Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baca Doa Ini Agar Anak Rajin Belajar dan Pintar

Daftar Isi [show]

Doa Agar Rajin Belajar dan Pintar

Dhiragama.com - Sebagai orang tua, kita pasti sangat menginginkan si buah hati menjadi anak yang rajin dan pintar, baik dibidang akademik maupun non-akademik. Selain bertugas untuk memberikan pendidikan terbaik kepada sang buah hati, kita sebagai orang tua juga memiliki kewajiban lainnya yaitu selalu mendoakan sang buah hati agar tumbuh menjadi anak yang rajin dan pintar.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas lafadz doa agar sang buah hati tumbuh menjadi anak yang rajin dan pintar. Penasaran bagaimana doanya? Silahkan simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Doa Agar Anak Rajin Belajar dan Pintar Juga Cerdas

Anak yang pintar dan cerdas merupakan sebuah kebanggaan bagi kita sebagai para orang tua. Selain memberikan kesempatan kepada sang buah hati untuk mengembangkan kecerdasan serta kepintarannya dengan berbagai cara terbaik seperti menyekolahkan disekolah terbaik ataupun mendukung anak dengan mengikut sertakan dalam kursus-kursus yang diminatinya, kita sebagai orang tua diwajibkan untuk selalu mendoakan si kecil agar tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas. 

Berikut adalah lafadz doa yang dapat dibaca orang tua ketika mendoakan anaknya agar tumbuh menjadi anak yang pintar.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَاِلمًا عَامِلًا

Allahumaj'alhu shahiihan kaamilan wa'aaqiilan haadziqan wa'aaliman 'aamilaan.

Doa lainnya agar anak tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas adalah sebagai berikut.

Artinya : Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal.

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allahummam la’ quluuba aulaadinaa nuuran wa hikmatan wa ahlihim liqabuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah

Artinya : Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.

Baca Juga : Baca doa ini setelah sang buah hati melaksanakan Khitan

Doa Agar Anak Rajin Shalat

Terkadang sang buah hati memiliki rasa malas untuk mendirikan shalat. Tak jarang kita sebagai orang tua sudah sangat sering menasehatinya agar mengerti bahwa shalat merupakan kewajiban bagi setiap muslim apalagi yang sudah baligh atau dewasa bahkan shalat merupakan rukun islam yang ke 2.

Selain menasehati, kita sebagai orang tua dapat mendoakan si kecil dengan doa dibawah ini agar sang buah hati rajin melaksanakan shalat.

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Rabbij'alnii muqiimash shalaati wa min dzurriyyatii rabbanaa wataqabbal du'aai

Artinya : Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. (QS. Ibrahim : 40 - 41)

Urutan Doa yang Dapat Dibaca Agar Anak Cerdas

Selain doa diatas yang dapat dibaca agar anak tumbuh menjadi anak pintar dan cerdas, kita sebagai orang tua dapat mendoakan dengan cara membaca 7 urutan surah-surah dibawah ini dengan diniatkan agar sang buah hati tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas. Berikut adalah urutan surahnya.

1. Membaca Surah Al-Fatihah Sebanyak 1x

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmaanirrahiim

Artinya : Dengan nama Alah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

Alhamdulillaahi rabbil'aalamiin

Artinya : Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ

Arrahmaanirrahiim

Artinya : Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ

Maaliki yaumiddiin

Artinya : Pemilik hari pembalasan

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ

Iyyaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin

Artinya : Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ

Ihdinadhinash shiraathal mustaqiim

Artinya : Tunjukilah kami jalan yang lurus

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

Shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghdhuubi 'alaihim waladh dhaal liiiin

Artinya : (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Baca Juga : Biasakan untuk membaca doa ini sebelum dan ketika bangun tidur

2. Membaca 5 Ayat Awal Surah Al-Baqarah Sebanyak 1x

الۤمّۤ

Alif Lam Mim

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ

Dzaa likal kitaabu laa raiba fiihi hudal lil muttaqiin

Artinya  Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.

الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ

Allaziina yu'minuuna bilghaibi wa yuqiimuunas salaata wa mimmaa razaqnaahum yunfiquun

Artinya : (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka.

وَ الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ ۚ وَبِالْاٰخِرَةِ ھُمْ يُوْقِنُوْنَ

Wallaziina yu'minuuna bimaa unzila ilaika wa maaa unzila min qablika wa bil Aakhirati hum yuuqinuun

Artinya : dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur'an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat.

اُولٰٓٮِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنۡ رَّبِّهِمۡ‌ وَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡمُفۡلِحُوۡنَ‏

Ulaaa'ika 'alaa hudam mir rabbihim wa ulaaa'ika humul muflihuun

Artinya : Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

3. Membaca Ayat Kursi (Al-Baqarah Ayat 255) Sebanyak 1x

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal-ḥayyul-qayyụm, laa tak khudzuhụ sinatuw wa laa naum lahụu maa fissamaawaati wa maa fil ardh, man dzalladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idznih, ya'lamu maa baina aydiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bisyay-im min 'ilmihii illaa bimaa syaa, wasi'a kursiy yuhussamaawaati wal ardh, wa laa ya uduhuu hifdzuhumaa, wa huwal 'aliyyul 'adziim

Artinya : Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha tinggi, Maha besar.

Baca Juga : Hindari santet dan sihir dengan membaca doa ini

4. Membaca 3 Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah Sebanyak 1x

لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ ۗ وَاِنْ تُبْدُوْا مَا فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ اَوْ تُخْفُوْهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ اللّٰهُ ۗ فَيَغْفِرُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَّشَاۤءُ ۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya : Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Jika kamu nyatakan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu sembunyikan, niscaya Allah memperhitungkannya (tentang perbuatan itu) bagimu. Dia mengampuni siapa yang Dia kehendaki dan mengazab siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. (QS. Al-Baqarah : 284)

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Artinya : Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali" (QS. Al-Baqarah : 285)

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Artinya : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah : 286)

5. Membaca Surah Al-Ikhlas Sebanyak 3x

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ

Artinya : Katakanlah (Muhammad), "Dialah Allah, Yang Maha Esa.

اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ

Artinya : Allah tempat meminta segala sesuatu.

لَمۡ يَلِدۡ ۙ وَلَمۡ يُوۡلَدۡ

Artinya : (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

وَلَمۡ يَكُنۡ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

Artinya : Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."

6. Membaca Surah Al-Falaq Sebanyak 1x

قُلۡ اَعُوۡذُ بِرَبِّ الۡفَلَقِۙ

Artinya : Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar),

مِنۡ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

Artinya : dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,

وَمِنۡ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

Artinya : dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,

وَمِنۡ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الۡعُقَدِۙ

Artinya : dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya),

وَمِنۡ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Artinya : dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki."

Baca Juga : Yuk move on dari mantan dengan membaca dia ini

7. Membaca Surah An-Nas Sebanyak 1x

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ

Artinya : Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,

مَلِكِ النَّاسِۙ

Artinya : Raja manusia,

اِلٰهِ النَّاسِۙ

Artinya : sembahan manusia,

مِنۡ شَرِّ الۡوَسۡوَاسِ ۙ الۡخَـنَّاسِ

Artinya : dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,

الَّذِىۡ يُوَسۡوِسُ فِىۡ صُدُوۡرِ النَّاسِۙ

Artinya : yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

مِنَ الۡجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Artinya : dari (golongan) jin dan manusia."

Penutup

Tidak hanya pendidikan terbaik, anak juga membutuhkan doa dari kedua orang tuanya agar kelak dirinya dapat menjadi seorang anak yang rajin, pintar, cerdas dan membanggakan. Maka dari itu kita sebagai orang tua memiliki kewajiban utnuk selalu mendoakan buah hati kita. Doa agar anak, supaya rajin belajar dan pintar semua pelajaran, matematika, cerdas otak kecerdasan oleh Allah, kuat hafalan, semangat, 
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Baca Doa Ini Agar Anak Rajin Belajar dan Pintar"