Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tata Cara Shalat Istikharah: Niat, Doa, dan Waktu Pelaksanaannya

Daftar Isi [show]

Tata cara Solat Istikharah
Dhiragama.com - Sebagai manusia sering kali kita dihadapkan dengan beberapa pilihan ketika ingin mengambil sebuah keputusan. Terkadang pilihan-pilihan tersebut membuat kita merasa tidak tenang, bimbang, galau dan bingung memilih keputusan yang terbaik bagi diri kita untuk saat ini dan saat mendatang. 

Islam mengajarkan untuk melaksanakan shalat Istikharah ketika kita dihadapkan dengan beberapa pilihan. Nantinya setelah mendirikan shalat Istikharah kita akan diberikan kemantapan hati ketika memilih keputusan apapun. Lalu bagaimanakah tata cara, niat serta waktu pelaksanaan shalat Istikharah yang benar? Simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Shalat Istikharah

Shalat Istikharah merupakan sebuah ibadah yang dilakukan dengan tujuan untuk memohon suatu petunjuk dari Allah SWT ketika dihadapkan dengan pilihan yang berat. Shalat Istikharah dapat dilakukan beberapa kali jika hati masih merasa ada keraguan ketika memilih keputusan yang ada.

Hukum Melaksanakan Shalat Istikharah

Shalat Istikharah merupakan shalat sunnah 2 rakaat yang sangat dianjurkan apalagi jika kita sedang mengalami kebimbangan dalam memutuskan sesuatu. Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari. Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Artinya : Jika di antara kalian hendak melakukan perkara atau urusan, maka rukuklah (salatlah) dua rakaat: kemudian berdoa (HR. al-Bukhari)

Baca Juga : Tata cara ibadah Haji yang benar dilengkapi dengan doa arab dan latin

Waktu Pelaksanaan Shalat Istikharah

Shalat Istikharah dapat dilakukan kapan saja, namun dianjurkan untuk dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Mengapa demikian? Karena pada waktu tersebut kita akan merasakan bahwa kita sangat dekat dengan Allah SWT.

Niat Shalat Istikharah

Berikut ini adalah niat Shalat Istikharah disertai dengan lafadz Arab, latin dan terjemahannya

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya : Aku berniat melaksanakan shalat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Shalat Istikharah

Berikut ini adalah tata cara solat sitikharah.

1. Membaca niat

2. Melakukan takbiratul ihram

3. Membaca doa iftitah, dilanjutkan dengan membaca Al-Fatihah

4. Membaca surah pendek (diutamakan surah Al-Kafirun)

5. Melakukan Ruku'

6. Melakukan I'tidal 

7. Melakukan sujud

Baca Juga : Tata cara sujud tilawah disertai dengan penjelasan lengkapnya

8. Melakukan duduk diantara dua sujud

9. Melakukan sujud

10. Membaca surah pendek (diutamakan surah Al-Ikhlas)

11. Melakukan Ruku'

12. Melakukan I'tidal

13. Melakukan sujud

14. Melakukan duduk diantara dua sujud

15. Melakukan sujud

16. Tahiyat akhir 

17. Salam

Doa Setelah Shalat Istikharah

Setelah mengerjakan shalat Istikharah, kita dianjurkan untuk membaca doa berikut ini.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِك وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ
اللَّهُمَّ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika al adziim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu hadzal amro (sebut nama urusan tersebut) khoiron lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faqdurhu lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii fash-rifhu anni wasrifnii anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsummardhinii.

Baca Juga : Inilah niat dan tata cara shalat Taubat disertai dengan doa setelah shalat

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku  maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya.

Keutamaan Shalat Istikharah

Keutamaan yang didapatkan ketika selesai melaksanakan shalat sunnah Sitikharah adalah timbulnya perasaan tenang dan mantap untuk memilih pilihan yang tersedia. Petunjuk yang diberikan Allah SWT ketika selesai melaksanakan shalat Istikharah adalah berupa sebuah mimpi yang didalamnya tersirat suatu isyarat tertentu. 

Penutup

Shalat Istikharah adalah ibadah sunnah yang dilakukan dengan tujuan untuk memohon suatu petunjuk dari Allah SWT ketika dihadapkan dengan pilihan yang berat. Doa setelah, bacaan niat, tata cara shalat istikharah jodoh, mohon petunjuk, menentukan pilihan, 2 rakaat.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Tata Cara Shalat Istikharah: Niat, Doa, dan Waktu Pelaksanaannya"