Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sholat Hajat : Niat, Waktu Pelaksanaan, Tata Cara, dan Doa-Doanya

Daftar Isi [show]

Sholat Hajat : Niat, Waktu Pelaksanaan, Tata Cara, dan Doa-Doanya

Dhiragama.com - Setiap dari kita pasti memiliki keinginan terhadap sesuatu. Sebagai seorang muslim ketika kita memiliki hajat atau keinginan kita dapat melaksanakan shalat Hajat 2-12 raka'at sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwiyatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah dibawah ini.

“Barangsiapa yang memunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak-cucu adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian shalat dua rakaat (shalat hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan salawat kepada Nabi saw Setelah itu, mengucapkan “Laa illah illallohul haliimul kariimu, subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim…”  (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Lalu bagaimanakah ketentuan sholat Hajat tersebut? Simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Waktu Pelaksanaan Sholat Hajat

Sholat hajat sendiri tidak memiliki waktu-waktu khusus dalam pelaksanaannya. Dalam arti lain sholat hajat boleh dilakukan kapan saja. Tetapi ada dua waktu yang dilarang untuk melaksanakan sholat taubat, yaitu:

1. Setelah sholat Shubuh sampai matahari terbit

2. Setelah sholat Ashar sampai matahari terbenam

Baca Juga : Sholat Taubat : Niat, Waktu Pelaksanaan, Tata Cara, Doa Setelah Sholat Taubat

Niat Sholat Hajat

Berikut adalah niat sholat hajat dilengkapi dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahannya.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal haajati rak'ataini lillaahi ta'aalaa

Artinya : Aku niat sholat hajat dua rakaat karena Allah Ta'aalaa

Tata Cara Sholat Hajat

Berikut ini adalah tata cara sholat hajat.

1. Membaca niat sholat Hajat seperti yang tertulis diatas

2. Melakukan takbiratul ihram

3. Membaca doa iftitah

4. Membaca surah Al-Fatihah

5. Membaca surah pendek dalam Al-Qur'an

6. Rukuk dengan tumakninah

7. I'tidal dengan tumakninah

8. Sujud pertama dengan tumakninah

9. Duduk diantara dua sujud

10. Sujud kedua dengan tumakninah

11. Bangun dan melaksanakan raka'at kedua dengan cara yang sama seperti urutan ke 4 hingga ke 10

12. Duduk tasyahud akhir dengan tumakninah

13. Mengucap salam

Doa Setelah Sholat Hajat

Setelah sholat Hajat ada baiknya kita membaca doa dibawah ini. Setelah membaca doa dibawah ini kita juga dapat menambahkan doa-doa lainnya yang ingin kita panjatkan kepada Allah SWT. 

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil'arsyil-'adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin. As'aluka muujibaati rahmatika wa 'azaa'ima magfiratika wal -'ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada' lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin

Baca Juga : Inilah Tata Cara Sholat Jumat yang Benar Sesuai dengan Anjuran

Artinya : Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.

Penutup

Kata hajat sendiri memiliki arti keinginan atau kehendak. Sedangkan shalat hajat memiliki pengertian yakni sholat 2-12 raka'at yang dilakukan ketika kita memiliki suatu keinginan yang ingin dikabulkan. Selain dengan melaksanakan sholat tersebut, kita juga dianjurkan untuk berdoa memohon kepada Allah SWT dan selalu beramal baik. Tata cara, waktu sholat hajat adalah, jodoh, lengkap latin, istikharah, dan cara melakukannya.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Sholat Hajat : Niat, Waktu Pelaksanaan, Tata Cara, dan Doa-Doanya"