Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Kisah Nabi Luth AS dan Hukuman Allah SWT Untuk Kaum Sodom

Daftar Isi [show]

Kisah Nabi Luth AS dan Kaum Sodom
Dhiragama.com - Nabi Luth AS adalah Nabi ke 7 dari 25 Nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui. Nabi Luth AS sendiri merupakan keponakan dari Nabi Ibrahim AS, hal tersebut karena ayah Nabi Luth AS yang bernama Haran atau Abara'an bin Azar adalah saudara kandung dari Nabi Ibrahim AS. Nabi Luth AS memiliki seorang istri bernama Wali'ah dan dari pernikahannya Nabi Luth AS dikaruniai dua putri bernama Raitsa dan Zaghrata.

Kisah Nabi Luth AS ini sangat terkenal karena kaumnya yang mendapatkan laknat dari Allah SWT. Ingin tahu kisah selengkapnya? Yuk simak pembahasan dibawah ini. Selamat membaca.

Perintah Allah SWT Kepada Nabi Luth AS

Nabi Luth AS mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menetap dan menyebarkan agama Allah SWT disebuah daerah bernama Sadum atau yang kita kenal dengan Sodom, dimana daerah tersebut berada di Yordania. Sebelum lebih jauh tentang kaum Sodom ini, kita harus tahu dulu seperti apa kaum Sodom itu. 

Baca Juga : Inilah kisah lengkap diturunkannya perintah Shalat lima waktu!

Kaum Sodom adalah kaum dengan kerusakan moral yang sangat parah. Tidak hanya moralnya saja, akhlaknya pun sangat sulit untuk diluruskan bahkan sangat jauh dari sebutan beretika. Salah satu moral tercela yang paling terkenal dari kaum Sodom adalah mereka menyukai sesama jenis dan senang melakukan pergaulan bebas. Bahkan didalam Al-Qur'an surah Al-A'raf ayat 80 dan Al-'Ankabut ayat 28 disebutkan bahwa kaum Sodom adalah kaum pertama didunia yang memiliki perilaku sangat tercela yakni menyukai sesama jenis.

وَلُوْطًا اِذْ قَالَ لِقَوْمِهٖٓ اَتَأْتُوْنَ الْفَاحِشَةَ مَا سَبَقَكُمْ بِهَا مِنْ اَحَدٍ مِّنَ الْعٰلَمِيْنَ

Artinya : Dan (Kami juga telah mengutus) Lut, ketika dia berkata kepada kaumnya, “Mengapa kamu melakukan perbuatan tercela, yang belum pernah dilakukan oleh seorang pun sebelum kamu (di dunia ini). (QS. Al-A'raf : 80 dan QS. Al-'Ankabut : 28)

Nabi Luth AS menyebarkan agama Allah SWT dan memberi tau kepada kaum Sodom secara perlahan bahwa perilaku mereka adalah tindakan sesat dan berdosa. Tetapi bukannya menerima dakwah dan nasihat tersebut, kaum Sodom malah mengambil sikap untuk  menolak dengan keras semua dakwah dan nasihat dari Nabi Luth AS hingga mereka memusuhi, mengancam dan bahkan mengusir Nabi Luth AS dari daerah Sodom.

اَتَأْتُوْنَ الذُّكْرَانَ مِنَ الْعٰلَمِيْنَ

Artinya : Mengapa kamu mendatangi jenis laki-laki di antara manusia (berbuat homoseks), (QS. Asy-Syu'ara' : 165)

وَتَذَرُوْنَ مَا خَلَقَ لَكُمْ رَبُّكُمْ مِّنْ اَزْوَاجِكُمْۗ بَلْ اَنْتُمْ قَوْمٌ عٰدُوْنَ

Artinya : dan kamu tinggalkan (perempuan) yang diciptakan Tuhan untuk menjadi istri-istri kamu? Kamu (memang) orang-orang yang melampaui batas.” (QS. Asy-Syu'ara' : 166)

قَالُوْا لَىِٕنْ لَّمْ تَنْتَهِ يٰلُوْطُ لَتَكُوْنَنَّ مِنَ الْمُخْرَجِيْنَ

Artinya : Mereka menjawab, “Wahai Lut! Jika engkau tidak berhenti, engkau termasuk orang-orang yang terusir.” (QS. Asy-Syu'ara' : 167)

قَالَ ِانِّيْ لِعَمَلِكُمْ مِّنَ الْقَالِيْنَ

Artinya : Dia (Lut) berkata, “Aku sungguh benci kepada perbuatanmu.” (QS. Asy-Syu'ara' : 168)

Baca Juga : Kisah lengkap awal mula syari'at Qurban

Perjuangan Nabi Luth AS

Namun meskipun mendapatkan berbagai penolakan, cacian, ancaman hingga pengusiran, Nabi Luth AS tidak pantang menyerah untuk membenahi moral kaum Sodom. Tetapi usaha Nabi Luth AS tidak sia-sia, karena setelah melewati segala rintangan yang cukup sulit, satu persatu kaum Sodom mulai sadar dan perlahan meninggalkan segala perbuatan tercelanya kemudian beriman kepada Allah SWT. Walaupun begitu, namun orang-orang yang sadar masih terbilang cukup sedikit daripada orang-orang yang melakukan maksiat. 

Ancaman yang diterima Nabi Luth AS tidak pernah ada habisnya bahkan sampai suatu saat kaum Sodom menantang Nabi Luth AS untuk membuktikan bahwa azab Allah SWT yang selalu ia sampaikan itu nyata adanya. Mendengar kesombongan tersebut Nabi Luth AS pun berdoa dan memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT. 

Kemunafikan Istri Nabi Luth AS

Kamudian Allah SWT menurunkan dua malaikat ke bumi untuk memberikan kabar Allah SWT bahwa akan ada azab pada waktu Subuh untuk kaum Sodom yang dengan sombongnya sudah menantang Nabi Luth AS dan meminta Nabi Luth AS beserta orang-orang beriman untuk segera meninggalkan negeri Sodom. Untuk menemui Nabi Luth AS, kedua malaikat tersebut menyamar sebagai pria tampan dan rupawan. Nabi Luth AS membawa kedua malaikat tersebut kedalam rumahnya secara sembunyi-sembunyi agar terhindar dari kaum Sodom.

Namun usaha Nabi Luth AS menyembunyikan keduanya digagalkan oleh Wali'ah yang merupakan istri Nabi Luth AS yang telah berkhianat setelah mendapatkan harta berlimpah. Wali'ah memberi tahu kepada kaum Sodom bahwa dirumahnya terdapat dua orang lelaki tampan rupawan.

Mendengar berita tersebut, kaum Sodom langsung menyerbu rumah Nabi Luth AS hingga terjadilah pertikaian. Tiba-tiba saja Allah SWT menurunkan azab yang pertama kepada kaum Sodom, yakni dengan menghilangkan penglihatan kaum Sodom ketika meninggalkan rumah Nabi Luth AS.

Hukuman Allah SWT Kepada Kaum Sodom

Setelah mendengar kabar dari Allah SWT melalui para malaikat, Nabi Luth AS dan orang-orang yang sudah beriman bergegas untuk meninggalkan negeri Sodom dan Nabi Luth AS memberikan perintah untuk tidak menoleh kebelakang selama perjalanan. Namun, Wali'ah yang merupakan istri Nabi Luth AS lagi-lagi berkhianat dan memilih untuk kembali ke negeri Sodom.

Baca Juga : Tidak mempan dibakar, berikut adalah kisah lengkap mukjizat Nabi Ibrahim AS

Ketika waktu Subuh tiba, Allah SWT mendatangkan gempa bumi, angin yang sangat kencang dan juga hujan batu hingga negeri Sodom hancur bersama dengan orang-orang tercela didalamnya. 

وَاَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَّطَرًاۗ فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُجْرِمِيْنَ

Artinya : Dan Kami hujani mereka dengan hujan (batu). Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang berbuat dosa itu. (QS. Al-A'raf : 84)

Penutup

Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari kisah Nabi Luth AS yang dengan sabar meluruskan akhlak kaum Sodom dan semoga kita semua terhindar dari akhlak tercela seperti kaum Sodom. Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin. Kisah azab kaum, keluarga, ayah Nabi Luth, memiliki kebiasaan yang tidak beriman, bernama kaum Sodom adalah, lengkap, singkat.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Inilah Kisah Nabi Luth AS dan Hukuman Allah SWT Untuk Kaum Sodom"