bintang sebagai simbol Islam.

Sebagai penyangah kubah tersebut, Masjid Istiqlal memiliki 12 tiang penyanggah kubah dimana angka 12 tersebut melambangkan hari kelahiran Rasulullah SAW yaitu 12 Rabiul Awwal dan 12 bulan dalam penanggalan Islam dalam satu tahun dimana setiap tiang disusun melingkar tepi dasar kubah dan dikelilingin empat tingkat balkon. Sedangkan untuk 4 balkon dan 1 lantai utama melambangkan angka 5 yang berarti Rukum Islam sekaligus Pancasila.

Baca Juga : Daftar 11 game Islami yang cocok untuk menemani si kecil bermain sambi belajar agama

Masjid Istiqlal Memiliki 7 Gerbang

Masjid Istiqlal memiliki tujuh gerbang masuk kedalam Masjid Istiqlal yang mana masing-masing pintu tersebut dinamakan berdasarkan Asmaul Husna dan angka tujuh melambangkan tujuh lapis langit alam semesta serta tujuh hari dalam seminggu.

Menara Sebagai Simbol Keesaan Allah SWT

Masjid Istiqlal hanya memiliki satu menara berlapis marmer sebagai simbol keesaan Allah SWT dengan tinggi 6.666 Cm. Angka 6.666 tersebut memiliki arti ayat-ayat dalam Al-Qur'an yang berjumlah 6.666. Pada ujung menara, terdapat sebuah pinnacle yang terbuat dari besi dengan tinggi 30 meter sebagai simbol jumlah Juz didalam Al-Qur'an.

Masjid Istiqlal Memiliki Berbagai Macam Elemen yang Berukuran Besar

Selain memiliki kubah yang berdiameter besar, Masjid Istiqlal juga memiliki teras dengan luas 29,8 ribu meter persedi dimana ketika kita berada diteras tersebut, kita dapat melihat satu menara tinggi Masjid Istiqlal.

Selain itu Masjid Istiqlal memiliki bedug raksasa seberat 2,3 ton yang terbuat dari kayu pohon meranti yang berusia 300 tahun dan berdiameter 2 meter dibagian depan dan 1,71 meter dibagian belakang.

Penutup

Dibalik megah dan tersohornya Masjid Istiqlal ternyata menyimpan berbagai fakta-fakta unik dan menarik yang jarang sekali kita ketahui salah satunya adalah Masjid Istiqlal Berdiri di Lahan Bekas Benteng Prins Frederick. Masjid terbesar, terbesar di Indonesia 2021, asia tenggara.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Simak! Inilah Masjid Terbesar di Indonesia dan Fakta-Fakta Unik Dibelakangnya"